Penyebab Sulit Mengatur Waktu Serta Dampaknya Terhadap Keuangan Anda!

penyebab sulit mengatur waktu

Penyebab Sulit Mengatur Waktu. Pepatah mengatakan waktu adalah uang mungkin lebih tepatnya orang yang pintar mengelola waktu akan pintar mendapatkan uang.

Waktu yang kita miliki sama yaitu 24 jam setiap harinya tetapi kenapa masih ada saja orang yang masih kekurangan waktu?

Apa penyebab sulit mengatur waktu? Disebabkan oleh faktor internal atau eksternal?

Kegiatan-kegiatan sepele selalu menghilangkan fokus kita dari pekerjaan atau tanggung jawab lain, awalnya untuk menghilangkan penat namun malah kebablasan karena sudah nyaman.

Alhasil kurang produktif dalam bekerja dan berpengaruh ke aktivitas lainnya salah satunya adalah keuangan.

Apa korelasinya? Terlalu sering lembur karena memang kerjaan anda tidak selesai tepat waktu membuat jadwal anda berantakan entah menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

Sedangkan dari segi keuangan pendapatan tak kunjung naik. Jangankan memberi uang kepada orangtua untuk memenuhi kebutuhan pribadi sulit.

Anda punya keinginan dalam kurun waktu 3 bulan ingin mempunyai kendaraan baru, dalam waktu 1 tahun sudah harus melamar kekasih atau ingin menaikkan haji orangtua? Semua itu perlu modal yang tak sedikit anda harus cermat dalam hal menghitung segala pemasukan dan pengeluaran.

Haruskah Tepat Waktu?

apa yang perlu kamu lakukan agar kamu bisa manajemen waktu

Melatih kebiasaan tepat waktu secara disiplin membutuhkan waktu yang cukup lama (tergantung niat), membuang-buang waktu sama saja membuang uang.

Ketika bertemu klien untuk membahas project tetapi anda selalu datang terlambat secara langsung penilaian kinerja anda buruk.

Sebab baru membahas project saja sudah menunjukkan tanda-tanda ketidakkonsistenan klien akan berpikir 2 kali untuk bekerjasama.

Tidak tercapainya suatu keputusan yang menguntungkan kedua belah pihak = rugi/kehilangan banyak uang.

Sungguh sangat banyak keuntungan yang didapat dari sikap tepat waktu, tepat waktu dalam membayar cicilan rumah, pinjaman dana tunai, mobil, gadget dan motor membuat anda terhindar dari namanya denda.

Baca Juga : Finance Tanpa BI Checking Lebih Praktis Dalam Pengajuan Dana (Dijamin)

Awalnya denda memang kecil tetapi karena terlalu meremehkan lama-lama nominalnya besar dan malah sulit membayarnya itu malah memberatkan keuangan anda dan mempengaruhi BI Checking, jangan harap anda bisa mengajukan di Bank dengan BIC buruk.

Tapi tidak perlu cemas pinjaman tanpa BI Checking bisa anda aptkan disini, mau pengajuan jaminan apa? BPKB Motor, Mobil atau SHM (3 produk andalan kami).

Sekarang pilihan kembali ke nasabah dari ketiga produk andalan kami mana yang ingin diajukan? Butuh dana besar? Disarankan menggunakan jaminan BPKB mobil atau SHM.

Orang akan sangat senang bila melakukan transaksi dan project bisnis bila anda berkomitmen, selanjutnya akan kami bahas cara menjadi orang yang tepat waktu.

Cara Menjadi Orang yang Tepat Waktu

dampak manajemen waktu yang buruk

Berikut adalah cara-cara untuk menjadi orang tepat waktu :

  1. Memeriksa dan Menghindari Penundaaan

Memeriksa jadwal yang membutuhkan waktu sedikit atau dapat diselesaikan dalam kurun waktu cepat agar jadwal tidak berantakan kembali.

Jangan terlalu banyak menunda aktivitas serta pembayaran cicilan (mungkin sudah jatuh tempo) agar keuangan lebih teratur dan jelas alurnya.

Sudah ada uang untuk membayar cicilan? Langsung bayarakan saja sampai lunas agar tidak ada beban lagi.

Mau mengajukan kembali di Kandeb? Silahkan tim kami akan secara sigap membantu nasabah.

Pengaturan keuangan yang buruk itu sebenarnya seperti apa?

  • Tidak ada persiapan finansial sejak dini

Tidak ada persiapan finansial sejak dini

Menghabiskan uang tanpa perencanaan matang adalah tanda pertama pengaturan keuangan yang buruk. Cicilan menunggak dan denda besar juga resiko yang harus anda waspadai, anda ingin pendapatan perbulan hanya untuk membayar bunga yang semakin membludak?

Belanja bulanan tanpa membuat list, berisiko fatal karena anda akan lupa dan malah membeli barang yang seharusnya tidak dibutuhkan.

  • Dana darurat kosong

Dana cadangan/dana darurat wajib dimiliki untuk anda yang masih single atau menikah. Sehingga kalau sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau musibah anda tinggal gunakan uang tersebut jangan kotak-katik uang lain.

  • Boros

Masih ada korelasinya dengan poin nomor satu tidak ada persiapan finansial sejak dini, membuat kalian boros.

Baru ada gadget keluaran terbaru langsung beli, pergi liburan ke tempat mewah, membeli tas mahal.

Konsumerisme/hedonism dapat memiskinkan anda dalam jangka waktu cepat mau seberapa besar pendapatan perbulan.

Pengaturan keuangan yang berantakan berpengaruh kepada pengambilan keputusan. Waktu adalah uang pepatah tersebut benar adanya dan memang terbukti kehilangan banyak waktu = kehilangan banyak uang.

  1. Semua Aktivitas Terjadwal

Dari senin sampai jumat bekerja, sabtu dan minggu me time atau  bergabung menjadi sukarelawan, mencuci mobil, ikut komunitas dan lain sebagainya.

Mencari dana tambahan menjadi anggota ojek online daripada waktu terbuang sia-sia, bisa juga asal tidak mengganggu kebutuhan

  1. Mengatur Alarm dan Pengingat

Jam 12 solat dzuhur, makan siang, meeting, cuti kantor membuat pengingat  di smartphone cukup efisien dibandingkan membuat pengingat di buku note.

Rata-rata orang tidak dapat lepas dari smartphone baik untuk mengecek sms, wa, line, update di instagram dan lain-lain.  Sehingga sisi positif penggunaan smartphone bagi pengguna adalah demikian.

  1. Tidak Menekan Tombol Snooze

Alarm ditunda 5 menit lagi karena masih ngantuk kebiasaan tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena dapat mengurangi produktivitas diri.

Terlambat ke kantor, bermacet-macetan ria kena tegur atasan atau HRD merupakan resiko fatal dari kebiasaan sepele tersebut.

Biasakan dalam 1 bulan untuk tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu, kita lihat dampaknya badan anda akan terasa lebih segar bugar, pikiran jernih, lebih semangat menjalani kehidupan sehari-hari.

Hindari gadget 1 jam sebelum tidur malam agar sinar biru dari hp tidak mengganggu waktu tidur.

Penyebab Sulit Mengatur Waktu

penyebab sulit mengatur waktu serta dampak negatifnya

  1. Terlalu Sungkan Menolak Ajakan Orang

Mempuyai perasaan tidak enakan kepada orang lain sangatlah menyiksa diri jadwal yang seharusnya berjalan tetapi malah berantakan karena ada ajakan tiba-tiba.

Ingin menolak tetapi sungkan ini merupakan salah satu penyebab sulit mengatur waktu yang paling sering kita temui.

  1. Overschedulling

Terlalu banyak kegiatan yang terjadwal tanpa melihat kondisi tubuh juga menjadi penyebab kesulitan anda mengatur waktu.

Menurunnya tingkat konsentrasi karena harus membagi perhatian, tidak ada waktu sendiri untuk bersenang-senang.

Hasil yang didapat kurang maksimal dan jauh dari kata efektif, apa efek jangka panjangnya? Anda bisa stress dan depresi karena pekerjaan semakin menumpuk.

  1. Jiwa Prokrastinasi Tinggi

Kurang disiplin dan lari dari tanggungjawab membuktikan anda tipikal orang yang tak dapat dipercaya. Orang enggan memberikan tugas penting kepada anda, godaan yang selalu datang dari mulai bermain gadget tanpa mengenal waktu padahal tugas masih harus diselesaikan.

Dibutuhkan motivasi kuat untuk melakukan sesuatu untuk menanggulangi rasa malas dan menunda berlebihan.

Singkirkan hal-hal yang mengganggu pekerjaan ingat kembali daftar keinginan yang harus dicapai dalam jangka waktu dekat, menengah dan panjang.

  1. Terlalu Detail

Poin keempat penyebab sulit mengatur waktu adalah terlalu detail, poin ini hampir sama dengan perfeksionis. Hindari sikap perfeksionisme, pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat malah tidak selesai.

Ada lagi penyebab sulit mengatur waktu yang berdampak pada keuangan anda?

kandeb
WhatsApp Chat Saja