Beranda » Blog » Tips Buat Anda yang Ingin Mengambil Hutang

Tips Buat Anda yang Ingin Mengambil Hutang

Dipublish pada 11 November 2015 | Dilihat sebanyak 12 kali | Kategori: Blog

Tips Buat Anda yang Ingin Mengambil Hutang

Anda mungkin sedang berpikir-pikir ingin membeli sesuatu, entah itu rumah, mobil, motor, komputer, asuransi, atau barang elektronik. Namun anda tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk pembelian tersebut. mungkin uang tunai anda ada, tapi terlalu ngepas, atau anda betul-betul tidak memiliki uang tunai sementara barang yang ingin dibeli dirasa urgent.

Mungkin anda mulai berpikir dan mempertimbangkan untuk membeli secara kredit. berikut sejumlah tips buat anda yang ingin mengambil hutang.

1. Pilih dengan siapa anda berhutang



ketika ingin berhutang atau membeli sesuatu dengan cara kredit, pikiran kita sering kali lebih terfokus pada bagaimana caranya agar permohonan hutang kita disetujui. kadang-kadang hanya agar permohonan hutang kita disetujui, kita melakukan kebohongan-kebohongan kecil, seperti jumlah penghasilan, lama bekerja, atau hal-hal semacam itu. padahal kita sering kali lupa bahwa ada perjuangan baru yang harus dilakukan segera setelah mendapatkan hutangan itu, yaitu bagaimana cara kita untuk bisa membayarnya kembali.

banyak orang yang kadang-kadang tidak bisa lancar saat membayar kembali hutang-hutangnya. penyebabnya macam-macam, bisa karena jumlah cicilannya yang terlalu besar dan tidak sebanding dengan penghasilannya yang kecil, bisa karena penghasilannya tiba-tiba harus hilang karena di PHK, dan seterusnya.

nah, repotnya, pihak yang anda hutangi sering kali tidak mau tahu masalah anda. mereka ingin hutang-hutang yang mereka berikan dibayar. bahkan tidak semua pihak yang anda hutangi itu bisa bernegosiasi, dan juga bahkan terlalu sulit untuk menegosiasikan perpanjangan masa pengembaliannya.

oleh karena itu, tip dari saya untuk anda ketikan ingin berhutang atau membeli sesuatu secara kredit, pilihlah pada siapa anda ingin berhutang atau membeli sesuatu secara kredit. carilah pihak yang bisa fleksibel bernegosiasi kalau anda sedang tidak mampu membayar (padahal anda benar bermaksud ingin membayar).

siapa saja pihak-pihak yang sulit diajak bernegosiasi dan siapa pula yang fleksibel? Berikut urutannya. dimulai dari pihak yang sulit diajak bernegosiasi sampai pihak yang paling fleksibel.

a. Rentenir

b. Perusahaan Pembiayaan (leasing, leaseback dan multifinance)

c. Bank

d. Pegadaian

e. Kantor atau koperasi kantor

f. teman atau saudara

g. orang tua atau mertua

h. pasangan

Jadi ingatlah, dengan siapa anda berhutang akan menentukan bagaimana “nasib” keuangan anda bila kelak anda sedang tidak bisa membayar kembali hutang-hutang anda.

2. Ambil cicilan hutang yang sesuai dengan penghasilan anda

bukan satu dua kali saya mendengar bahwa hanya karena ingin mendapatkan hutangan, seseorang menyanggupi jumlah cicilan yang besar. mungkin orang itu lupa bahwa jumlah cicilan yang besar sering kali bisa memberatkan keuangannya sendiri.

Contohnya, ada orang yang kadang-kadang menyanggupi kredit pembayaran kulkas sebesar Rp 750 ribu sebulan, padahal penghasilannya tidak sampai Rp 1,5 juta per bulan. bahkan orang ini kadang-kadang berani mengambil lagi satu hutangan baru sehinggan penghasilannya sendiri tidak banyak tersisa.

tip dari saya untuk anda, cobalah mengambil hutangan yang cicilannya memang sesuai dengan penghasilan anda. jangan sampai gara-gara membayar cicilan, penghasilan anda hanya bersisa sedikit dan tidak bisa anda nikmati. saran saya, usahakan total cicilan hutang anda hanya mencapai 30% dari penghasilan anda.

katakan saja pengashilan anda Rp 1 juta per bulan. ini berarti, kalau mengambil hutang atau membeli sesuatu secara kredit, anda hanya bisa mengambil cicilan sebesar maksimal Rp 300 ribu per bulan. lebih-lebih sedikit bolehlah, gak usah kaku, yang penting sekitar 30% dari penghasilan anda. bagaimana kalau anda ingin mengambil dua hutang? boleh asalkan total cicilannya tetap sekitar 30% dari Rp 1 juta. mungkin cicilan barang A sebesar Rp 200 ribu sebulan, sedangkan cicilan barang B Rp 100 ribu perbulan.

kenapa sih harus memakai aturan 30%? kalau anda menggunakan sekitar-katakan-60% dari penghasilan bulanan anda hanya untuk membayar cicilan, hutang anda memang akan cepat lunas, tapi anda tidak bisa membayar semua pengeluaran anda yang lain. akibatnya, kalau kebutuhan di rumah tidak bisa terpenuhi, konsentrasi kerja anda terganggu. bayangkan saja, gaji anda lumayan besar, tapi anda tidak bisa menikmatinya karena sebagian besar digunakan untuk membayar cicilan.

orang yang kebanyakan dalam membayar cicilan sering kali tidak bisa membayar kembali cicilan hutangnya karena biasanya ia lebih mendahulukan untuk membeli kebutuhan. Akhirnya, uang untuk bayar cicilan sudah keburu terpakai untuk membeli kebutuhan sehingga tidak ada uang lagi untuk bayar cicilan.

3. Perhatikan prosedur pembayaran hutang anda

Pernahkah anda melihat orang yang sering kesulitan membayar cicilan hutang? bukan karena orang itu tidak sanggup membayar, bukan juga karena cicilan hutangnya jauh melebihi aturan kita yang 30% dari penghasilan. jadi lebih pada prosedur pembayarannya.

anggap saja anda mendapat gaji sekitar tanggal 25 setiap bulan. anda kebetulan mempunyai hutang yang cicilannya wajib dibayar setiap tanggal 20. katakan saja pada periode tanggal 15-20 setiap bulan. kira-kira apa yang akan terjadi?

banyak orang yang bukannya membayar cicilan tersebut, tapi keburu menghabiskan uangnya untuk dibelanjakan. kalau gaji tanggal 25, sementara bayar hutangnya tanggal 15-20 bulan depannya, wajar saja kalau anda tergoda untuk memakainya terlebih dahulu. akhirnya, uang anda habis. jadi kalau gaji anda didapat setiap tanggal 25, kenapa anda tidak mencoba “menawar” agar periode pembayaran hutang bisa diubah ke tanggal 27-30? atau 1-5? ingat, keterlambatan pembayaran hutang sering berakibat denda yang sebenarnya tidak perlu.

 (baca juga : tiga trik untuk bisa menyisihkan penghasilan)

 
sumber

 

Bagikan informasi tentang Tips Buat Anda yang Ingin Mengambil Hutang kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual - Rumah Mewah di Kelapa...

di Properti Rumah Terlaris
Rp 19.000.000.000 Nego

Dijual - Rumah Mewah di Tanah ...

di Featured Properti Rumah
Rp 4.900.000.000 Nego

Dijual Rumah Mewah di Jl Raya ...

di Featured Properti Rumah
Rp 8.500.000.000 Nego

Dijual - Apartemen Saumata at ...

di Apartemen Properti
Rp 2.600.000.000 Nego

Dijual - Rumah di Les Belles M...

di Properti Rumah
Rp 3.500.000.000 Nego

Dijual - Rumah di Pondok Labu ...

di Properti Rumah
Rp 3.500.000.000 Nego

Alamat Kantor

Jakarta

Email :

kandebcom@gmail.com

SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!