Klaim BPJS Online Terbukti Cepat dan Efisien

klaim bpjs online

Klaim BPJS Online. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau disingkat BPJS merupakan produk yang ditujukan untuk menyejahterakan para tenaga kerja di Indonesia.

Perusahaan yang tidak terdaftar akan terkena sanksi tertulis, denda dan tidak mendapatkan layanan publik.

Banyak manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, untuk karyawan yang ingin resign harus tahu bagaimana cara klaim BPJS Online atau Offline.

Ada yang mengatakan prosesnya ribet dan cukup memakan waktu lama, kalau tidak diurus sangat sayang apalagi jika anda sudah bekerja bertahun-tahun. Lumayan kan uangnya kalau cair untuk liburan bersama pasangan atau orangtua.

Lalu untuk klaim kesehatan bagaimana? Seperti yang kita ketahui dibeberapa rumah sakit terkadang mempersulit pasien BPJS, antrean pun selalu panjang akan sangat berbeda pelayannya dengan pengguna asuransi atau uang cash.

Kondisi demikian menurut kami cukup menyulitkan pasien yang butuh penanganan cepat maka dari itu bila anda butuh dana cepat untuk pengobatan senantiasa akan kami bantu semaksimal mungkin.

Penjelasan dan Cara Klaim BPJS Online

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online

Program ini terdiri dari jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, awalnya kita lebih mengenai program jamsostek.

Program BPJS dikenalkan ke publik sejak tanggal 1 Januari 2014 diharapkan dapat memberikan harapan baru pada jaminan sosial dan kesehatan.

Perbedaan antara jamsostek dan BPJS ketenagakerjaan, yaitu :

Jaminan Kesehatan

Pemegang jamsostek beserta keluarga dapat berobat dan mendapatkan fasilitas kesehatan. Jika anda pindah tempat kerja atau perusahaan memperbarui fasilitas kesejahteraan karyawan melalui program BPJS anda bisa saja menerima 2 kartu (BPJS TK dan Kesehatan) tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Santunan

BPJS TK lebih banyak memberikan santunan dibandingkan jamsostek, terdapat 3 perubahan yang dilakukan yaitu dari segi biaya oengangkutan jenazah, perawatan tanpa batas, penambahan program kembali bekerja.

Peserta

Peserta BPJS TK lebih luas cakupannya dibandingkan jamsostek awalnya pekerja formal yang mendapatkan pelayanan ini namun sekarang diharuskan seluruh pekerja sektor formal atau pun informal mengikuti program BPJS TK, jika tidak anda sebagai pekerja dapat melaporkan kepada Dinas Ketenagakerjaan.

Prosedur Klaim BPJS Online

registrasi antrian online bpjs ketenagakerjaan

Untuk anda yang ingin mencairkan dana BPJS secara online melalui sistem e-klaim silahkan akses melalui web  https://es.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login/, setelah itu ikuti langkah-langkah klaim BPJS online berikut ini:

  • Nomor E-KTP : Isi secara lengkap nomor identitas berjumlah 16 digit
  • Isi nama lengkap sesuai KTP
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Isi nomor KPJ 11 digit
  • Pilih alasan klaim
  • Cantumkan nomor ponsel atau alamat email yang aktif untuk kode verifikasi
  • Langkah terakhir adalah penginputan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email atau ponsel

Isi formulir online tersebut secara benar dan lengkap sebaiknya lakukan pengecekkan data diri sebanyak 2 kali untuk menghindari kesalahan fatal yang dapat memperlambat proses pengklaiman. Pilihlah kantor cabang terdekat dari wilayah tempat anda tinggal.

Setelah memasukkan kode verifikasi tak lupa untuk memasukkan nama pemilik rekening, bank dan nomor rekening.

Unggah beberapa dokumen yang diminta anda akan menerima pemberitahuan lebih lanjut pada kotak merah.

Prosedur klaim BPJS online atau offline dari segi dokumen sama saja tidak ada yang beda hanya proses pengajuannya saja berbeda.

Tahap verifikasi BPJS TK sekitar 1 x 24 jam silahkan tunggu dan bersabar informasi lebih lanjut akan dikirimkan via email. Jika sudah menerimanya langsung cetak dan datanglah ke cabang terdekat membawa dokumen asli dan fotocopy.

Tunjukkan kepada petugas semua dokumen serta email konfirmasi, tanpa harus menunggu lama anda akan dibantu segera oleh mereka karena melalui jalur online membutuhkan waktu cukup ringkas dibandingkan offline. Dibutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk proses transfer saldo BPJS atau JHT.

Sanksi Perusahaan yang Tidak Bayar BPJS

Sanksi Perusahaan yang Tidak Bayar BPJS

Sanksi Tertulis. Sesuai yang tercantum pada pasal 6 UU BPJS, sanksi tersebut akan diberikan sebanyak 2 tahun paling lama 10 hari.

Sanksi Berupa Denda. Sanksi ini berlaku untuk jangka waktu paling lama 30 hari ketika sanksi tertulis telah berakhir.

Sanksi Tidak Mendapatkan Layanan Publik. Sanksi terakhir ini cukup fatal perizinan terkait usaha, izin memperkerjakan tenaga asing diperusahaan hingga izin mendirikan bangunan.

Aturan Wajib Terkait BPJS Kesehatan

e klaim bpjs lewat hp

Berikut adalah 4 peraturan wajib yang terdapat dalam layanan BPJS yang perlu kalian ketahui :

  • Seluruh anggota wajib terdaftar menjadi peserta BPJS

Ini berlaku untuk peserta BPJS tanpa melalui akses perusahaan tetapi perorangan. Calon peserta wajib memasukkan NIK dan secara otomatis sistem akan membaca kartu keluarga dan menampilkan nama-nama anggota yang tercantum.

  • Masa berlaku BPJS adalah 14 hari pendaftaran

Kartu BPJS tidak akan bisa langsung digunakan setelah proses pendaftaran tetapi harus menunggu kurang lebih 14 hari.

  • Bayi belum lahir sudah bisa didaftarkan oleh orangtua

Poin ketiga ini sangat membantu orangtua untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak untuk sang calon bayi anda sudah bisa mendaftarkannya menjadi peserta BPJS.

Syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut :

  • Melampirkan surat pernyataan dari dokter atau bidan, bayi yang sudah ada detak jantungnya bisa didaftarkan.
  • Dokter atau bidan tempat anda meminta surat memang telah bekerjasama dalam program BPJS.
  • Pembayaran iuran pertama bisa dilakukan setelah bayi tersebut lahir atau paling lama 30 hari sejak perkiraan hari lahir.
  • Sejak iuran pertama terbayarkan anak sudah bisa menikmati fasilitas BPJS.

Dikarenakan prosesnya yang terlihat cukup panjang dan lama, anda bisa mendapatkan dananya segera. Tim kandeb akan membantu calon konsumen mendapatkan dana segar untuk persalinan sang buah hati.

  • Karyawan PHK masih bisa menggunakan BPJS selama 6 bulan

Pemutusan hubungan kerja bisa terjadi kapan saja jadi untuk kalian yang saat ini masih berpikir bahwa tidak akan menimpa anda, apakah anda yakin ditahun ini saja sudah banyak beberapa orang mengalami PHK atau bahkan penuntutan kenaikan upah dikarenakan harga barang semakin menjulang tinggi.

Karyawan yang terkena PHK untungnya masih bisa menggunakan fasilitas ini apalagi kita tahu pemutusan hubungan kerja secara tiba-tiba dapat mengganggu fisik dan mental seseorang apalagi kalau belum ada persiapan apapun. Perlu dana tambahan modal usaha, persalinan liburan atau kesehatan pencairan besar? Kami siap membantu pengajuan menggunakan agunan BPKB Motor, Mobil dan SHM (Produk Utama).

Tadi sempat membahas perbedaan BPJS dengan jamsostek, lalu bagaimana dengan askes?

Ketentuan pembelian obat akan ditagih secara terpisah dengan pelayanan kesehatan lainnya, program askes ini biasanya diberlakukan untuk PNS, TNI dan Polisi. Lain halnya kalau BPJS kesehatan diberlakukan untuk seluruh warga negara Indonesia.

Sudahkah anda melakukan klaim BPJS online hari ini?

Belum ada rencana pencairan saldo karena resign masih lama, tapi sepertinya kebutuhan primer wajib terpenuhi untuk bertahan hidup.

Kira-kira menurut anda sudah cukupkah pendapatan yang diterima untuk memenuhi keperluan pribadi, pasangan, orangtua dan anak kalian kelak?

kandeb
WhatsApp Chat Saja