Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Agar Pembeli Tidak Merugi

ciri-ciri mobil bekas banjir

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir. Pengambilan keputusan sebelum membeli mobil baru atau bekas pasti akan berbeda, kendaraan baru sudah tidak perlu lagi diragukan karena pasti teknisi sudah melakukan tahapan test drive.

Terlalu memaksakan diri untuk beli mobil baru juga tidak baik untuk keuangan anda, maka dari itu solusinya adalah membeli mobil bekas.

Tetapi karena banyaknya yang menawarkan mobil bekas dengan harga miring, sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga murah, pastikan surat-surat lengkap dan sesuai, kumpulkan informasi mengenai mobil incaran, terakhir ajaklah teman yang lebih paham mengenai mobil ketika melakukan pengecekkan kendaraan sebelum deal.

Intensitas hujan semakin besar dari hari ke hari membuat sebagian besar akses jalan terputus dan banyak sekali kendaraan bermotor terendam.

Baca Juga : Kredit dengan Agunan BPKB Mobil, Bagi Anda yang Butuh Dana Besar

Pengendara yang nekat menerobos banjir mengakibatkan kerusakan kendaraan mulai dari kendaraan kotor hingga kendaraan mati total.

Tanyakan kepada penjual juga apakah mobil bekas kecelakaan atau terkena banjir, tidak bisa dipungkiri ada juga oknum kurang bertanggungjawab menjual mobil bekas banjir tetapi hanya dibersihkan saja tanpa pengecekkan lebih lanjut di bengkel.

Walaupun sudah tercover asuransi ada yang lebih memilih untuk menjualnya setelah diperbaiki atau justru sebaliknya merasa membuang-buang uang karena budget pasti lebih besar.

Mau sebagus apapun kendaraan kalau pernah “cacat” pasti akan ada sedikit kendala untuk itu kami sarankan kepada pembeli untuk menanyakan info lebih lanjut ke penjual.

Asuransi Bencana Alam dan Bagaimana Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir?

asuransi mobil

Sebelumnya kami akan bertanya apakah banjir termasuk bencana alam atau bukan? Sebab ada yang beranggapan iya dan tidak, seperti yang kita ketahui banjir itu bisa dicegah kalau ada kesadaran dari kita untuk mencintai lingkungan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 bencana yang diakibatkan oleh serangkaian peristiwa alam antara lain tanah longsor, gunung meletus, banjir, kekeringan, tsunami dan angin topan, anda juga bisa lihat selengkapnya disini.

Jadi kalian tetap beranggapan bencana alam atau bukan? Ini juga akan berpengaruh pada polis asuransi kendaraan.

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

beli mobil bekas banjir

Harap berhati-hati wilayah yang sebelumnya tidak pernah banjir pada tahun ini malah harus terkena dampaknya. Pembeli harus ekstra teliti jika ingin membeli mobil. Pemilik kendaraan yang sedang butuh dana cepat untuk servis mobil akan mengalami keraguan.

Khawatir mereka melakukan tindak kecurangan, sebaiknya perhatikanlah ciri-ciri mobil bekas banjir agar anda tidak tertipu :

Terdapat Bau Tidak Sedap

Ketika sedang melakukan pengecekan interior apakah tercium bau tidak sedap? Jika iya anda patut waspada ada kemungkinan mobil tersebut bekas banjir karena ada beberapa bagian yang sulit dijangkau sehingga menyisakan bau kurang sedap.

Masih Ada Sisa Endapan Lumpur

Mencuci mobil itu mudah? Kata siapa? Apalagi posisi mobilnya habis terkena musibah banjir, seringkali ada bagian yang terlewati sebagai pemilik kendaraan khususnya pembeli anda harus lebih teliti memperhatikan sela-sela mobil.

Kotoran yang terbawa air banjir akan masuk ke dalam interior mobil tempat tersebit ialah kisi – kisi AC, sudut panel, kabel belakang dashboard,  penutup speaker, sela-sela hingga rel jok mobil.

Karatan

Karat dan korosi 2 hal yang sering ditemui ketika mobil terendam banjir, coba cek secara keseluruhan pada body dan kolong pastikan juga bagian eksterior tidak karatan sedangkan untuk bagian interior bagian yang perlu diperiksa adalah pedal dan jok pedal.

Kerusakan Mesin

Mobil yang terendam banjir membuat oli tercampur dengan air, cek bagian oli jika berwarna coklat keputihan mengindikasikan bahwa kendaraan terendam.

Tak luput juga suara mesin untuk di cek, bila ketika di cek mesin mengeluarkan suara mesin yang kasar pembeli patut waspada.

Kerusakan Elektronik

Pembeli jangan lupa juga memperhatikan bagian elektronik bagian ini sangatlah rentan bermasalah apalagi kalau sudah terkena air.

Periksa lampu indikator EPS (Electric Power Steering) kira-kira nyala atau tidak, pastikan lampu tersebut tidak menyala sebab komponen EPS paling sering rusak pada mobil bekas banjir.

Harga Terlalu Murah

Ciri-ciri mobil bekas banjir yang patut curigai oleh pembeli selanjutnya adalah alasan mengapa penjual menawarkan mobil dengan harga murah/miring/jauh dibawah standar pada umumnya.

Sebaiknya kumpulkan informasi mengenai mobil yang ingin dibeli di beberapa web terpercaya dan bandingkan kira-kira mobil yang ditawarkan masih masuk akal atau sebaliknya.

Jenis Asuransi Mobil

menangani mobil bekas banjir

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang membutuhkan asuransi, tetapi kendaraan bermotor juga perlu tercover asuransi. Ini penting untuk dilakukan sebagai langkah pengantisipasian jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Bukan bermaksud untuk menakuti-nakuti, namun anda pasti menyadari pengendara lain bisa saja melakukan kecerobohan dijalan yang dapat merugikan orang lain.

Jadi untuk meminimalisir kerusakan atau biaya asuransi akan membantu mengcovernya, anda tinggal memilih ingin menggunakan Total Loss Only atau All Risk. Setiap perusahaan mempunyai kebijakan masing-masing yang harus dipatuhi oleh para nasabah.

Biaya premi pun berbeda pula setiap perusahaan jadi anda harus benar-benar memikirkan jenis mana yang ingin anda gunakan.

Total Loss Only (TLO)

Pihak asuransi akan memberikan penggantian kerusakan diatas 75%, angka tersebut sebagai patokan untuk melihat kerusakan mobil apakah termasuk kategori parah atau tidak.

Jika kerusakan parah barulah pihak asuransi mengganti, kelemahan dari asuransi ini adalah kerusakan minor tidak dapat di klaim contohnya seperti Ban/Velg/Cat Mobil terkelupas akibat baretan kendaraan lain. Biaya premi asuransi TLO ini jauh lebih murah dibandingkan All Risk.

All Risk

Dari namanya saja sudah bisa kita simpulkan kalau asuransi ini mencakup semuanya mau itu kerusakan kecil atau besar.

Biaya preminya pun terbilang cukup besar, jadi sebelum anda memutuskan mengambilnya pikirkan kembali.

Apakah All Risk sudah pasti mengcover semuanya? Ternyata tidak, ada beberapa perluasan asuransi yang harus nasabah lakukan agar pembayaran premi tak sia-sia dan tercover ketika bencana tersebut itu menimpa anda.

Perluasan apa saja itu?

  • Banjir, Angin Topan
  • Kerusuhan
  • Gempa Bumi
  • Banjir
  • Tsunami
  • Terorisme/Sabotase
  • Kecelakaan Pengemudi
  • Kecelakaan Penumpang
  • Bengkel Resmi
  • Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang

Setiap kondisi dikenakan rate berbeda-beda, coba analisa kira-kira dari kondisi-kondisi diatas mana yang paling sering terjadi? Kejadian tersebut bisa dijadikan acuan untuk anda melakukan perluasan asuransi.

Inilah beberapa kondisi yang tidak ditanggung oleh asuransi All Risk :

  • Ban atau Velg Mobil Rusak
  • Kelebihan Muatan Penumpang atau Barang
  • Mobil Digunakan untuk Pawai atau Karnaval
  • Penggelapan atau Hipnotis
  • Pegendara Mobil Dibawah Pengaruh Alkohol
  • Pengemudi Tidak Mempunyai Izin Mengemudi

Tips Agar Klaim Asuransi Tidak Ditolak!

  • Pembayaran Premi Selalu Tepat Waktu
  • Klaim Saat Masa Tunggu
  • Klaim di Waktu yang Tepat
  • Segala Dokumen Lengkap
  • Tidak Melanggar Hukum / Melakukan Kecurangan
  • Pengklaiman Sesuai Syarat dan Ketentuan
  • Bukan Merupakan Pre-Existing Condition (Asuransi Kesehatan)
  • Menyesuaikan Pengecualian Asuransi
  • Tidak Melakukan Pengobatan Keluar Negeri (Asuransi Kesehatan)
  • Memperlihatkan Bukti Kerusakan

Tips Jitu Membeli Mobil Bekas

ciri-ciri mobil bekas mutasi

  • Identitas Penjual Jelas
  • Eksterior Mobil Bagus
  • Mesin Mobil Halus
  • Aksesoris dan Interior Bagus
  • Tanyakan Mengenai Kelengkapan Surat-Surat
  • Jangan lupa Cek Fisik dan Asuransi

Setelah mengetahui bagaimana ciri-ciri mobil bekas banjir seharusnya membuat anda lebih anda cerdas dalam membeli mobil.

kandeb
WhatsApp Chat Saja