Keuntungan Bekerja di Rumah Ketika Corona Melanda!

Keuntungan bekerja di rumah

Keuntungan Bekerja di Rumah. Semakin meluasnya penyebaran virus korona di Indonesia membuat sebagian  perusahaan memilih untuk mempekerjakan kayawannya di rumah.

Mereka tidak mau mengambil resiko yang lebih besar karena sudah ada beberapa korban yang meninggal dunia.

Pemerintah sudah menginfokan agar beberapa perusahaan menerapkan WFH dan sudahkah anda tahu keuntungan bekerja di rumah apa saja?

Beberapa tempat rekreasi sudah lockdown selama 2 minggu ke depan, jadi diharapkan kepada masyarakat Indonesia untuk mentaati peraturan untuk tidak keluar rumah kalau bukan urusan urgent.

Kita harus putus rantai penyebaran virus tersebut dan bagi korban yang masih dirawat, kami yakin masih bisa sembuh total dengan menjaga pola makan.

Kami sering membahas mengenai uang darurat di saat seperti ini lah uang tersebut dibutuhkan apalagi korona tidak ditanggung oleh BPJS.

Seberapa besar persiapan dana darurat anda? Sudah mengalam peningkatan? Persiapan dana darurat bagi pekerja tetap dan freelancer akan sangat berbeda. Mau tahu bagaimana cara pengaturan dana darurat ala freelancer?

Beberapa transportasi umum khususnya transjakarta sudah mulai membatasi penumpang dan menurunkan angka penularan. Untuk mereka yang sudah terbiasa bekerja dirumah pasti sudah terbiasa.

Kerugian dan Keuntungan Bekerja di Rumah

kelebihan dan kekurangan bekerja sendiri dan kelompok

Dengan semakin majunya teknologi di era ini memudahkan kita semua untuk melakukan aktivitas secara online. Coba bayangkan kalau anda masih harus bekerja di kantor berkerumun dengan orang-orang yang mungkin sudah terinfeksi korona, untuk itulah Work From Home begitu penting.

Kerugian 

Mudah Bosan dan Kesepian. Ekstrovert yang biasanya paling gampang bosan melakukan aktivitas dirumah, karena terbiasa berada diluar rumah rasanya ada yang hilang saja.

Karyawan yang tinggal ditempat kos sendiri juga akan merasa kesepian untuk itu cobalah minimalisir dengan melakukan kegiatan lain seperti menonton film series favorit.

Fokus Menurun. Ada internet dirumah malah membuat kita kehilangan focus apalagi tanpa pengawasan dari atasan anda bisa melakukan hal yang diinginkan dirumah seperti membuka social media hingga lupa waktu dan pekerjaan utama.

Mengalami Kesulitan Menilai Performance diri. Kemajuan dalam bekerja akan terasa bias jika yang menilai itu diri sendiri karena pasti anda menganggap diri anda selalu mengalami kemajuan dari ke hari sehingga penilaian tersebut tidak reliabel.

Baca Juga : Enak Jadi Karyawan atau Pengusaha? (Antara Passion vs Realita)

Keuntungan 

Waktu dengan Keluarga Lebih Banyak. Bersenda gurau bersama keluarga berbincang-bincang mengenai kesibukan masing-masing dan masih aktivitas lain yang bisa dilakukan.

Jauh Lebih Bebas dan Leluasa. Tekanan pekerjaan hampir tidak ada dirumah berbeda dengan dikantor yang mungkin hampir setiap hari atasan mondar mandir.

Waktu Lebih Efisien dan Efektif. Tanpa perlu bermacetan-macetan seperti sebelumnya, waktu anda lebih efisien dan efektif.

Jam kerja fleksibel membuat pekerjaan lebih leluasa dilakukan dan produktif misalnya anda memang lebih produktif kerja di jam setelah makan siang.

Itulah beberapa kerugian dan keuntungan bekerja di rumah, ada tambahan lain?

Tips Agar Tidak Jenuh Ketika WFH

kelebihan dan kekurangan bekerja sendiri dan kelompok

Silahkan terapkan tips berikut agar anda tidak jenuh ketika harus Work For Home :

Dekorasi Ulang Ruang Kamar

Mendekorasi ruangan agar terlihat lebih fresh agar pikiran lebih terbuka dan nyaman sehingga memunculkan ide baru walaupun dirumah. Bagi anda yang ekstrovert terlalu lama berada dirumah sangatlah membosankan.

Membaca Buku Favorit

Suka membaca novel, majalah atau komik? Banyak buku yang belum terbaca karena sibuknya di kantor? Membaca buku favorit dipercaya dapat menghilangkan kejenuhan dan tips kedua ini sangat ampuh.

Bermain Game

Terlalu memaksakan diri untuk bekerja padahal sudah jenuh maka hasil yang didapatkan tidak akan efisien.

Daripada terlalu memforsir diri lebih baik ambil smartphone mu dan mainkan game bersama teman biasa kita sebut mabar.

Menonton Film

Sudah mendowload banyak film namun ujung-ujungnya tidak ada yang ditonton, sayang sekali bukan cobalah manfaatkan waktu WFH ini dengan baik tapi ingat jangan kebablasan nanti pekerjaan anda malah tidak selesai.

Melakukan Perawatan Badan dan Tubuh

Me Time bagi para wanita yang sulit sekali mendapatkan waktu untuk perawatan tubuh, sekaranglah waktunya. Bekerja sambal maskeran atau creambath wah pasti sangat menyenangkan.

Belajar Memasak Resep Baru

Bagi anda yang suka memasak moment ini pasti dimanfaatkan untuk mencoba resep baru apalagi kaau bekerja dirumah dan di damping makanan + coklat hangat wow double combo.

Keluarga pun juga akan senang mencoba menu baru agar mereka tidak pergi keluar rumah atau memesan makanan diluar karena belum tentu terjamin kebersihannya.

Pekerjaan yang Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah

keuntungan bekerja di rumah untuk introvert

Pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan dirumah dan menghasilkan pundi-pundi rupiah?

Reseller

Bila anda mempunyai modal usaha yang tidak banyak dan ingin stock barang, gampang. Temukan supplier atau distributor online dan pastinya terpercaya via media sosial Instagram atau marketplace.

Penulis Konten

Lebih suka bekerja dibalik layar? Pekerjaan menjadi penulis konten seprtinya sangat cocok apalagi kalau anda seorang introvert.

Membuat konten bisa diawali dengan membuat blog pribadi, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat di quora terakhir adalah menjadi penulis di watpad.

Penerjemah

Punya kemampuan bahasa asing cukup fasih? Kenapa tidak menjadi seorang penerjemah online saja. Hanya bermodalkan akses internet dan data pribadi anda bisa mendaftar di situs fastwork. Kemampuan bahasa asingmu jauh lebih bermanfaat dan juga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Desainer dan Animator

Bemodalkan internet dan alat mengambar apalagi kalau suasana ruangan kerja atau kamar anda sendiri yang desain pasti lebih nyaman sehingga hasil karyan yang diciptakan sangat fantastik.

Wirausahawan Makanan Online

Platform yang mendukung UKM sudah banyak tersedia kini tinggal para pengusaha untuk mampu memanfaatkan agar calon konsumen tertarik membeli produk.

Editor

Punya bakat mengedit? Punya beberapa portofolio yang bisa dapat dipromosikan via web pribadi? Kini banyak loh perusahaan membutuhkan editor untuk menunjang aktivitas bisnisnya apalagi semua sudah serba online.

Iklan visual dan kreatif akan lebih disukai oleh orang-orang tentunya, tak heran juga banyak yang beralih profesi menjadi seorang youtuber.

Pengaturan Dana Darurat Ala Freelancer

pengaturan keuangan freelancer

Setelah memutuskan untuk menjadi pekerja lepas anda diharuskan melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mempermudah pengaturan keuangan, apa saja itu?

Ketahui Terlebih Dahulu Pengeluaran dan Pendapatan  

Berapa pengeluaran tiap bulan? Selalu lebih besar dari pendapatan atau tidak? Karena sebagai pekerja lepas pasti ada pasang surut pendapatan walaupun bisa terbilang bebas dari segi waktu dan tanpa terlalu mengikat dengan perusahaan.

Setelah mengetahui besaran pengeluaran dan pendapatan anda bisa memutuskan berapa uang yang harus ditabung, investasikan serta dijadikan dana darurat.

Perhatikan Jangka Waktu Penagihan ke Klien

Selalu cek waktu penagihan bayaran ke klien usahakan selalu bayar tepat waktu karena jika tidak akan mengganggu keuangan anda.

Ingatkan klien untuk membayar tagihan tepat waktu apalagi jika pekerjaan sudah selesai dan minim revisi.

Bagaimana artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kita smua agar kondisi Work For Home tidak membosankan. Jika perlu modal usaha besar baik itu agunan BPKB motor, mobil atau sertifikat rumah kami siap membantu!

kandeb
WhatsApp Chat Saja