Bisnis Lokal dan Ide Pemasaran yang Efektif

bisnis lokal

Ketika mendengar tentang bisnis lokal, hal pertama yang terlintas pada pikiran mayoritas orang adalah sebuah usaha milik perseorangan di sebuah daerah.

Namun, gambaran tersebut kurang tepat karena terdapat definisi yang lebih luas daripada itu.

Lalu, apa sebenarnya arti dari local business dan bagaimana tentang strategi pemasarannya? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Memahami Lebih Jauh Tentang Bisnis Lokal

cara pemasaran di facebook

Sejatinya, pengertian dari bisnis lokal adalah badan usaha milik perseorangan atau kelompok terstruktur yang menawarkan jasa atau produk pada masyarakat pada ruang lingkup terdekat. Pelaku bisnis tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Pemilik usaha skala rumahan.
  2. Usaha waralaba dari perseorangan maupun korporasi yang membuka cabang di daerah-daerah.
  3. Firma jasa profesional seperti notaris dan dokter dengan tempat praktik pribadi.

Sederhananya, ketika bisnis tersebut lebih fokus kepada konsumen atau klien lokal di daerah terkait, secara otomatis dapat dikategorikan sebagai usaha lokal.

Cara Branding Usaha Lokal yang Dimiliki

contoh bisnis lokal

Setelah memahami lebih mendalam perihal gambarannya, pasti akan muncul pertanyaan lebih lanjut tentang branding dari usaha tersebut.

Maksud dari branding sendiri adalah membangun identitas di mana membuat orang mudah dan cepat dalam mengenali bisnis yang Anda miliki meski hanya dengan sedikit petunjuk.

Pasti Anda ingin usaha yang dilakoni melekat pada ingatan semua orang, bukan? Cara untuk melakukan branding sebenarnya relatif mudah dan banyak manfaat branding.

Bila Anda berpikir bahwa upaya tersebut memerlukan banyak uang, maka persepsi tersebut salah besar.

Di era perkembangan ekonomi kreatif yang pesat berkat dukungan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, branding dapat dilakukan bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan demi kelancaran bisnis anda ke depannya :

Tentukan Konsep Usaha yang Unik

Meskipun Anda memiliki usaha yang telah banyak digeluti oleh orang lain, contohnya berjualan kopi instan, maka menjadi kewajiban Anda untuk menciptakan branding sendiri terhadap produk supaya konsumen tertarik mencoba. Yaitu dengan membuat konsep yang berbeda.

Misalnya, Anda bisa membuat kedai kopi catur di mana pengunjung dapat menikmati secangkir kopi sambil bermain catur.

Buat Logo Usaha Semenarik Mungkin

Logo atau lambang usaha lokal milik Anda sangat berpengaruh dalam membangun branding. Tidak ada salahnya untuk membuat logo yang mencolok agar lebih mudah diingat oleh target produk atau jasa.

Bila usaha kalian tidak memiliki logo, maka orang akan lebih sulit dalam mengingat maupun mendeskripsikan usaha milik Anda.

Membuat Akun Usaha Khusus di Sosial Media atau Website

Metode branding yang satu ini, orang-orang akan merasakan kemudahan dalam mengakses usaha Anda.

Pastikan mengunggah hal-hal yang menghibur agar mereka tertarik untuk selalu memeriksa sosial media atau situs Anda.

Dengan rajin berkunjung di dunia maya saja, usaha yang Anda miliki menjadi lekat dalam benak mereka.

Selalu Berikan Pelayanan Terbaik Anda

Dalam berbisnis, pelayanan dari pemilik atau pengelola memiliki peranan besar dalam penilaian yang diberikan oleh klien maupun konsumen.

Dengan memberikan pelayanan maksimal dalam setiap kesempatan akan membuat mereka nyaman sehingga memutuskan untuk kembali menggunakan jasa atau membeli produk Anda.

Konsistensi

Metode terakhir yang perlu dilakukan untuk branding bisnis lokal Anda adalah melalui konsistensi dalam mengembangkan usaha.

Diperlukan keteguhan pelaku usaha untuk melalui sandungan-sandungan yang acap kali terjadi dalam masa awal bisnis berjalan.

Jika menyerah dalam waktu relatif singkat, maka dapat dipastikan Anda telah gagal dalam branding usaha yang dimiliki.

Metode Promosi Efektif dalam Mengembangkan Bisnis Lokal

bisnis lokal instagram

Promosi menjadi titik vital yang menentukan kemajuan dari segala macam bisnis, termasuk di dalamnya usaha lokal.

Selain melakukan branding, promosi menjadi poin penting kedua yang harus dilakukan oleh para pegiat usaha tingkat daerah ini.

Apa saja metode promosi yang efektif untuk mengembangkannya?

  • Promosi melalui akun jejaring sosial yang dimiliki. Metode ini mungkin terdengar klise, tapi fakta membuktikan bahwa cara ini sangat efektif dalam mengembangkan sebuah usaha karena dapat menjaring lebih banyak dengan cakupan area yang lebih luas. Selain menawarkan di akun pribadi, bergabunglah dengan grup komunitas daerah di sosial media Anda.
  • Bergabung dan aktif dalam berbagai komunitas. Metode ini dapat menambah relasi yang mungkin Anda butuhkan dalam mengembangkan bisnis lokal yang dimiliki. Contohnya, ketikan anda ingin memperluas bisnis dengan membuka cabang, lalu mendapatkan koneksi baru melalui komunitas yang dapat menyediakan tempat usaha dengan sistem bagi hasil atau memberi harga sewa yang miring.
  • Menjalin kerja sama dengan sesama pemilik usaha lokal juga ampuh sebagai strategi promosi. Anda dapat memilih rekan dengan bidang usaha yang sama atau bahkan sangat bertolak belakang untuk menimbulkan ketertarikan dari klien atau konsumen yang menjadi target.
  • Mengikuti event-event atau acara khusus yang digelar oleh komunitas atau pemerintah daerah setempat di mana Anda bisa menyewa booth untuk menawarkan jasa atau produk yang Anda miliki. Biasanya acara yang paling efektif adalah bazaar.
  • Untuk mempermudah klien maupun konsumen menemukan lokasi bisnis lokal Anda, maka manfaatkan kecanggihan GPS untuk mengunggah informasi lokasi usaha. Pastikan memberikan koordinat yang akurat agar mereka yang hendak mampir tidak tersesat di mana dapat berdampak pada kredibilitas usaha yang dimiliki.
  • Rajin memberikan diskon atau promo potongan harga dari jasa atau produk yang Anda tawarkan juga terbukti efektif dalam mengembangkan usaha. Namun, perhitungan yang dilakukan harus saksama agar metode promosi yang satu ini tidak berbalik merugikan Anda sebagai pelaku usaha.
  • Terakhir, dalam mengembangkan usaha lokal, Anda dapat memasang iklan di televisi atau siaran radio lokal. Tentu dana yang perlu digelontorkan untuk metode promosi tersebut cukup besar. Alternatif bila dana yang dimiliki tidak memadai, Anda dapat menggantinya dengan menyebarkan selebaran pada kelompok usia yang menjadi target usia market.

Ragam Usaha Lokal yang Dapat Digeluti

layanan lokal daerah

Membicarakan tentang bisnis lokal, banyak sekali macam usaha yang dapat ditekuni, yaitu :

  • Kuliner khas daerah tersebut, dapat berupa camilan, makanan maupun minuman. Menekuni usaha kuliner juga relatif minim risiko merugi.
  • Jasa perbaikan perangkat elektronik termasuk dalam usaha lokal dengan peluang yang besar mengingat benda-benda elektronik bukan lagi gaya hidup melainkan sebuah kebutuhan.
  • Usaha di bidang agribisnis seperti pertanian dan peternakan. Menggeluti usaha lokal pada bidang ini akan membantu memenuhi kebutuhan primer masyarakat setempat.
  • Toko kelontong atau toko serba ada.

Tidak sulit bukan memulai dan mengelola sebuah bisnis lokal? Modal yang diperlukan untuk jenis usaha skala kecil atau menengah seperti ini pun tidak terlalu besar.

Didukung dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara merata, bahkan mencapai daerah-daerah pelosok, tidak ada alasan untuk menunda lagi niat memulai usaha sendiri. Perlu dana untuk tambahan modal usaha? hubungi www.kandeb.com.

kandeb
WhatsApp Chat Saja