Biaya Ganti Plat Motor 5 Tahunan dan Prosedurnya

biaya ganti plat motor

Biaya Ganti Plat Motor. Membayar pajak bagi Anda yang memiliki kendaraan adalah sebuah kewajiban. Jangan sampai tanggungjawab Anda pada negara terabaikan begitu saja. Karena selain gambaran warga negara yang baik juga sebagai bukti legal akan taatnya pemilik kendaraan terhadap aturan perjalanan.

Untuk itu perhatikan pembayaran pajak salah satunya untuk pajak 5 tahunan. Di sini Anda akan melalui banyak proses untuk mengganti plat motor atau mobil juga sekaligus perpanjang STNK.

Jadi semuanya beres dalam satu waktu saja. Dan jangan lupa juga persiapkan biaya ganti plat motor yang harus diketahui pemilik kendaraan sebelumnya.

Saat akan membayar pajak ganti plat motor pasti yang terbayang oleh Anda yaitu harus pergi dan menunggu antrian. Karena pastinya bukan Anda saja yang memiliki kepentingan sama.

Sehingga harus mengorbankan banyak waktu. Selain itu adanya berbagai oknum yang malah memanfaatkan untuk melakukan pungutan liar dengan dalih proses tersebut akan dilakukan dengan cepat.

Jangan sampai msmbuang uang dan tergoda dengan penawaran ini. Lebih baik ikuti prosedur yang pasti agar tidak ada tambahan yang jadi lebih besar dari biasanya.

Prosedur dan Biaya Ganti Plat Motor

pajak kendaraan

Sebelum Anda harus mengeluarkan budget tentunya ada beberapa prosedur yang harus dilalui. Hal ini penting diketahui agar ketika sudah datang Anda tahu apa yang harus dilakukan. Karena ada beberapa proses yang akan memakan waktu cukup lama jika di awal belum tahu tahapannya.

Apalagi jika belum mempersiapkan beberapa berkas persyaratan. Sebelum itu Anda harus mempersiapkan STNK, BPKB, KTP beserta foto copyannya yang nanti akan di satukan dengan berkas tambahan lainnya (didapatkan saat melalui prosedur awal).

Jika sudah dipersiapkan semuanya, maka lakukan prosedur berikut ini :

Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Anda harus melakukan cek fisik kendaraan di awal mendatangi Samsat. Lebih baik datang di waktu yang masih pagi karena ada banyak antrian yang harus Anda lalui jika kesiangan untuk pengajuan ganti plat motor ini. Ketika sudah sampai, langsung saja ambil antrian untuk cek fisik motor.

Namun tenang saja walaupun banyak orang antri, proses ini tidak memakan waktu lama hanya sekitar 10 menit, pengecekan bisa selesai. biaya ganti plat motor saat proses cek fisik biasanya tidak ada, dan walaupun ada tidak begitu besar.

Validasi Hasil Cek Fisik

STNK motor

Setelah Anda selesai cek fisik, maka lanjut ke proses berikutnya. Di sini Anda hanya perlu melakukan validasi atas proses awal yang di jalani. Masuklah ke antrian loket untuk legalisir hasil cek tersebut.

Di sini pun pemilik kendaraan harus menunggu giliran dan waktunya pun cukup lama. Padahal Jarak dari tempat cek fisik dengan tempat validasi hasil tidak begitu jauh sehingga prosesnya lebih cepat.

Mengisi Formulir Perpanjangan STNK

Sudah selesai mendapatkan legalisir? Selanjutnya adalah cari loket untuk perpanjang STNK. di sini anda harus meminta formulir dan mengisinya dengan benar.

Isi semua yang tertulis di formulir tersebut dan biasanya hanya 5 menit sudah selesai. Karena data yang diminta tidak jauh dari data diri pemilik.

Membayar Pajak

Kemudian Anda akan beralih lagi menuju loket pembayaran pajak. Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan menunggunya.

Lamanya antrian tergantung keramaian orang-orang di tempat tersebut. Kemudian jika sudah di panggil maka Anda bisa membayarkan uang sesuai besar pajak yang harus dibayar.

Ini merupakan bagian dari biaya ganti plat motor yang juga harus Anda persiapkan, jika sudah selesai maka Anda akan diberikan tanda bukti berwarna putih untuk mengambil plat nomor dan warna biru untuk perpanjang STNK.

Ambil Plat Nomor dan STNK

Jika semua proses sudah dilalui maka tahap akhir yaitu mengambil semuanya. Dari mulai menuju loket pengambilan plat nomor baru. Anda tetap harus menunggu antrian setelah itu berikan lembaran merah tadi.

Dengan begitu plat nomor Anda akan langsung didapatkan. Dan jangan lupa menuju loket pengambilan STNK dan pastikan jika semua datanya sudah lengkap dan tepat.

Perkiraan Biaya Ganti Plat 

plat kaleng motor beat

Ketika Anda memiliki kendaraan pastinya harus mempertimbangkan keuangan lain yang harus dikeluarkan.

Tidak hanya biaya operasional berkendara saja namun juga biaya pajaknya baik itu pajak tahunan maupun 5 tahunan.

Biaya besar pastinya harus disediakan yaitu ketika mempersiapkan pajak 5 tahunan yaitu mengganti plat motor baru.

Ada beberapa estimasi biaya yang bisa dijadikan gambaran untuk biaya ganti plat motor ini. Agar ketika Anda datang ke Samsat, semua uang sudah dipersiapkan dengan baik.

Biaya Komponen Ganti Plat Nomor

Sebenarnya untuk mengganti plat nomor ini ada dua komponen yang harus diperhatikan. Anda harus membayar biaya admin untuk Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNBK.

Bagi kendaraan roda dua yaitu motor, biaya yang harus dikeluarkan Rp. 60.000. Biaya ini masih bisa Anda pertimbangkan juga karena untuk admin sesuai dengan ketentuan dari pihak sana bisa saja sama ataupun berbeda besarannya.

Biaya Penerbitan STNK yang Baru

Ini pun termasuk prosedur yang harus Anda jalankan di awal sehingga masuk perhitungan biaya ganti plat motor. Anda harus mengeluarkan uang untuk penerbitan STNK baru.

Biayanya pun hanya Rp,100.00 saja. Sehingga jika di totalkan maka Anda harus mengeluarkan uang Rp.160.000

Namun yang harus diketahui bahwa biaya ini tentu diluar biaya lainnya maka dari itu dibutuhkan uang cadangan. Dari mulai PKB, SWDKLJJ, pengesahan, balik nama, pajak progresif ataupun denda.

Tetapi biaya ini lebih bersifat kondisional sehingga tidak pasti ada dan harus Anda keluarkan. Jadi lebih baik tanyakan langsung rinciannya di awal agar bisa membawa uang lebih. Sebab bila uang kurang malah menyusahkan diri sendiri dan memperlambat pemrosesan.

Biaya Pajak Kendaraan

plat kaleng motor vario

Anda juga harus tahu mengenai besaran biaya pajak kendaraan bermotor. Agar semuanya lebih jelas bisa mengecek biayanya secara online.

Sekarang ini Samsat memberikan pelayanan lebih mudah untuk para pemilik kendaraan yang sudah terdaftar di website serta terdapat rincian biaya pajak kendaraan untuk para pemiliknya.

Namun setiap daerah memiliki situs website yang berbeda. Sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk tahu situs Samsat daerah masing-masing. Karena di sini akan terlihat lebih rinci mengenai apapun yang dibutuhkan termasuk untuk biaya ganti plat motor.

Sekarang Anda tidak akan kesulitan lagi saat akan melakukan pembayaran pajak 5 tahunan. Semua prosedur di atas bisa menjadi gambaran mengenai proses yang harus dilakukan saat pergi ke Samsat.

Dan juga mengetahui berapa besarnya biaya ganti plat motor yang harus disediakan. Agar ketika akan melakukan pembayaran tidak terkendala.

Apalagi menghindari berbagai oknum tidak bertanggungjawab yang akan memanfaatkan kondisi ini. Jadi jangan lupa untuk selalu membayar pajak!

Tingkat kesibukan orang-orang berbeda-beda sehingga tidak semua orang ada waktu untuk mengurus pajak mati walaupun sudah ada e-samsat belum semua wilayah tercover.

Saat ingin mengajukan dana dengan gadai BPKB Mobil atau gadai BPKB Motor bunga ringan untuk pulang kampung atau biaya sekolah anak mereka ragu karena pajak mati dan takut tidak dapat diproses lebih lanjut.

Padahal anggapan tersebut salah besar, jika pengaju sudah bersedia dibantu proses balik nama atau perpanjang pajak dari proses pencairan.

Pengaju hanya tunggu beresnya saja, jadi ketika berada dijalan raya tidak ada lagi namanya takut ketilang oleh polisi. Semua mudah, efektif, cepat kalau anda bisa diajak bekerjasama dengan baik, sehingga kalaupun ada kendala masih kami akan usahakan bantu proses.

kandeb
WhatsApp Chat Saja