Alasan Lulusan Baru Sulit Mendapat Pekerjaan

alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan

Alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan bisa karena gaji yang tidak sesuai sedangkan pelamar belum memiliki pengalaman kerja atau magang.

Setelah perjuangan anda selesai di bangku kuliah langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan, para pelamar berbondong-bondong mengikuti job expo sehingga selalu terjadi kepadatan.

Semakin pelamar meninggikan standar gaji tanpa diiringi oleh kemampuan yang memumpuni siap-siap jabatan impian anda akan terisi oleh lulusan lain, apalagi setiap tahunnya universitas meluluskan kurang lebih 1000 mahasiswa (tergantung universitas dan jurusan).

Sebelumnya pasti anda sudah mempunyai perusahaan yang dituju ketika lulus nanti, sudahkah anda memenuhi kualifikasinya?

Daya tarik ibu kota Jakarta juga menjadi faktor orang merantau demi mengubah nasib. Mungkin pikiran mereka gaji besar hidup enak dan sebagainya.

Hal tersebut membuat persaingan semakin panas dan seleksi kerja pun akan lebih ketat orang-orang yang benar-benar berkompetenlah yang bisa bekerja.

Profesi yang Mendapatkan Gaji Besar

pekerjaan untuk fresh graduate

Mungkin salah satu profesi yang akan disebutkan dibawah ini merupakan pekerjaan impian semua orang atau bahkan anda mau berubah haluan dari pekerjaan sebelumnya? Berikutlah daftarnya :

Perminyakan

Profesi pertama bergerak di bidang perminyakan estimasi gaji untuk lulusan baru sekitar Rp. 8 Juta – Rp. 15 Juta.

Jadi jangan heran kalau banyak orang banyak yang mengincar profesi ini dan berkeinginan kerja di perusahaan minyak nasional PT. Pertamina.

Sedangkan di Total Oil Indonesia memberikan gaji sebesar Rp. 12 Juta perbulan (Fresh Graduate) dan Rp. 70 – Rp. 100 Juta perbulan (Level Menengah dan Senior).

Penasaran posisi apa saja yang ada di perminyakan?

  • Analis Kontrol dan Kualitas
  • Insinyur Perminyakan
  • Teknisi Geologi dan Perminyakan
  • Ahli Teknik Energi
  • Ahli Tambang
  • Ahli Geologi
  • Ahli Teknik Minyak Bumi
  • Ahli Energi Industri
  • Ahli Keselamatan Tambang
  • Geological Data Technician

Dokter Spesialis

Doker spesialis yang bekerja di rumah sakit pemerintah sekitar Rp. 10 Juta perbulan (sudah termasuk gaji pokok, insentif dan jasa kunjungan pasien) sedangkan dokter umum sekitar Rp. 4,8 Juta dan rumah sakit swasta gajinya bisa sampai Rp. 50 Juta.

Pilot Komersial

Gaji pilot komersial berbeda tiap maskapai, contohnya seperti gaji pilot maskapai Air Asia sekitar Rp. 47,5 Juta perbulan sedangkan gaji rata-rata garuda Rp. 44,8 Juta.

Baca Juga : Enak Jadi Karyawan atau Pengusaha? (Antara Passion vs Realita)

IT Specialist

Posisi IT manager mengantongi perbulannya sekitar Rp. 16 Juta – Rp. 32,5 Juta. Bagaimana untuk pemula? Estimasi gajinya sekitar Rp. 5 – 7 Juta.

Ahli Konstruksi

Seorang project manager minimal Rp. 30 Juta – Rp. 70 Juta setiap bulan tentunya pekerjaan yang dijalankan berat seperti membuat tim proyek agar solid, mampu memonitor dan mengelola budget.

Chief Executive Officer

Jabatan tertinggi di suatu perusahaan rata-rata gaji CEO di Indonesia adalah Rp. 37,5 Juta angka itu belum termasuk kompensasi dan Angka tersebut pun masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan CEO perusahaan asing.

Itulah baru sebagian kecil profesi di Indonesia yang bergaji besar sebenarnya masih banyak lagi profesi lainnya.

Alasan Lulusan Baru Sulit Mendapat Pekerjaan

Alasan Lulusan Baru Sulit Mendapat Pekerjaan Pertama

Sudah melamar kesana kemari tetapi belum mendapatkan panggilan juga? Atau posisinya sering dipanggil wawancara kerja namun setelah itu tidak pernah ada kabar lagi?

Situasi tersebut memang cukup menyulitkan pekerja untuk mendapatkan kepastian, sehingga banyak yang mengatakan bahwa jika dalam kurun waktu 1 minggu anda tidak dihubungi itu berarti anda ditolak.

Berikut ini adalah beberapa alasan lulusan baru sulit mendapatkan pekerjaan :

Mengabaikan Kualifikasi

Asal melamar tanpa membaca kualifikasi yang dibutuhkan siapa tahu anda akan lolos diterima kerja walaupun tidak sesuai jurusan ketika kuliah.

Mencoba peruntungan memang tidak ada salahnya apalagi kalau pelamar sama sekali tidak pernah organisasi di kampus atau magang ala kadarnya.

Tapi penting untuk pelamar ketahui dan baca secara teliti mengenai kualifikasi daripada sia-sia sudah melamar di posisi tersebut.

Untungnya sekarang zaman sudah berubah lebih canggih tanpa perlu membuang waktu, tenaga serta uang. Karena melamar kerja jauh lebih mudah hanya dengan melalui aplikasi tinggal pilih perusahaan dan posisi yang dicari lamar dan jangan lupa upload berkas yang dibutuhkan.

Jangankan melamar kerja melakukan transaksi keuangan dan pengajuan pinjaman cepat cair pun bisa secara online lebih hemat waktu dan efisien.

Pengalaman Kurang

sulitnya mencari pekerjaan

Pengalaman magang, organisasi atau pelatihan lainnya juga mempengaruhi anda diterima kerja karena untuk itu tingkatkan softskill dan hardskill.

Saran dari kami jika masih kurang dari segi pengalaman cobalah cari pekerjaan posisi magang hal ini cukup membantu fresh graduate.

Tidak Ada Nilai Tambah

Nilai tambah mulai dari public speaking, mengikuti organisasi dikampus , mendapatkan piagam ketika kuliah atau sekolah serta pandai berbahasa asing tidak perlu diragukan lagi HRD akan mempertimbangkan lamaran pekerjaan anda.

Terlalu Memilih

Banyak lulusan baru yang masuk ke dunia kerja ingin bergaji besar namun lemah dari segi skills, padahal karyawan lama pun harus melalui perjuangan untuk mendapatkan itu semua. Inilah salah satu alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan yang palung sering terjadi.

Untuk dapat dipromosikan atasan atau HRD tunjukkanlah prestasi dan kontribusi terhadap perusahaan.

Buatlah sebuah daftar perusahaan yang membuka lowongan sesuai bidang anda, jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan.

Poin penting yang ditekankan disini adalah pelamar dapat berkembang dan tidak pasif sehingga pengalaman bertambah di kantor mana pun itu.

Jaringan Kurang

Mempunyai jaringan kuat akan membuat kita mendapatkan berbagai informasi tentang perusahaan yang sedang membuka lowongan lapangan pekerjaan.

Pengalaman selama mengikuti organisasi di kampus, memiliki akun profesional di linkedin, aktif di social media perusahaan yang kamu tuju dapat menjadi nilai ketika proses wawancara mulai dari struktur sampai ha-hal penting mengenai perusahaan bisa diketahui melalui sosmed.

Kurang Percaya Diri ketika Proses Wawancara

Sudah mencari informasi tentang perusahaan, berlatih wawancara di depan cermin, bahkan sudah belajar tentang tes tertulis namun saat hari H tiba rasa gugup tak karuan membuat pikiran buyar.

Berikut adalah beberapa tips agar tidak gugup ketika proses wawancara :

  1. Berpikir Positif
  2. Pelajari Seluk Beluk Perusahaan
  3. Persiapkan Segala Dokumen yang Dibutuhkan
  4. Cari Tahu Pertanyaan yang Ketika Wawancara
  5. Berlatih
  6. Datang Minimal 30 Menit Lebih Awal
  7. Posisikan HRD Sebagai Teman Anda
  8. Berdoa

Nilai dibawah Rata-Rata

Alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan yang terakhir adalah nilai dibawah rata-rata, memang sebenarnya IP bukan segalanya asal anda mempunyai kemampuan.

Tetapi kadang ada perusahaan yang mengutamakan IP diatas 3 sebagai bahan pertimbangan pertama sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

Solusi Mendapatkan Pekerjaan Impian

cara fresh graduate cepat kerja

  1. Perbaiki Cara Berkomunikasi
  2. Buat CV Secara Profesional
  3. Pebaiki Kemampuan Bahasa Asing
  4. Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri
  5. Perhatikan Penampilan
  6. Pakai Email Profesional Jangan Alay!
  7. Perhatikan Gesture Ketika Wawancara

Jadi setelah tahu alasan lulusan baru sulit mendapat pekerjaan, apa langkah selanjutnya? Bagian mana yang harus anda perbaiki karena saingan semakin banyak dari tahun ke tahun.

kandeb
WhatsApp Chat Saja