Lebih Baik Gadai atau Jual Barang? Cari Tahu Selengkapnya Disini!

lebih baik gadai atau jual barang

Lebih baik gadai atau jual barang? Dari 2 pilihan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing kembali lagi kepada tujuan anda butuh dana tunai.

Sebelum menentukan akan menjual barang apa coba cari tahu kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai barang itu laku terjual.

Orang yang membeli produk anda apakah benar-benar membutuhkan atau hanya sekedar bertanya-tanya tentang manfaatnya? Mereka juga memikirkan harga yang ditawarkan dan belum tentu juga saat itu butuh. Sehingga banyak faktor mempengaruhi suatu produk terjual cepat.

Bagaimana dengan gadai? Barang yang digadai bisa anda ambil dan pergunakan kembali ketika angsuran lunas.

Walaupun barang digadai kepemilikan masih atas nama anda, barang akan berpindah tangan jika mengalami gagal bayar itupun tidak langsung ditarik jadi jangan salah paham mengenai sistem gadai ini.

Biasanya untuk kaum hawa daripada harus menjual perhiasan apalagi ada nilai sentimentilnya, mereka lebih memilih gadai dari segi plafond cukup dan barangpun masih atas nama pengaju.

Ketika gadai barang entah itu emas, BPKB kendaraan, Surat Hak Milik/SHGB dan elektronik ada “brankas” khusus untuk menyimpan asset penting tersebut.

Kriteria barang yang dapat digadai dan paling banyak peminatnya adalah :

Gadai BPKB Mobil

Pengajuan gadai bpkb mobil

Menempati posisi pertama paling banyak diajukan mau itu mobil tua maupun mobil keluaran terbaru sekalipun. Mobil tua? Bagi calon debitur yang mengetahuinya, iya kami dapat membantu proses BPKB mobil tua mulai tahun 1991an namun hanya beberapa wilayah tercover.

Produk ini sudah ada sejak 2 tahun terakhir, kami selalu menanyakan kebutuhan  calon debitur mulai dari jenis pengajuan hingga berapa besar dana yang diinginkan.

Seringkali kami menemukan calon debitur pesimis karena hanya bermodalkan BPKB mobil tahun tua karena jarang sekali bahkan hampir tidak ada tempat yang mau menerima. Padahal bila kondisi kendaraan oke dan dokumen lengkap pengajuan dapat diproses.

Baca Juga : Tempat Gadai BPKB Terdekat (Termurah dan Terpercaya)

Mobil tahun berapa lagi? 2005 tahun keatas tentunya mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia mau atas nama sendiri, nama oranglain, pajak hidup atau mati dapat kami proses.

Kendaraan tidak sedang berada dibengkel sebab ada pengecekkan unit dan jemput data dirumah konsumen prosesnya pun cepat sekitar sehari dan besok cair itu juga tergantung juga dengan konsumen apakah ia mengikuti semua proses dari awal sampai akhir atau tidak.

Gadai BPKB Motor

tempat gadai

BPKB motor dan mobil selalu menempati posisi 1 dan 2 terkadang malah pengajuan aset ini bertahan di posisi pertama hampir 2 tahun.

Mengapa demikian pasti banyak sekali pertanyaan dibenak anda atau sudah tahu jawabannya?

Siapa dari kita yang tidak mempunyai sepeda motor walaupun hanya 1 buah? Uang muka yang semakin murah membuat pemilik sepeda motor meningkat setiap tahunnya.

Faktor padatnya jalanan akibat pengendara mobil membuat orang tertarik membeli motor untuk memangkas waktu menuju kantor.

Hati-hati ketika hendak membeli motor bekas pastikan semua dokumen penting ada dan sesuai dengan nomor mesin sudah banyak kasus pengadahan kendaraan curian dan menjual kendaraan tersebut tanpa BPKB (STNK Only).

Gunanya BPKB sebagai tanda sah yang menunjukkan kendaraan memang milik anda pribadi bukan hasil curian.

Bila anda diketahui membeli motor dari pengadah maka akan dikenakan sanksi hukum, maka penting untuk mencari informasi penjual secara lengkap.

Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor bernilai ekonomis, kepemilikannya pun sangat banyak dari berbagai kalangan. Tidak percaya? Tengok tetangga kanan kiri rata-rata pasti mempunyai motor lebih dari 1.

Kriteria motor apa yang bisa digadai? Pertama motor tidak di modif 100% sebab mempengaruhi plafond pencairan, pajak mati tidak lebih dari 5 tahun, BPKB atas nama orang lain dan pajak mati kami bisa bantu mengurus balik nama serta perpanjang pajaknya asalkan KTP pemilik pertama ada.

Tidak sedang berada dibengkel atau turun mesin (mempengaruhi performa) belum bisa dilanjut proses.

Surat Hak Milik atau Surat Hak Guna Bangunan

hukum barang gadai tidak ditebus

Aset ketiga ini angka taksirannya mencapai milyaran rupiah, kebanyakan dari debitur kami membutuhkan dana besar mulai dari Rp. 250 juta ke atas untuk memperbaiki rumah atau membuka cabang baru.

Harga properti (apartemen atau rumah tinggal) dari tahun ke tahun mengalami kenaikan apalagi kalau wilayahnya sangat strategis, dokumen lengkap (Ber-IMB).

Surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) kekuatan hukumnya kuat dan tidak sembarang bangunan mempunyai memiliki dokumen ini.

Dokumen tersebut menghindari pemilik rumah dari masalah hukum seperti penggusuran dan menandakan kalau lokasi rumah tidak berada di jalur hijau.

SHM atas nama oranglain dan orangtua bisa masih dapat diajukan, yang tidak bisa diajukan adalah dokumen AJB (Akta Jual Beli) dan PTSL sebab dari segi hukum kurang kuat.

Jika seorang anak ingin mengadaikan SHM milik orangtua (masih hidup) maka mereka harus ikut tanda tangan ketika akad.

Bagaimana kalau orangtua sudah meninggal? Seluruh ahli waris harus setuju dan ikut tanda tangan. Cakupan wilayah SHM sudah kami perluas di beberapa wilayah jawa timur.

Mari kita singgung lagi mengenai menjual barang atau aset pribadi seperti rumah, kendaraan, apartemen atau tanah.

Durasi waktu yang dibutuhkan tidak sebentar agar terjual belum lagi anda harus melalui tahapan nego harga. Sampai disini lebih baik gadai atau jual barang? Oke kita pakai contoh :

Misal penjual menetapkan harga mobil Rp. 200 Juta (mobil Ertiga GL 2018) pemakaian baru 1 tahun apakah pembeli langsung deal harga tersebut saat menghubungi penjual?

Kemungkinan 50:50, dimana anda mempromosikan juga mempengaruhi. Bila di website pastilah banyak dealer atau orang-orang yang menjual kendaraan lebih murah dibandingkan milik anda.

Calon pembeli anda benar-benar sedang butuh mobil?

Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan anda?

Berbeda kalau anda menjual makanan (fast moving) ini dipastikan lebih cepat terjual karena semua orang butuh makan.

Jadi Lebih Baik Gadai atau Jual barang?

Jadi Lebih Baik Gadai atau Jual barang?

Berdasarkan penjelasan-penjelasan sebelumnya tentang lebih baik gadai atau jual barang pastikan barang tersebut fast moving atau liquid (mudah cair).

Semua kembali kepada konsumen, jika pilih gadai ambillah tenor singkat agar barang segera menjadi milik anda lagi.

Itu merupakan sisi positif sistem gadai sedangkan sisi positif menjual barang adalah apa saja bisa anda tawarkan kepada calon pembeli (mau itu pakaian bekas, barang elektronik, emas, perabotan rumah dan lain sebagainya).

Ketika berniat gadai aset pastikan calon debitur sudah tahu bagaimana cara membayar angsuran perbulannya sampai lunas tanpa ada keterlambatan sehingga tidak timbul denda.

Sekarang ini bisa dibilang waktu yang genting untuk mendapatkan dana darurat (jika belum ada persiapan dana cadangan).

Semua bahan pokok serba mahal dari biasanya mungkin hampir mengalami kenaikan sebesar 100%.

Para penjual menggunakan prinsip semakin langka suatu barang maka harga mengalami kenaikan membuat para pembeli mau tidak mau membelinya apalagi kalau sifatnya primer / utama. Hubungi tim kami untuk mendapatkan dana tunai harus ini juga!

kandeb
WhatsApp Chat Saja