Cara Hidup Bahagia Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit Mematikan!

cara hidup bahagia

Cara hidup bahagia? terlihat sepele tapi mempunyai banyak jawaban yang tanpa kita sadari atau tidak, orang-orang belum bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahagia versi orang berbeda-beda, ada yang bahagia mempunyai bisnis sejak muda, mempunyai kekayaan melimpah, diberikan kesehatan sekeluarga, dan masih banyak lagi.

sekarang pertanyaannya bahagia versi kamu sendiri seperti apa?

Terlalu memikirkan masalah bisa menyebabkan seseorang stres dan jatuh sakit, sedih melihat orang senang, dan senang melihat orang sedih hm secara tak langsung bisa menjauhkan kita dari rasa bahagia.

Cara Hidup Bahagia dan Jauh Dari Stres

cara hidup tenang menurut islam

Sehat jasmani dan rohani merupakan komponen penting agar kita selalu dapat hidup bahagia, tipikal orang yang mudah stres seringkali jatuh sakit bila diri mereka sendiri tidak mampu menanggulanginya dan hanya memendam perasaan negatif.

Merubah pola hidup dan pola pikir bisa membantu kita mengurangi stres dan membuat mood lebih baik.

Ada tipe orang ketika ia sedang merasa sedih, senang, kecewa, marah selalu meluapkannya melalui makanan.

Memesan makanan dalam batas tak wajar sehingga mempengaruhi berat badan dan kesehatan.

Ketika seseorang merasa stres, pasti mereka mencari makanan yang berkalori tinggi atau lemak tinggi. tubuh dapat menyimpan lemak lebih banyak dari sebelumnya, asupan makanan tak sehat meningkat rasa lapar tak dapat terkontrol.

Golongan yang mengaku setiap ia stres selalu melampiaskan dengan cara makan tak sehat dan lebih banyak porsinya membuat mereka merasa “nyaman” dan sedikit lebih lega. Banyaknya porsi makan dan pemilihan makanan menjadi faktor.

Mengenai faktor penyebab orang mudah stres akan dibahas selanjutnya, agar kita bisa langsung mengatisipasinya.

Bagaimana Cara Stres Mengubah Bisa Mengubah Perilaku Makan?

resep hidup bahagia

Perilaku makan seseorang bisa berubah untuk merespon stres, hal ini bergantung dari seberapa besar tekanan yang orang tersebut rasakan.

Terdapat 2 jenis stres, yaitu :

  • Stres Akut, sifatnya hanya sementara waktu – dalam jangka waktu tidak lama. Contohnya adalah karena kemacetan setiap pulang dan pergi ke kantor, untuk kondisi ini anda lebih bisa
  • Stress Kronis, ketika anda mengalami masalah hidup dan anda tidak kuat untuk menghadapinya.

Bagaimana Tubuh Merespon kedua stres tersebut?

Bagian medular otak memberikan sinyal untuk melepaskan beberapa hormon stres, seperti epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin) dari kelenjar adrenalin. Hormon – hormon itu kemudian memicu respon “fight or flight” antara lain seperti peningkatan detak jantung, pernapasan, pemecahan lemak dan karbohidrat bahkan mempengaruhi tekanan darah.

Baca Juga : Enak Jadi Karyawan atau Pengusaha? (Antara Passion vs Realita)

Di waktu yang sama tubuh secara fisiologis memperlambat kerjanya. Jadi, bila anda mengalami stres akut lebih memungkinkan untuk kehilangan nafsu makan. Segera cari tahu cara hidup bahagia yang membuat perasaan anda menjadi lebih baik lagi.

Sedangkan stres kronis, pusat kerja otak hipotalamus yang mengontrol stres memberikan perintah kepada kelenjar hipofisis untuk melepaskan hormon adenokortikotropin (ACTH) ke korteks adrenal.

Bila sudah terlalu berat dan sulit diatasi bisa mempengaruhi hormon kortisol (semakin meningkat). Apa lagi dampaknya?

hormon kortisol merangsang nafsu makan selama periode pemulihan dari stres kronis, itulah alasan mengapa orang yang mengalami tekanan berat dalam hidupnya mempunyai nafsu makan 2x lebih besar dari sebelumnya.

Penyebab Orang Mudah Stres

Sudah bukan rahasia lagi jika kita atau umumnya generasi milenial mengalami masalah psikologis seperti stres, kecemasan dan menjadi tidak produktif.

Sebuah penelitian APA (American Psychological Association) menunjukkan bahwa generasi milenial tidak bisa mengatasi permasalahnya sendiri dibandingkan generasi sebelumnya.

Tidak hanya buruk terhadap kesehatan mental saja, menurut penelitian dari Harvard University kecemasan dan stres berkorelasi dengan penyakit menakutkan dan sangat berbahaya.

Beberapa hal berikut adalah penyebab atau pemicu anda mudah sekali terserang stres :

Jam Tidur yang Berantakan

Kebiasaan begadang memang tidak baik untuk kesehatan dan bukan lagi menjadi rahasia bila kurang tidak bisa mempengaruhi emosi seseorang.

Kurang tidur bisa menyerang bagian otak yang fungsinya menyebabkan rasa cemas pada manusia.

Makan Kurang Teratur

Makan teratur dianggap berpengaruh pada kesehatan mental, melewatkan sarapan baik itu karena sedang diet atau tidak sempat diyakini berefek negatif menyumbang efek negatif dari mood seharian.

Emosi positif dan negatif bisa menular, so jangan sampai anda sering menularkan energi negatif. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh / kurang minum akan menimbulkan dampak yang sama.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Kafein pada kopi memompa rasa panik dalam diri, dampak buruknya membuat fobia pada sekitar. Deuretik adalah salah satu sifat kafein memicu percepatan pembentukan urin dan hal itu malah menambah kecemasan.

Duduk Terlalu Lama  

Duduk dapat menimbulkan stres? kok bisa? Tentu saja bisa sebagian besar orang yang bekerja di depan komputer sehari-harinya secara psikologis dapat stres karena pengaksesan internet mudah sangking mudahnya mulai dari berita kesehatan atau gosip bisa dibaca hanya dalam beberapa menit.

Padahal belum tentu berita-berita itu benar adanya tapi anda sudah berspekulasi yang macam-macam dan itu terekam ke alam bawah sadar kalian.

Kerja Lembur

tips hidup bahagia mario teguh

Lembur di gaji masih untung daripada lembur tidak di gaji, kata siapa bagus? atau itu memang cara hidup bahagia menurut anda dengan memiliki banyak uang melalui lembur? secara mental dan kesehatan lembur sampai malah dan begadang amatlah kurang baik.

“Tapi saya mempunyai tanggungan cicilan dan harus membayar sekolah anak”. Jika begitu kondisinya seharusnya anda akali sejak awal mengenai komitmen meminjam dana, dana sudah siap walaupun jatuh tempo masih lama langsung saja bayar atau perlu lunasi.

Membayar Kewajiban

Hampir sama dengan poin sebelumnya, tentang membayar kewajiban angsuran pinjaman atau angsuran pembelian kendaraan secara kredit. Semakin anda menunda, maka denda yang dijatuhkan akan semakin besar pula dan memberatkan konsumen.

Solusinya? Membuat list pengeluaran rumah tangga secara benar, bisa anda buat di smartphone atau buku catatan.

Terlalu Lama Menonton TV

Sering bangga karena selalu tertidur pulas di depan tv? paparan cahaya tv, telepon genggam sama buruknya untuk mata. Jadi metode istirahat di depan tv efeknya belum tentu bagus walaupun tujuan anda adalah melepas lelah.

Terlalu Sering Mendegarkan Keluh Kesah Orang

Terlalu sering mendengar keluh kesah teman, keluarga atau kerabat lainnya membuat diri kalian ikut hanyut kedalam cerita tersebut secara tidak langsung. Dengarkan dan berikan solusi terbaik menurut versi anda, jangan sampai malah ikut terhanyut mendengar cerita.

Jatuh Bangkrut

Membangun bisnis bukan perkara mudah dan tidak semua orang benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha, ada juga tipikal orang yang ingin mendapatkan untung. Nanti di saat semua berjalan tidak mulus seperti terkena tipu klien anda down dan stres berlarut-larut.

Jangankan modal hilang akan kembali mental untuk memulai usaha, kami yakin tidak akan muncul karena merasa gagal dan menjudge diri sendiri bodoh.

Cara Hidup Bahagia dan Terhindar dari Negative Emotion

Hidup penuh syukur menurut islam

Inilah beberapa cara hidup bahagia ala kandeb :

  • Bangun Lebih Awal
  • Berkomitmen
  • Berdoa
  • Cari Kegiatan Positif
  • Ubah Pola Makan
  • Saling membantu sesama
  • Tidur Cukup
  • Perbanyak Minum Air Putih
kandeb
WhatsApp Chat Saja