Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi dan Bidang Lainnya!

Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi

Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi salah satunya adalah memudahkan para pengusaha memperkenalkan produknya ke pasar International.

Saat anda mendengar kata globalisasi hal pertama yang terlintas dipikiran pasti mengenai kemajuan atau malah sebuah kehawatiran?

Melekatnya stigma negatif dibenak masyarakat membuat mereka masih berpikiran tertutup sehingga tidak dapat merasakan manfaat dari kemudahan segala pengaksesan teknologi dan informasi.

Semua itu tergantung dari bagaimana orang menyikapinya apakah bijak atau justru sebaliknya.

Pengertian Serta Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

dampak positif globalisasi di bidang sosial budaya

Secara umum yang dimaksud globalisasi adalah proses mendunia dimana setiap orang sudah tidak terikat lagi dengan batas-batas wilayah negara akibatnya individu dapat berhubungan kapan pun dan dimanapun oleh orang dari negara berbeda.

Sedangkan berdasarkan para ahli globalisasi sebagai berikut :

  • Selo Soemardjan

Proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

  • Achmad Suparman

Proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku seseorang menjadi ciri khas tanpa dibatasi suatu wilayah.

  • Anthony Giddens

Intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya.

  • Emanuel Ritcher

Suatu jaringan global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan dan saling ketergantungan.

  • Martin Albrow

Menurut beliau globalisasi adalah suatu proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas global.

Baca Juga : Inklusi Keuangan dan Berbagai Kontribusi Nyata

Teori Globalisasi

Dibawah ini adalah beberapa teori globalisasi yang terbagi dari 3 pemikiran, seperti :

  • Globalis

Percaya bahwa globalisasi adalah suatu kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata terhadap bagaimana semua orang dan lembaga-lembaga di seluruh dunia berjalan.

  • Tradisionalis

Mempunyai pemikiran tertutup tetang globalisasi dan menganggap itu merupakan mitos yang terlalu berlebihan. Padahal ada loh dampak positif globalisasi di bidang ekonomi, teknologi, kebudayaan dan lain-lain.

  • Transformalis

Berada ditengah-tengah tidak berpikiran terbuka namun tidak pula menolak globalisasi. Hanya saja para transformalis terlihat lebih bijak.

Bagaimana kita mengetahui kalau globalisasi sudah mulai masuk ke suatu negara atau daerah? Caranya mudah kita bisa melihat suatu tanda adanya inovasi yang terletak dibidang komunikasi.

Penyebab

dampak positif dan negatif globalisasi secara umum

  • Perkembangan IPTEK

Peran dan teknologi informasi dan komunikasi sangat besar pengaruhnya, kemajuan tersebut mempermudah segala pengaksesan jual beli antara negara, pembayaran, peminjaman dana dan pembayaran angsuran tanpa harus mengantri di Bank.

Pemanfaatkan IPTEK itu kami manfaatkan untuk mempermudah pinjaman dana keseluruh Indonesia pelayanan 24 jam dan pengajuan padat karena mudahnya transaksi dana tunai.

Belanja kebutuhan pangan sehari-hari mellaui e-commerce, menggunakan jasa transportasi online tanpa harus menunggu lama dan banyak lagi manfaat yang bisa anda rasakan sendiri.

  • Kesepakatan International Tentang Pasar Bebas

Perdagangan bebas merupakan hal yang dapat menguatkan proses globalisasi di dunia. Fenomena ini bisa terjadi karena mayoritas negara-negara yang ada saat ini penerapan sistem ekonomi terbuka. Sehingga timbullah komunikasi yang intersif antar negara-negara dunia.

Ini bisa menjadi salahs atu dampak positif globalisasi di bidang ekonomi,

  • Keberhasilan Perjuangan Pro Demokrasi

Perjuangan prodemokrasi di setiap negara terlah memberikan inspirasi munculnya tuntutan transparansi dan globalisasi di sebuah negara. Salah satu penyebab munculnya demokratisasi diberbagai belahan dunia adalah runtuhnya Uni Soviet.

  • Meningkatnya Fungsi dan Peran Lembaga-Lembaga International

Terbukanya peluang bagi setiap warga negara untuk duduk bersama dan membahas masalah negara maupun perkembangan International oleh IMF, PBB, ASEAN, WTO.

  • Perkembangan HAM di Negara-Negara Belahan Dunia

Para masyarakat dituntut untuk lebih peduli lagi dengan Hak Asasi Manusia, upaya untuk mempengaruhi dan penegakkan hal ini masih gencar dilakukan.

  • Kemudahan Dalam Migrasi

Berpindah dari satu negara negara lain karena ada alasan bisnis, pendidikan wisata atau ada keperluan lainnya.

Sekarang penduduk suatu wilayah atau negara sudah tidak kaget lagi bila ada pendatang baru. Malah memberikan kesan keberagaman.

  • Ketergantungan Suatu Negara dengan Negara Lain

Demi memajukan perekonomian masyarakat dan negara maka produk import banyak berdatangan, karena barang-barang dari negara baru sangat memberikan manfaat lebih.

Bukan berarti barang dalam negeri tidak bagus hanya saja kalau menunggu produk inovasi terbaru membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan pembangunan infrastruktur negara atau pemenuhan kebutuhan pribadi akan terus berlangsung.

  • Kebebasan Pers atau Media

Mengetahui informasi dan berita luar negeri merupan dampak globalisasi dibidang pers atau media, apapun berita yang diinginkan baik ekonomi, bencana alam, hari raya, politik dari seluruh penjuru dunia akan tahu.

Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri masih bisa up date tentang negara Indonesia.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

pengaruh globalisasi di bidang ekonomi

  1. Kebebasan Berdagang
  2. Mudahnya Kegiatan Ekspor Impor
  3. Masuknya Perusahaan Asing di Indonesia
  4. Terciptanya Bisnis E-Commerce
  5. Meningkatnya Sektor Pariwisata

Macam-Macam Bentuk Globalisasi

politik global

Berikut adalah macam-macam bentuk globalisasi selain dibidang ekonomi :

  • Politik

Hadirnya Politik Suatu Negara. Indonesia merupakan negara non-blok tidak memihak negara manapun namun tetap aktif dalam politik International.

Terbentuknya Organisasi International. Globalisasi membentuk lembaga-lembaga International yang menampung segala aspirasi seluruh negara yang tergabung.

Hadirnya Suatu Ideologi Asing. Ideologi asing masuk ke suatu negara bila tidak sesuai dengan kaidah atau dasar negara tersebut akan menimbulkan kekacauan.

Campur Tangan Asing. Investor asing semakin gencar menanam saham di Indonesia karena sifatnya potensial. Sisi positif modal bertambah besar dan negatifnya adalah jika ada sentimen asing mereka bisa saja menarik segala saham tersebut sehingga banyak perusahaan collapse.

Masyarakat Peduli Pemerintahan. Era keterbukaan membuat para masyarakat memberikan kritik dan saran positif demi kemajuan pemerintahan.

  • Sosial

Kehidupan masyarakat era globalisasi ini telah banyak terjadi perubahan. Kira-kira perubahan apa saja yang terjadi dilingkungan anda? Berikut penjelasannya :

Tidak Terdiri Dari Satu Suku. Lebih heterogen telah dibuktikan dengan banyaknya pendatang dari seluruh daerah di Indonesia sehigga terbentuklah keanekaragaman agama, suku, bahasa dan budaya.

Masuknya Bahasa Asing Selain Bahasa Ibu. Bahasa Inggris merupakan bahasa International atau bahasa kedua yang patut dipelajari agar mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang asing.

Adanya Kesetaraan Gender. Kesetaraan yang bagaimana? Wanita selalu identik dirumah, masak dan beres-beres rumah anggapan tersebut terkadang masih ada saja di dunia kerja.

Dengan masuknya globalisasi diharapkan bisa mengubah pola pikir tersebut dan untuk membuktikan bahwa wanita bukanlah kaum lemah untuk bekerja atau mempunyai penghasilan sendiri.

Pengakuan tersebut sudah mulai muncul dengan segala pembuktian yang diberikan mulai dari pilot wanita, direktur wanita, supir transjakarta bahkan sampai koki wanita.

Masyarakat Semakin Individualis. Tak bisa diingkari masuknya teknologi membuat orang enggan berkomunikasi dengan orang luar atau malas bersosialisasi karena sangking terlalu nyamannya menggunakan gadegt dirumah.

  • Pendidikan Budaya

Berikut adalah contoh ari globalisasi di bidang pendidikan budaya :

  1. Pertukaran Pelajar antar Negara
  2. Informasi Semakin Mudah
  3. Pertukaran Guru
  4. Imigrasi Semakin Meningkat
  5. Gaya Berpakaian Masyarakat Berubah
  6. Budaya Asing Berkembang di Indonesia
  7. Pertukaran Budaya antar Negara

Setelah membaca dampak positif globalisasi di bidang ekonomi. Mungkin ada yang mau anda tambahkan?

Ekonomi semakin maju akan membuat penduduk sejahtera, para pengusaha muda Indonesia yang ingin unjuk gigi di kancah International pun bisa dilakukan.

Jadi jangan terlalu tertutup terhadap segala informasi dan pilah pilah dengan tepat informasi yang masuk ke dalam pikiran anda agar terhindar dari hoax.

kandeb
WhatsApp Chat Saja