Ciri-Ciri KTA ditolak serta 9 Jebakan KTA yang Harus ditanggung Nasabah!

ciri-ciri KTA ditolak

Ciri-Ciri KTA Ditolak. Pengajuan KTA mudah? Yakin? Kalau memang mudah pasti semua orang bisa masuk kriteria. Lalu kenapa masih saja ada calon debitur yang selalu dtiolak pengajuannya?

Pinjaman dana tunai beraneka ragam jenisnya ada yang menggunakan agunan dan ada juga tidak, masing-masing mempunyai keunggulan masing-masing dari segi plafond pencairan, tenor, angsuran dan persayratan.

Tanpa agunan dianggap lebih praktis karena tidak harus ada barang yang dijaminkan, apa benar?

Pinjaman tanpa agunan atau KTA mulai dari nominal kecil biasanya tenor yang tersedia cukup terbilang singkat 1 bulanan dan bunga cukup besar.

Pinjaman puluhan juta menggunakan produk KTA ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib ada di calon debitur salah satunya adalah wajib memiliki kartu kredit dan menjadi karyawan tetap minimal 2 tahun kerja.

Coba bayangkan bila anda berada diposisi pihak pemberi pinjaman dana kebetulan rekan atau saudara hendak meminjam  nominal Rp. 20 Juta rupiah. Namun kita tahu bahwa gaji UMR perbulan di daerah jakarta hanya sebesar Rp. 4,2 Juta.

Apakah hitungannya masuk? Kami rasa tidak, sebab ada resiko gagal bayar dan mungkin uang anda tidak akan kembali.

Apalagi kalau meminjam tanpa agunan disuatu lembaga keuangan? Untuk itulah KTA tidak direkomendasikan.

Ciri-Ciri KTA Ditolak Beserta Penyebabnya

Ciri-Ciri KTA Ditolak Beserta Penyebabnya

Berapa estimasi waktu pengajuan KTA? Ada yang 1 minggu dan 2minggu, bahkan 1 bulan. Betapa lamanya pengajuan tanpa agunan selama 1 bulan padahal anda butuh dana cepat cair.

Pasti akan muncul perasaan was-was dan pertanyaan di benak anda “pengajuan dana saya diterima atau tidak sebenarnya?”

Berikut adalah ciri-ciri KTA nasabah ditolak Beserta Penyebabnya :

  1. Sudah melewati batas waktu
  2. Tidak adanya petugas yang menghubungi kembali
  3. Dokumen tidak jelas dibaca atau palsu
  4. Kapasitas sangat minin dengan SK
  5. Adanya tunggakan lain yang belum terselesaikan
  6. BIC buruk

Walaupun tanpa agunan pihak Bank akan selalu melihat kapasitas calon nasabah secara keseluruhan dan detail.

Transaksi yang belum terbayarkan oleh calon nasabah di masa lampau akan munculdi sistem SID. Dari situ kita juga bisa mengetahui kesehatan kredit lanar atau tidak.

Jangan pernah sembarangan memberikan “nama” anda kepada seseorang untuk mengajukan kredit sebab cukup berisiko.

Transaksi kredit anda akan terkena dampaknya apabila orang yang anda pinjami namanya selalu terlambat dalam membayar cicilan sehingga menunggak.

Baca Juga : Manfaat Kredit Multiguna Serta Beberapa Tips dalam Memilihnya

Pihak tidak akan peduli tentang hal tersebut karena yang mereka tahu adalah calon nasabah jauh dari masalah pembayaran cicilan apapun.

Fasilitas kredit barang dan uang merupakan solusi instan dikala sedang perlu dana dadakan dan ingin mempunyai barang baru yang sedang launching.

Kompleksnya kehidupan dari tahun ke tahun membuat kita harus menyeimbangi kebutuhan dan keinginan agar tidak berat sebelah.

Sebelum memutuskan membeli barang kredit atau cash dan melakukan permohonan pinjaman agunan BPKB, mulailah merancang kembali keuangan.

Jika anda mengajukan KTA maka bersiaplah untuk mengembalikan sejumlah uang yang cukup besar beserta bunga dan tenor yang singkat.

Membahas mengenai sistem tanpa agunan jasa rentenir juga masih digunakan oleh orang-orang pedesaan dan masyarakat perkotaan.

Ingat kami bukan rentenir online atau pinjol tetapi kredit multiguna menggunakan agunan prosedurnya pun jelas.

Jebakan KTA yang Nasabah Harus Cermati!

cek status pinjaman kta dbs

Setelah mengetahui ciri-ciri KTA ditolak mari kita lihat jebakan tanpa agunan yang wajib nasabah cermati, yaitu :

  1. Rate Tinggi

Tanpa agunan berarti bunga rendah? Sama sekali salah kalau masih ada calon nasabah yang berpikiran demikian. Faktanya  suku bunga pinjaman KTA sangatlah tinggi dibandingkan pinjaman lain.

Namanya juga tidak menggunakan jaminan pasti perlu pertimbangan panjang dari pihak lembaga keuangan perbankan atau lembaga lain yang menyediakan fasilitas tersebut karena pasti resiko menunggak besar.

  1. Biaya

Calon nasabah pasti sudah mengetahui kan tentang ciri-ciri KTA ditolak? Apakah sekarang ini anda sedang mengalaminya? Jika iya bersyukurlah anda sebab anda akan tikdak perlu membayar biaya admin dan biaya tersembunyi lainnya.

Biaya apa saja yang harus anda keluarkan untuk pinjaman tanpa jaminan ini?

  • Biaya administrasi
  • Biaya keterlambatan
  • Biaya materai
  • Biaya asuransi
  • Biaya transfer pencairan Pinjaman
  • Biaya pembatalan
  • Biaya pelunasan dipercepat
  • Premi asuransi

Banyak sekali bukan? Sebaiknya pikirkan 2 kali dan segeralah pindah dari KTA ke pinjaman menggunakan agunan.

  1. Konsekuensi Tinggi Ketika Menunggak

Laporan keterlambatan pembayaran akan masuk pada BI Checking dan SLIK artinya anda tidak dapat mengajukan pinjaman di Bank tersebut atau Bank lain karena history payment buruk.

Pihak perbankan berhak melakukan penagihan ke rumah nasabah adanya pengalihan penagihan ke pihak ketiga.

  1. Jangka Waktu Pinjaman

pemberitahuan kta disetujui

Jangka waktu atau tenor pinjaman yang diambil oleh calon nasabah sesuai kapasitas keuangan mereka.

Bisanya mereka memilih untuk mengambil tenor panjang karena keterbatasan keuangan perlu diketahui semakin panjang tenor yang diambil maka bunga juga besar.

Jangan senang dulu karena kondisi demikian pasti terjadi pihak perbankan langsung menentukan jangka waktu pinjaman atau tenor pendek.

  1. Top Up

Jenis top up ada 2 jenis, yaitu menambahkan pinjaman baru ketika pinjaman lama masih berjalan dan mengajukan pinjaman baru ketika pinjaman sudah lunas terbayarkan.

  1. Kredit Tanpa Agunan Vs Kartu Kredit

Mempunyai rekening tabungan atau kartu kredit di bank? Fasilitas KTA pasti sering ditawarkan oleh mereka. Berikut adalah tujuan pihak perbankan menawarkan nasabah pinjaman tanpa agunan :

  • Agar nasabah aktif mengajukan pinjaman, ini berlaku untuk nasabah non kartu kredit
  • Nasabah dengan riwayat pembayaran kartu kredit bagus mengindikasikan bahwa nasabah tersebut dapat menjadi nasabah potensial untuk mereka.
  1. KTA Online

berapa lama pencairan kta dbs

Pertimbangkan poin-poin berikut ini :

  • Bunga KTA online diperkiraan perulanya menyentuh angka 24% belum lagi ditambah dengan biaya yang harus dikeluarkan calon nasabah.
  • Penarikan data pribadi lewat ponsel anda yang mereka seluruh kontak pribadi, jadi ketika nasabah bermasalah siap-siap seluruh kontak pribadi akan diteror dan membuat malu.
  • Denda ketelambaan sekitar 10 – 30 persen dari tunggakan pinjaman.
  1. Pelunasan dipercepat

Pelunasan dipercepat sebenarnya merugikan pihak bank secara tidak langsung. Sehingga denda/penalti pelunasan dipercepat sekitar 7%. Sungguh merugikan ya?

  1. Ahli Waris

Nasabah yang sudah meninggal dunia mengalihkan kewajiban kredit ke pihak ketiga atau ahli waris. Ahli waris wajib membayarkan tagihan dari nasabah yang sudah menunggak.

Pihak lembaga keuangan perbankan berhak meminta akta, surat keterangan, dokumen pendukung lainnya berkenaan dengan kematian nasabah. Surat-surat tersebut dikeluarkan oleh instansi berwenang.

Masih yakin mengajukan kredit tanpa agunan setelah mengetahui ciri-ciri KTA ditolak, prosedur dan jebakan lainnya?

Daripada diambil ribet lebih baik ajukan kredit multiguna disini, dananya bisa anda gunakan untuk modal bisnis, pernikahan, jalan-jalan bersama keluarga dan masih  banyak lagi.

kandeb
WhatsApp Chat Saja