Cara Halus Menolak Meminjamkan Uang Kepada Teman

cara halus menolak meminjamkan uang

Cara Halus Menolak Meminjamkan Uang. Sering dihutangi kerabat dekat dapat membuat anda miskin secara perlahan, apalagi kalau sudah bagian menagih pasti akan ada drama-dramanya.

Perasaan tidak enak menagih atau memang sudah cukup lelah meminta padahal diri kalian sendiri membutuhkan uang tersebut. Bingung tidak tahu cara halus menolak meminjamkan uang karena kurangnya memiliki sikap tegas.

Tapi kalau dibiarkan terus menerus akan sangat mengganggu keuangan pribadi dan justru anda malah yang berhutang kepada orang lain.

Cobalah sebelum berniat meminjamkan uang kepada orang yang dikenal jangan berikan 100% hal ini sebagai langkah menyelamatkan keuangan disaat membutuhkannya.

Kalian pasti mengenal karakter si peminjam apakah dapat dipercaya atau tidak, sarankan untuk mengajukan pinjaman menggunakan agunan kalau memang benar butuh dana cukup besar.

Jika tidak begitu jangankan untuk memiliki rumah sendiri, menabung saja sulit karena uang yang dipinjam kerabat nominalnya cukup besar dan belum ada tanda-tanda positif dikembalikan, ujung-ujungnya ya ikhlaskan.

Orang yang berhutang jauh lebih galak kondisi tersebut malah membuat anda untuk meminjamkannya lagi.

Rusaknya hubungan pertemanan dan persaudaraan disebabkan salahs atu pihak kurang bertanggung jawab bahkan terkesan menyepelekan.

Haruskah Kita Menolak Meminjamkan Uang?

cara menghindari teman pinjam uang

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tergantung diri pribadi siap kah jika suatu saat mereka gagal bayar dan datang kembali untuk meminjam?

Sudah cek keuangan pribadi dan keuangan rumah tangga (untuk anda yang sudah menikah), apakah pendapatan setiap bulan sudah pasti terpenuhi?

Jika jawabannya masih tidak sebaiknya hindari untuk meminjamin seseorang uang, apalagi kalau ternyata uang tersebut untuk membeli kebutuhan pangan.

Berikut adalah beberapa alasan logis mengapa anda jangan mau dihutangi orang lain :

  1. Pikirkan kembali apabila gagal bayar
  2. Anda akan kehilangan uang
  3. Uang pinjaman bisa saja untuk hal “nyeleneh”
  4. Merusak pertemanan
  5. Teman akan ketagihan meminjam
  6. Kerabat terdekat akan bilang ke orang lain bahwa anda mudah dihutangi

Baca Juga : Bagaimana Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat? Temukan Disini!

Ada orang yang biasanya hidup fancy tiba-tiba datang kepada anda untuk meminjam uang untuk bayar tagihan kartu kredit karena sudah jatuh tempo.

Cobalah untuk menanyakan untuk apa uang tersebut? Kalau perlu pakai perjanjian hitam diatas putih agar ada bukti nyata.

Banyak loh orang yang mengaku-ngaku “korban” agar terbebas saat anda menagih apalagi jika tidak ada bukti nyata atau bukti tertulis. Jadi mau tidak mau ikhlas saja uang hilang karena seseorang kurang bertanggungjawab.

Dengan adanya perjanjian hitam diatas putih itulah bukti kuat yang tidak bisa siapapun mengelak.

Cara Halus Menolak Meminjamkan Uang

cara menolak meminjamkan barang

Batas kesabaran sudah habis sudah menagih melalui whatsapp serta terang-terangan tapi tetap tidak etikad baik.

Pasti anda sebagai peminjam merasa sedikit kesal niat membantu malah disalahgunakan, lari dari tanggungjawab tanpa adanya permintaan maaf karena telat membayar.

Setiap ditagih ada saja alasannya mulai dari belum gajian, dana sudah terpakai duluan dan lain lain.

Daripada hal tersebut terus berlanjut kami akan berikan beberapa cara halus menolak meminjamkan uang bagi :

  1. Jika anda sudah menikah, katakan pasangan tidak setuju

Setelah menikah kebutuhan akan uang semakin meningkat 2x lebih besar dibandingkan waktu single, dibutuhkan kerjasama yang baik antara satu sama lain untuk mengatur keuangan.

Jujur dan terbuka mengenai keuangan masing-masing sampaikan pendapat tentang bagaimana anda memandang uang.

Tidak mungkin kan anda berbohong kepada pasangan hanya untuk meminjamkan sejumlah uang kepada orang lain padahal diri sendiri sebenarnya butuh?

Jika tetap memaksakan kehendak nanti malah jadi bumerang untuk diri sendiri, mulai dari bertengkar setiap hari hingga perceraian.

Katakan kepada kerabat bahwa pasangan kurang setuju dan juga masih ada kebutuhan lain yang belum terpenuhi karena uang belum cukup.

Biasanya poin ini selalu ampuh, sarankan saja untuk mengajukan pinjaman menggunakan agunan BPKB motor atau mobil karena nilai taksasinya pun sangat besar dan proses mudah. Kendaraan pun masih bisa digunakan walaupun BPKB digadaikan, jadi kalian pun akan terbebas.

  1. Minta waktu untuk berpikir

Jangan langsung mengatakan iya, ulurlah waktu sebentar dan katankan untuk memberikan sedikit waktu untuk berpikir bisa tidaknya anda memberi pinjaman akan segera diinfokan.

  1. Tolak tanpa alasan

Cara halus menolak meminjamkan uang poin ketiga ini untuk anda yang berani blak-blakan dalam menyampaikan informasi. Dijamin mereka tidak akan pernah berani lagi meminjam uang kepada anda.

  1. Jangan pernah menceritakan kondisi keuangan kepada orang lain

Keuangan pribadi, rumah tangga, pendapatan perbulan adalah privasi yang jangan pernah diceritakan kepada oranglain karena memicu anda akan dihutangi. Betul atau betul?

  1. Langsung alokasikan pendapatan ke beberapa pos

Gaji yang sudah masuk ke rekening langsung anda bagikan ke beberapa pos pengeluaran rutin, pembayaran cicilan hutang, dan tabungan dan lain-lain.

Tujuannya agar suatu hari teman anda berniat meminjam anda bisa sampaikan kalau gaji bulanan anda sudah diposkan sehingga uang di rekening dompet nominalnya minimal.

Karakter-Karakter Peminjam yang Wajib di Jauhi

cara menolak pacar pinjam uang

  1. Si Fancy

karakter pertama adalah si fancy selalu bergaya hidup mewah layaknya sosialita, mereka biasanya mengaku meminjam uang untuk menutupi kebutuhan primer padahal yang sebenarnya adalah untuk menutup tagihan kartu kredit yang sudah jatuh tempo.

  1. Si belum bayar lunas tapi pinjam lagi

Orang tersebut memanfaatkan sisi tidak tegaan anda dan malah meminjam kembali padahal hutang sebelumnya belum lunas sama sekali. Alhasil menumpuk dan ujung-ujungnya tidak mampu bayar sampai tenggat waktu yang ditentukan.

  1. Si aji mumpung

Sudah dekat layaknya saudara si tukang aji mumpung ini memanfaatkan momen setiap sedang merasa butuh uang pasti langsung menghubungi anda.

Sebaiknya hindari orang tipe ini juga nanti yang ada uang pribadi tergerus oleh para penghutang dan inflasi.

Sarankan saja untuk mengajukan pinjaman BPKB kendaraan tanpa harus datang ke lokasi datang dijemput oleh tim lapangan.

  1. Si tukang drama

pinjam uang tidak dikembalikan

Menjual cerita sedih, itulah tipikal si tukang drama untuk membuat anda merasa iba dan bersedia meminjamkan sejumlah uang yang dibutuhkan, entah ceritanya benar atau tidak kita tidak akan pernah tahu. Jadi harap berhati-hati dengan tipe si tukang drama ini juga ya.

  1. Si ninja

Karakter kelima adalah orang yang selalu lari dari tanggungjawab, biasanya ia berhutang tidak hanya kepada anda saja tapi beberapa orang.

Karena tidak kuat bayar hutang yang menumpuk akhirnya ia kabur dan tak kunjung kembali lagi dalam kurun waktu lama.

  1. Si pemarah

Dia yang pinjam ketika ditagih dia juga yang marah, ada yang sering mengalaminya? Cukup pinjaman orang ini sekali saja jika orang itu datang kembali berilah ketegasan.

Katakan bahwa anda juga butuh uang dan tidak bisa meminjamkan kembali sebab tidak suka bertransaksi dengan orang yang bermasalah.

Amarah menjadi senjata mereka untuk memproteksi diri ketika ditagih padahal itu hak anda dan kerabat yang meminjam wajib melunasi hutang-hutangnya.

Semoga artikel mengenai cara halus menolak meminjamkan uang ke teman bermanfaat untuk kita semua.

kandeb
WhatsApp Chat Saja