Kendala Ketika Baru Memulai Usaha

kendala ketika baru memulai usaha

Kendala Ketika Baru Memulai Usaha. Terbatasnya lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan banyaknya calon pekerja membuat penggangguran semakin besar dari tahun ke tahun.

Cara mengantisipasinya adalah dengan membuka lapangan pekerjaan alias menjadi seorang wirausahawan.

Semakin banyaknya calon pekerja membuat sistem penyeleksian kian ketat dan rata-rata minimal mencantumkan minimal berpengalaman 1 tahun kerja walaupun tidak menutup kemungkinan fresh graduate bisa lolos seleksi awal.

Sebelum para pengusaha besar menjadi seperti sekarang pastilah banyak rintangan yang harus dihadapi seperti mencari partner kerja, butuh modal usaha besar, mencari kandidat tepat untuk beberapa posisi, penggajian hingga pencatatan biaya operasional.

Buatlah daftar beberapa kompetitor sesuai bidang usaha yang digeluti lalu perhatikan bagaimana kompetitor anda melayani konsumen, temukan hal unik dan berbeda untuk menjadi daya tarik.

Hindari untuk melakukan plagiarisme karena dapat menjadi bomerang untuk bisnis anda sendiri, milikilah jiwa seorang wirausawahan.

Perbanyak informasi tentang bagaimana cara mempertahankan konsumen atau cara mengembalikan pelanggan yang hilang.

Banyak bisnis kekinian yang berhenti ditengah jalan karena hanya sekedar ikut-ikutan dari segi pelayanan kurang maksimal sehingga membuat pelanggan hilang sehingga lebih memilih kompetitor.

Tapi ada juga bisnis yang masih berjalan puluhan tahun jasa dan produknya masih sering digunakan oleh banyak orang. Itu menandakan pemilik usaha mampu membaca kebutuhan pasar.

Rahasia Bisnis Langgeng Bersama Teman

solusi atau langkah yang ditempuh wirausaha untuk mengatasi kendala usaha

Mau tahu apa saja rahasianya? Berikut adalah rahasia yang bisa diterapkan bersama rekan bisnis :

Ketahuilah Keahlian Satu Sama Lain

Sebelum membangun bisnis bersama pastinya anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Setelah mengetahuinya pembagian beban terasa berat sebelah dan lebih adil.

Fokus dengan Tugas Masing-Masing

Fokuslah terhadap tugas masing-masing jangan suka mencampuri pembagian tugas yang sudah dibagi percayakan saja kepada partner anda.

Bersikap Terbuka dan Transparan

Terbuka dan transparan merupakan kunci kesuksesan dalam berbisnis, penggunaan modal usaha, kritik dan saran harus disampaikan demi kelancaran usaha.

Jika suatu saat nanti ada masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin tanpa perseteruan panjang.

Baca Juga : Pinjaman Modal Usaha Online

Bertukar Pendapat Ketika Rapat Setiap 1 Minggu Sekali

cara memulai usaha bisnis

Walaupun sering bertemu tidak ada salahnya untuk bertukar pendapat seminggu sekali, ketika rapat anda dapat mengetahu perkembangan bisnis sampai dimana.

Terus Menerus Berkomunikasi, Sampai Hal Kecil Sekalipun

Kirimkan beberapa informasi yang masih ada kaitannya dengan bisnis mungkin berita tentang kompetitor atau sekedar mengirimkan email tentang pricelist bahan baku dan kebutuhan bisnis lainnya.

Jika salah satu dari kalian tidak dapat hadir untuk bertemu dengan investor langsung komunikasikan segera.

Ubah Pola Pikir Bisnis adalah Bisnis

Teman ya teman tetapi bisnis tetaplah bisnis jangan dicampur adukkan karena kita tetap harus bersikap professional.

Bagi Tugas Secara Adil dan Jangan Berat Sebelah

Merasa beban kerja kerja anda lebih banyak? Segera utarakan agar di cari solusinya, jangan hanya diam dan menerima begitu saja kalau ujung-ujungnya anda kesusahan sendiri, merasa kesal hingga akhirnya bertengkar.

Buat Perjanjian Hitam Diatas Putih

Poin penting yang tidak boleh dilewati adalah membuat perjanjian hitam diatas putih mau sebaik apapun rekan kerja anda.

Perjanjian ini juga sebagai pengingat bahwa teman dan rekan bisnis berbeda sehingga bila ada permasalahan pribadi tidak dicampuradukkan.

Kendala Ketika Baru Memulai Usaha

Kendala Ketika Baru Memulai Usaha dan solusinya

Ambil langkah kecil untuk memulai bisnis sendiri daripada terus berlama-lama menunggu kepastian panggilan dari pihak perusahaan.

Tentunya bisnis ini harus sesuai passion anda sendiri bukan sekedar mengikuti trend kekinian sehingga baru berjalan 3 bulan sudah stuck.

Kita lihat saja bisnis cake artis kekininian banyak yang sudah tutup outletnya salah satu penyebabnya adalah bisnis mereka hanya menjual nama tanpa memandang kualitas? Bandingkan dengan kue Kartika atau talas bogor selama bertahun-tahun masih tetap banyak peminatnya.

Untuk anda yang memang sudah berniat memiliki usaha keluarga atau meneruskan bisnis orangtua, sebaiknya perbanyak informasi dan pelajari beberapa skill salah satunya teknik marketing.

Bagi pengusaha baru yang mempunyai modal pas-pasan mungkin tidak akan langsung mempunyai karyawan dan ia harus menjalankan sendiri atau bersama rekan kerja barulah setelah itu dipikiran langkah berikutnya.

Berikut ini adalah beberapa kendala ketika baru memulai usaha yang paling sering terjadi :

Kekurangan Modal Usaha

Modal usaha disini bisa berupa uang, tenaga kerja dan kemampuan berbisnis. Butuh modal usaha segera? Silahkan hubungi tim kami segera agar pengajuan anda langsung diproses.

Jangan menggunakan tabungan pribadi sepenuhnya, takutnya anda kecewa karena sudah terlanjur mengeluarkan budget besar dan keseluruhannya itu dari tabungan.

Simpan dana tabungan untuk masa depan dan jika bisnis anda mulai memberikan profit, segera sisihkan sebagian untuk melunasi cicilan. Pinjaman dana tipe ini kita sebut dengan hutang produktif.

Sebelum merencanakan memulai usaha persiapan haruslah matang dan perhitungan tepat, agar bisnis berjalan lancar.

Pendapatan Tidak Tetap

Menjadi wirausahawan memang tidak mudah karena dari segi pendapatan jauh sangat berbeda dari karyawan kantor.

Sebelum menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan mental baja untuk menghadapi segala resiko dalam menjalankan bisnis.

Selain memiliki bermental kuat analisa juga harus juga diutamakan, ikutilah perkembangan jaman agar bisnis tidak mati. Hambatan ini hanya beberapa orang yang bisa mengatasinya.

Tidak Ada Waktu

kendala yang dihadapi dalam berwirausaha

Ada anggapan bahwa menjadi wirausahawan akan mempunyai waktu 100% untuk keluarga tanpa perlu lembur dikantor sampai semalaman suntuk.

Kata siapa? Contohnya bekerja di perusahaan start up yang notabennya perusahaan baru pasti membutuhkan kerja keras.

Begitupun menjadi seorang pebisnis sukses mulai dari modal usaha, waktu dan tenaga harus benar-benar tercurahakan menganalisa pasar sebelum mengenalkan suatu produk dan jasa ke masyarakat serta penggunaan teknik marketing demi menggaet konsumen juga perlu dianalisa lebih lanjut.

Kuncinya adalah menguasai waktu atau pintar membagi waktu antara kehidupan pribadi, percintaan, karir dan keluarga.

Belum Berani Memulai 100%

Baru memulai usaha sekitar 1 bulan dan masih belum ada pengunjung atau konsumen sudah merasa down duluan.

Seharusnya anda mencari tahu terlebih dahulu letak kesalahannya dimana apalagi usaha baru dimulai 1 bulan terbilang masih cukup baru. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena rencana tidak matang sama sekali.

Keluarga Tidak Mendukung

Merasa tidak mendapat dukungan sama sekali dari lingkungan keluarga sehingga anda diremehkan menjadi salah satu kendala ketika baru memulai usaha maka dari dibutuhkan tekad kuat dan sikap pantang mundur.

Kurangnya Kemampuan Menganalisa Pasar

Salah menganalisa target market malah dapat membuat anda merugi karena produk barang atau jasa tidak sesuai kebutuhan.

Anda tahu branding? Pemberian nama untuk produk atau jasa anda agar lebih dikenal oleh semua orang. Warna, simbol, nama perusahaan/merk, juru bicara, tampilan desain serta tagline sangat mempengaruhi bisnis anda. Penjelasan mengenai branding selengkapnya disini!

Dari 6 kendala ketika baru memulai usaha diatas, manakah yang paling membuat anda kesulitan? Perlu modal usaha besar untuk membuka cabang baru? Hubungi kami sekarang juga!

kandeb
WhatsApp Chat Saja