Motor Modifikasi Tidak Bisa Diajukan BPKBnya, Benarkah?

motor modifikasi

Gagal dan gagal lagi mendapatkan pinjaman uang padahal sedang butuh. Banyak alasan yang melatarbelakangi konsumen tidak bisa memperoleh uang, salah satunya adalah karena motor modifikasi.

Tapi kami selalu melihat terlebih dahulu bagian apa saja yang telah diubah oleh konsumen, hal tersebut dilakukan saat proses survey berlangsung.

Sebelumnya kami mau menyampaikan pernah ada kejadian, seperti konsumen membutuhkan dana sekitar Rp. 10 juta dengan agunan BPKB motor Vixion 2017, estimasi awal pengajuan nominal memang tercover Rp. 10 juta.

Tapi setelah pengecekan selesai konsumen diinfokan oleh tim hanya menerima sekitar Rp. 7 juta, kok bisa begitu?

Benarkah Pemilik Motor Modifikasi Tidak Bisa Mengajukan Dana?

modifikasi motor bebek

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kami harus melihat kondisi motornya terlebih dahulu saat proses survey atau biasanya pengaju mengirimkan foto kendaraannya kepada tim saat dihubungi untuk mengatur jadwal survey.

Jadi sebenarnya tidak benar kalau pemilik motor modifikasi dilarang mengajukan BPKBnya. Maka itulah dibutuhkan survey kendaraan agar bisa menjadi bahan pertimbangan saat berkas di UP ke pusat.

Bila kejadinnya motor tersebut benar-benar dirombak total mulai dari aksesoris, ban, sampai mesin diganti (padahal masih bagus) barulah permohonan dana reject.

Lembaga keuangan seperti Bank dalam hal prosedur dan ketentuan lebih ketat, saat seseorang melakukan permohonan dana tapi status kendaraan modifikasi rata-rata langsung ditolak saat itu juga.

Maka dari itu beberapa konsumen sudah merasa takut jika harus melakukan pinjaman ke Bank. Belum lagi harus melalui tahapan BI Checking atau history pembayaran.

Permohonan dana menggunakan agunan BPKB motor merupakan pengajuan terbanyak kedua setelah mobil.

Di wilayah jakarta saja rata 1 keluarga mempunyai 2 – 3 sepeda motor, hal itu karena motor bisa memperlancar aktivitas / menyelip kendaraan lain seperti mobil.

Mereka juga meyakini bahwa suatu saat ketika terdesak butuh dana tambahan untuk memenuhi kebtuhan, bisa memanfaatkan BPKBnya tersebut.

Terbukti, di kandeb pengajuan tersebut memang sangat banyak dari segi pencairan cepat dan plafond cukup besar dibandingkan harus tanpa agunan sama sekali.

Asal Usul Kendaraan Modifikasi

motor modifikasi keren

Modifikasi chopper, pernah tahu sebelumnya? hadirnya aliran ini dilansir pasca Perang Dunia II. Banyak tentara Amerika Serikat menginginkan sebuah sepeda motor yang lebih cepat dan ringan.

Para tentara AS pulang kampung setelah Perang Dunia, kemudian melihat armada perang baik itu mobil atau sepeda motor.

Para mekanik berinisiatif untuk merubah kendaraan berat tersebut menjadi lebih ringan untuk mempermudah mereka dalam mengendarai.

Alhasil mucullah istilah “bobber atau bobbed”, di mana para mekanik mulai secara perlahan menghilangkan sebagian besar komponen yang dianggap tidak penting sehingga membuat beban motor sedikit terpangkas.

Istilah Chopper

Tahun 1960-an, beberapa bengkel mulai berbondong-bondong membangun sepeda motor kustom/modifikasi.

Perombakan paling banyak dilakukan mulai dari tangki yang menyusut, memotong bagian rangka sasis, membuat jok lebih kecil serta memotong bagian knalpot.  Sehingga membuat motor lebih terlihat lebih ramping serta minimalis.

Namun karena mereka ingin lebih terlihat sangar diameter ban dibuatlah lebih besar namun tapaknya cukup kecil, sedangkan bagian ban belakang diameternya kecil namun lebar.

Baca Juga : Pinjam Uang Mudah di Kandeb, Transaksi Cepat dan Nyaman!

Biasanya pengajuan BPKB motor seperti ini tidak bisa dilanjutkan proses sebab perombakan atau modifikasi terlalu ekstrim.

Tren di masa itu sangat digrandungi oleh para pelaku industri, tapi ada sisi negatifnya yaitu orang beranggapan buruk pada pengemudi yang memodifikasi motornya dengan tren chopper.

Beberapa Aliran Motor Modifikasi

kendaraan kustom beroda dua

  1. Bobber

Era 40 – 50an dipelopori oleh pemuda Amerika yang beperang yang pulang dari medan perang. Hal tersebut dilampiaskan oleh mereka dengan kebut-kebutan menggunakan motor Harley Davidson tipe WL.

Bobber = Memangkas agar terlihat lebih ringan, sederhana dan menekan biaya operasional.

Ternyata masih ada persepsi bobber harus identik dengan penggunaan ban lebar, padahal tidak demikian.

Harley Davidson dan India-lah yang banyak mendominasi gaya bobber Amerika. Fokus bobber hanya memangkas demi merampingkan.

  1. Brat Style & Jap Style

Merupakan nama bengkel modifikasi di negara Jepang, karakter brat style dan Jap Style masih masuk ke dalam ketegori bobber, tracker atau cafe racer.

Suspensi belakang (Twin Shock)jok double seater yang flat dan tipis. Ini bisa kita sebut juga ciri khas dari brat style.

Sedangkan Jap Style, hal paling khasnya muncul dari budaya retail finishing yang merupakan ciri khas budaya orang jepang.

Peraturan di negara Jepang memang sangat tinggi regulasinya apalagi mengenai kelayakan kendaraan apalagi motor modifikasi.

  1. Chopper

Apa pada era 50-60an (terusan bobber), perbedaannya sangat signifikan karena hrus memotong rangka atau membuat baru lagi.

Sesuai dengan istilahnya chop artinya adalah memotong. Perubahan rangka bisa berpindah ke merubah sudut kemiringan rumah setir, memotong dan mengubah bagian backbone untuk penempatan tangki.

Psychedelic dan scandinavian chopper kebanyakan lebih memanjangkan suspensi depan. Upaya untuk pemaksimalan tampilan sedikit mengorbankan urusan handling motor.

  1. Cafe Racer

Tren yang keempat ini mempunyai kemiripan dengan dengan gaya bobber, muncul karena prajurit inggris di PD II.

Hal yang membedakan ialah hanya di jenis motor dan referensi gaya modifikasi. Rujukan dari cafe racer antara lain motor-motor balap Grand Pix (kala itu digandrungi di daratan Eropa).

Rangkanya Featherbead dari Norton yang kuat, ringan, serta stabil dipadupadankan mesin produksi triumph bertenaga gahar.

  1. Tracker

Tren atau gaya ini sama dengan cafe racer, gaya tersebut berawal dari motor-motor lintasan balap board track, flat track atau dirt track di Negara Amerika.

Gaya modifikasi ini mengedepankan fungsi motor yang dapat di pacu di berbagai lintasan.

  1. Scrambler

Model scrambler dasarnya adalah sebuah motor perang. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa ini merupakan motor balapan orang inggris (ciri khas).

Setiap orang yang ingin memiliki motor modifikasi jangan pernah melupakan fungsi dari kendaraan itu sendiri yaitu mempermudah aktivitas anda. Keamanan dan kenyamaan dalam berkendara tetaplah nomor 1.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai motor kustom, sekali lagi kami ingatkan motor kustom total tidak bisa kami bantu proses lebih lanjut. Sebab dari bentuk sudah jauh berbeda dari model awalnya.

Kriteria Motor Apa Saja yang Bisa Digadaikan BPKBnya di Kandeb?

motor matic kustom

  1. Minimal Tahun 2006

Tahun rendah mulai dari 2006-2008 hanya bisa cover Jakarta, Tangerang dan Bandung. Sedangkan 2009 bisa menjangkau seluruh Indonesia atau Nasional.

Untuk info lebih jelasnya bisa silahkan hubungi customer service (nomor tertera di website).

  1. Pajak STNK dan Pajak Plat Mati Masih Bisa dibantu Proses

Pajak STNK atau Plat motor mati lebih dari 5 tahun tidak bisa kami bantu proses lebih lanjut.

  1. Tidak Sedang Berada di Bengkel

Saat surveyor hendak cek mesin atau gesek mesin, posisi kendaraan masih di bengkel. Secara tidak langsung membuat surveyor sulit untuk melakukan pengecekan, alhasil  tidak bisa dibantu proses cepat hari itu juga.

  1. Mesin Motor Masih Halus (Bunyinya)

Mesin masih halus dan knalpot bukan rakitan pasti bisa kami bantu proses cepat lebih lanjut.

Sedangkan motor yang suara mesinnya kasar kadang masih menjadi bahan pertimbangan juga tergantung pihak cabang dan surveyor jug jadi masih bisa fleksibel. Dilihat dari tingkat kekasaran suara mesin.

  1. Tidak Dimodifikasi Terlalu Berlebihan

Ini yang menjadi point pentin, bagian ban diubah menjadi lebih kecil, jok diubah lebih rendah dari semula cat motor benar-benar berbeda, kondisi motor modifikasi seperti ini tidak bisa dilanjut proses.

Butuh dana cepat? silahkan hubungi tim cs kandeb, anda koperatif? Proses cepat.

kandeb
Mobil & Sertifikat (WA Aktif)
Motor (WA Aktif)
WhatsApp Chat Saja