Beranda » Blog » Tips mendesain tempat tinggal agar terlihat lebih besar

Tips mendesain tempat tinggal agar terlihat lebih besar

Dipublish pada 24 June 2015 | Dilihat sebanyak 45 kali | Kategori: Blog

Tips mendesain tempat tinggal agar terlihat lebih besar

 

Seiring menyempitnya lahan perkotaan untuk tempat tinggal disertai dengan nilai ekonomis lahan yang sangat tinggi menyebabkan bangunan tempat tinggal semakin sempit. Katakan saja seperti apartemen maupun rumah dengan luasan kurang dari 50 m² yang saat ini sangat sering dijumpai sehingga tidak jarang para owner kebingungan untuk mendesain atau mendekor tempat tinggal mereka.

Berikut ini beberapa tips mendesain tempat tinggal agar terlihat lebih besar dan fungsional walaupun pada lahan yang sempit :

1. Prioritaskan kebutuhan

Langkah paling awal adalah menentukan kebutuhan ruang. Misalkan pada kamar tidur yang berukuran sangat sempit, jika mempunyai pakaian yang banyak maka lemari pakaian lebih besar sedangkan meja rias mungkin bisa dihilangkan atau digantikan dengan standing dressing sehingga kebutuhan utama bisa tetap terpenuhi.

2. Seleksi barang yang akan disimpan

Kategorikan barang dari yang sudah tidak terpakai lagi, yang jarang terpakai dalam kurun waktu 6 bulan dan yang sering terpakai. Setelah itu dapat ditentukan lokasi penyimpanan barang-barang tersebut. Misalkan barang yang sudah tidak terpakai dapat diberikan kepada orang lain. Barang yang jarang terpakai disimpan di tempat yang tidak terlalu mudah dijangkau, sedangkan barang yang sering dipakai diletakkan ditempat yang mudah dijangkau.

3. Proporsi dan ukuran

Tidak jarang owner yang tidak berkonsultasi dengan desainer interior terlanjur membeli ranjang yang besar kemudian begitu diletakkan di kamar tidur ternyata terlalu memakan space sehingga tidak ada tempat lagi untuk lemari pakaian. Oleh karena itu, sebelum membeli furniture maupun elemen dekoratif lainnya, owner wajib untuk mengukur dan mendalami rumah tinggalnya tersebut.

4. Multipurpose space

Terbatasnya lahan mau tidak mau dapat menjadikan fungsi satu ruang menjadi dua, misalnya ruang kerja yang digabung dengan kamar tidur tamu.

5. Foldable dan stacking furniture

Furniture yang dapat dilipat atau ditumpuk sangat menghemat space misalkan ranjang yang bisa ditarik kebawah apabila ingin tidur dan meja yang bisa dilipat ketika tidak terpakai.

6. Organize and neat

Peletakkan dan penyimpanan barang harus terorganisir dengan baik dan rapi sehingga mudah dicari dan tidak menyebabkan ruang tampak berantakan.

7. Mirror

penggunaan cermin merupakan jurus terampuh dalam menciptakan kesan ruang yang lebih besar karena cermin menciptakan ilusi penambahan space sehingga ruangan tampak 2 kali lebih besar.

8. Bright Color

Penggunaan warna yang terang dapat menimbulkan efek lebih besar pada ruangan. Tipsnya agar ruangan tidak tampak membosankan adalah penggunaan warna aksen dan permainan tekstur pada dinding atau elemen interior lainnya sepeti lantai, plafon, atau furniture yang dapat menjadi fokus. Yang perlu diingat adalah jangan menggunakan terlalu banyak warna agar tidak menimbulkan kesan berantakan.

9. Material furniture

Material furniture seperti meja yang terbuat dari kaca dan kursi yang terbuat dari acrylic selain menimbulkan kesan licin dan minimalis juga dapat menciptakan ilusi akan space dan cahaya sehingga ruangan terasa lebih besar dan tidak penuh.

(baca jugaMerenovasi rumah second secara feng shui)






Bagikan informasi tentang Tips mendesain tempat tinggal agar terlihat lebih besar kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Kampung Buah Cikalong Villa & ...

Rumah Dijual di Cikalong
Rp 55.000.000

Cikarang Islamic Village...

Rumah Dijual di Cikarang
Rp 150.000.000

Hasanah City Bandung...

Rumah Dijual di Bandung
Rp 170.000.000

Hasanah Tower Sentul Bogor...

Apartment Dijual di Bogor
Rp 290.000.000
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!