Cek Fisik Kendaraan Ketika Pengajuan Dana Sangat Penting (WAJIB)

cek fisik kendaraan

Cek fisik kendaraan merupakan prosedur penting, jika debitur ingin mengajukan loan menggunakan agunan BPKB Motor dan Mobil. Mengapa hal tersebut penting?

Terkadang ada debitur yang mengajukan pinjaman menggunakan kendaraan orang lain demi mendapatkan dana pinjaman.

Berbeda halnya jika BPKB dan STNK memang sudah menjadi pemilik tangan kedua hanya belum balik nama saja.

Kami tidak menerima gadai BPKB motor hasil curian, karena merugikan semua pihak dan itu melanggar aturan.

Pengertian Cek Fisik Kendaraan Bermotor

pengecekkan kendaraan mobil

Guna melindungi keabsahan dan kebenaran serta keamanan segala data pengaju adalah melakukan pengecekkan fisik kendaraan.

Konsep dasar pengecekkan fisik kendaraan/gesek mesin/cek nomor mesin yaitu sebagai langkah pembuktian kecocokan antara fisik kendaraan dengan surat-suratnya.

Karena bila terbukti kendaraan adalah hasil curian maka saat itu juga pengajuan reject, kejadian seperti membuat anda sulit mengajukan pinjaman.

Cek fisik rutin telah dilakukan oleh pihak SAMSAT, tiap tahun cek fisik dilakukan saat pemilik kendaraan bermotor baik itu mobil atau sepeda motor ingin memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang telah mati pajaknya.

Pengecekan yang dilakukan adalah pada nomor rangka mesin yang terdapat pada kendaraan tersebut.

Jadi cek fisik ialah pemeriksaan kendaraan pada bagian tertentu dan spesifikasi kendaraan, bertujuan untuk mencari kesesuaian dengan dokumen.

Hal-Hal Teknis Pelaksanaan Cek Fisik Kendaraan Bermotor, antara lain meliputi :

Pendaftaran kendaraan bermotor, meliputi :

cara cek fisik kendaraan bermotor online

  1. Pendaftaran kendaraan baru untuk pertama kali
  2. Kendaraan tukar nama atas dasar jual beli, eks jualan perorangan
  3. Mutasi atau pindah ke/dari samsat luar daerah
  4. Pindah alamat
  5. Merubah bentuk, penggantian mesin dan ganti warna
  6. Dokumen STNK dan BPKB hilang
  7. Penggantian Nomor Polisi

Pemeriksaan nomor rangka /NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor)

  1. Untuk kendaraan yang sudah mendapatkan NIK dari Departemen Perindustrian maka nomor rangka terdiri atas 17 digit merupakan kombinasi huruf dan angka.
  2. 17 digit angka tersebut gabungan huruf dan angka (3 Digit Pertama) meliputi :
  • Digit pertama menunjukkan kode regional (Asia, Eropa, Afrika Amerika)
  • Digit kedua menunjukkan kode negara Indonesia
  • Digit ketiga menunjukkan kode pabrik

Baca Juga : Biaya Ganti Plat Motor 5 Tahunan dan Prosedurnya

Petugas melakukan cek fisik sesuai pedoman item model V BPKB dengan nomor rangka & nosin (nomor mesin) untuk dicocokkan dengan data + dokumen kendaraan bermotor yang dicurigai.

Semua pemrosesan tersebut hanya bisa dilaksanakan oleh polri, kecuali jika anda mengajukan pinjaman dana. Pengecekkan akan dilakukan surveyor resmi.

Pelaksanaan kegiatan cek fisik kendaraan bermotor bisa digolongkkan kedalam 4 (empat) golongan sebagai berikut :

Tujuan dan Macam Pengecekkan Kendaraan

cara cek fisik kendaraan

Upaya pengungkapkan jaringan kejahatan atau tindak pencurian kendaraan bermotor. Kita tidak bisa menutup mata dan telinga, kalau seringkali terjadi banyak kasus pencurian.

Ada kemungkinan pelaku melakukan pengoplosan mesin hasil kejahatan dengan kendaraan yang sebenarnya secara fisik sudah tidak layak digunakan.

Jenis fisik chasis kendaraan meliputi chasis dan no. mesin kedua hal itu merupakan dasar dari pembuatan Surat Tanda Kendaraan Bermotor dan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor.

Persiapan

Tenaga ahli pengecekkan fisik, perlengkapan serta menjalin kerjasama dengan bengkel tertentu.

“Menjalin kerjasama dengan bengkel?”

Iya benar, maksudnya adalah karena pada umumnya dalam melakukan pengoplosan dilakukan oleh bengkel. Oleh sebab itu, bekerjasama dengan bengkel tertentu bisa memperoleh hasil maksimal dalam pengecekkan fisik kendaraan.

Pelaksanaan

Subyek pelaksana, dimana cek fisik kendaraan resmi hanya bisa dilaksanakan Polri dan surveyor (jika kondisinya anda mengajukan pinjaman dana).

Pengendalian

Penting melakukan pengendalian kendaraan bermotor, karena cek fisik kendaraan mempunyai korelasi dengan faktor pengamanan pendaftaran. Pengendalian fisik meliputi :

Subyek Pengendalian

Kabag Reg Ident

Kabag Lantas Polwil

Kasat Lantas Polres

Metode Pengendalian

metode cek fisik kendaraan

Pengawasan Melekat

Pengecekkan Berkas-Berkas Penting yang Berrkaitan dengan Pengecekkan Kendaraan

Pengawasan Pelaksaan di Lapangan

Supervisi Teknis

Obyek Pengendalian

Kemampuan Petugas Perorangan

Tertib Admnistrasi

Teknisi Pelaksanaan di Lapangan / Prosedur Pelaksanaan

Setiap pengajuan dana di Kandeb, sekarang kami menerapkan survey, saat anda menghubungi customer service anda akan diminta mengisi data singkat agar bisa segera dihubungi untuk pemrosesan lebih lanjut mulai dari verifikasi data oleh televikator dan penjadwalan survey.

Dimohon anda bisa diajak kerjasama dengan tim lapangan bila memang ingin dibantu proses lebih lanjut, pasti ingin pencairan cepat kan bila dirasa semua data bagus dan ok?

Jangan sulit dihubungi oleh tim apalagi salah memberikan nomor, ini seringkali terjadi konsumen sudah komplain tetapi saja diminta mengecek kembali nomor telepon malah salah input (salah nomor atau kurang 1 angka).

Sepele dan fatal, ada lagi hal yang memperlambat pemrosesan. Anda hanya memberikan nomor whatsapp saja dan nomor itu tidak bisa dihubungi via telepon kantor.

Hal-hal sepele tersebut perlu diperhatikan, jangan hanya menyalahkan 1 pihak namun ternyata kesalahan disebabkan konsumen. Itu bisa membuat pengajuan anda dimana saja sulit dibantu.

Kenapa kami selalu menginfokan berulang-ulang mengenai pengecekkan data diri mulai dari nomor handphone serta alamat dan lain-lain?

Data yang masuk ke kami tidak hanya 1 atau 2 konsumen, jadi tim hanya menginput data sesuai yang anda berikan.

Siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan ketika mengajukan pinjaman dana, sehingga saat surveyor sudah datang ke rumah anda. Pengecekkan motor beserta dokumen semua lancar.

Kami ingin memberikan informasi tambahan mengenai motor modifan, itu juga mempengaruhi pencairan dana. Tapi bila kendaraan di modif secara total belum bisa kami bantu proses lebih lanjut karena benar-benar merubah kendaraan semula.

Masih ada korelasinya dengan cek fisik kendaraan bermotor pengaju dana tunai di kami, pernah ditemukan oleh surveyor bahwa pengaju pinjaman bukan orang tersebut (sempat dibahas di atas).

Pengaju ini mengaku bahwa pemilik kendaraan sudah bersedia kalau BPKBnya dijadikan jaminan. Namun di semua lembaga keuangan manapun hal tersebut tetap tidak bisa.

Karena sangat berisiko bila terjadi gagal bayar, orang yang tercantum sebagai pengaju tidak mau bertanggung jawab. Sedangkan pemilik kendaraan merasa tidak menggunakan uang tersebut jadi tidak akan bersedia ditarik kendaraannya karena kesalahan teman atau kerabatnya.

Itulah mengapa kami tidak bisa membantu proses pengajuan dana tunai yang tidak sesuai data. Sudah tahu kan fungsi cek kendaraan fisik kendaraan bermotor saat mengajukan pinjaman? untuk menghindari tindak kecurangan.

Bila anda belum membuat surat keterangan domisili karena alamat tinggal saat ini berbeda dengan lokasi sekarang, tenang saja bisa menyusul saat pencairan dana di cabang terdekat sekaligus menyerahkan BPKB asli, sangat fleksibel dan mudah.

Anda seorang wiraswasta? persiapkan dokumen tambahan seperti Surat Keterangan Usah (SKU) dari RT, oh iya sempat tertinggal bila pengaju sang istri pasangan harus mengetahui karena harus ikut menandatangani dokumen ketika cek fisik kendaraan.

kandeb
WhatsApp Chat Saja