Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Persiapan menjelang hari raya idul fitri

Persiapan menjelang hari raya idul fitri sudah berapa persen? Lebaran tinggal menghitung hari masih semangatkah kalian hari ini?

Setelah menjalani puasa 1 bulan penuh menahan lapar dan haus mulai dari adzan subuh sampai menjelang maghrib pastilah momen idul fitri sangat di nanti-nanti.

Mungkin bulan ini akan terasa berbeda dari bulan sebelumnya karena satu dua hal tapi semoga tidak membuat kalian putus semangat.

Masih banyak ternyata tenaga kerja yang belum memiliki persiapan apa-apa dikarenakan uang tunjangan hari raya belum turun.

Biasanya setelah uang THR turun mau membeli barang kebutuhan atau ada produk favorit yang sudah masuk wishlist jauh-jauh hari? Sudah mempunyai hitungan sendiri?

Tips Memanfaatkan Dana Tunjangan Hari Raya (THR)

daftar keperluan lebaran

Setiap orang mempunyai keperluan berbeda-beda, tapi siapa sih yang tidak mau  kalau dana THR tersebut walaupun setelah hari raya tetap masih ada walaupun tak banyak sisanya? Kami akan memberikan sedikit tips memanfaatkan THR :

Membuat List Pengeluaran Selama 1 Bulan

Mau status anda sekarang ini single atau sudah menikah rasanya membuat list pengeluaran setiap bulan penting untuk dilakukan untuk melatih kebiasaan positif.

Anda cenderung akan lebih paham uang tersebut telah mengalir untuk kebutuhan apa saja sehingga jauh lebih terpantau.

Lunasi Hutang Sebelumnya!

Sempat meminjam uang kepada orang terdekat? Ada bagusnya setelah menerima THR langsung lunasi segera supaya tidak ada beban lagi, kalaupun memang butuh dana mendesak manfaatkan kecanggihan teknologi dengan mengajukan secara online tanpa harus bersusah payah keluar rumah dan menunggu hampir seharian.

Keuntungan lainnya kalau hutang sudah terlunasi hubungan anda dengan orang terdekat jauh dari konflik karena seringkali terjadi salah satu pihak tidak mempunyai etikad baik untuk melunasi hutang padahal pemberi pinjaman pun sedang butuh uang sehingga hubungan keduanya renggang.

Baca Juga : Solusi Masalah Ekonomi Keluarga di Era Modern

Melihat kondisi-kondisi tersebut sebagian orang lebih merasa nyaman mengajukan pinjaman dana tunai secara online.

Banyak manfaat yang didapatkan kalau kita tahu bagaimana cara mengelola uang pinjaman dan jangan sampai anda mempunyai kewajiban lebih dari 1 lubang.

Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Fitri

menjelang lebaran

Ini adalah beberapa “ritual” umum yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang sebelum lebaran :

Membayar Zakat Fitrah

Zakat merupakan kewajiban semua umat muslim, ada baiknya kalian memisahkan dana untuk zakat dengan kebutuhan lain.

Satu minggu sebelum membayar zakat tentukan berapa persen yang harus dibayarkan, tak lupa juga untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Menghias Rumah agar Lebih Indah

Memberikan sentuhan indah agar tidak terlihat membosankan, inilah waktu yang tepat satu sebelum lebaran tiba coba dekor atau ubah cat tembok agar terlihat lebih fresh.

Membeli Baju Baru

Bukan rahasia umum setiap lebaran hampir semua mall di serbu oleh semua orang sehingga penuh sesak. Banyaknya tempat perbelanjaan yang menawarkan diskon besar-besaran hingga 90% (sepatu, tas dan pakaian).

Belilah pakaian baru dari jauh-jauh hari ini merupakan tips agar berbelanja lebih aman dan nyaman karena kalau terlalu fokus belanja ditengah kerumunan tanpa kita sadari menjadi sasaran pencopet.

Menukar Uang

Salah satu tradisi yang tak luput dilakukan adalah memberikan sebagian uang kita kepada keponakan-keponakan yang usianya masih sekolah, biasanya ketika mengantre untuk bersalam-salaman untuk mendapatkan jatah uang.

Ini dilakukan kalau anda sudah berpenghasilan ya dan butuh perhitungan matang sebelum berniat memberikan uang kepada keponakan karena jika tidak bisa mempengaruhi pengaturan keuangan kalian.

Hampir sama dengan poin pertama jika berniat menukar uang lakukan sejak jauh-jauh hari agar tidak mengantre.

Mempersiapkan Dana Konsumsi

Persiapan menjelang hari raya selanjutnya yaitu terkait dana konsumsi, merupakan pengeluaran untuk membeli kue-kue ringan makanan opor untuk tamu dan keluarga besar.

Agar menghemat uang Tunjangan Hari Raya, anda bisa memasak makanan tersebut sendiri apalagi kalau kebetulan bahan-bahan yang dibutuhkan sedang promo super menguntungkan.

Mengajukan Cuti

Demi bersama keluarga merasakan momen lebaran lebih lama lagi ajukan cuti beberapa hari lumayan kan anda bisa berlibur sejenak dari segala rutinitas.

Dana Mudik

Enggan menggunakan seluruh THR atau tabungan pribadi untuk mudik? Alternatif berikutnya ialah mengajukan pinjaman dana tunai kalau uang yang dibutuhkan tidak banyak anda bisa mengajukan dengan menggunakan BPKB motor minimal 2009.

Amat disayangkan kalau ritual setahun sekali ini bertemu orangtua dikampung dan keluarga lainnya ini harus terlewatkan.

Kalau kita harus mengorbankan seluruh uang tabungan pribadi dan THR hal yang dikhawatirkan itu setelah selesai hari raya kebutuhan rutin anda malah berantakan dan keuangan keluarga menjadi kurang sehat karena salah perhitungan.

Persiapan Fisik Sebelum Mudik

apa yang akan kalian lakukan jika hari raya tiba

Sebelum mudik pastikan fisik anda sehat sebab ini merupakan persiapan menjelang hari raya idul fitri yang tak kalah penting.

Memang anda mau ketika sampai kampung halaman malah sakit? Sehingga tidak bisa bersilaturahmi dengan keluarga lain.

Berikut adalah beberapa persiapan fisik sebelum melakukan perjalanan mudik :

Makan dengan kenyang

Mudik di pagi hari mempunyai dampak positif karena rentang waktunya tidak terlalu lama dari waktu subuhan sehingga kita masih merasakan kenyang dan energi pun belum terlalu banyak terbuang.

Lain halnya kalau memang sejak awal berniat mudik siang hari sebagian tenaga sudah mulai terkuras dan lemas.

Berniat untuk berkendara? Ajaklah orang terdekat yang bisa membawa kendaraan jadi ketika kelelahan bisa bergantian.

Tubuh wajib terhidrasi

Kekurangan cairan dapat membuat kita kehilangan konsentrasi, penuhi kebutuhan air minum agar tubuh selalu terhidrasi.

Jaga kondisi kesehatan

Berbuka dan saur dengan makanan 4 sehat 5 sempurna ditambah vitamin C karena cuaca tidak menentu kadang panas kadang hujan.

Berolahraga

Usahakan untuk olahraga seminggu 2 kali sebab dibutuhkan energi prima selama di perjalanan apalagi kalau kampung halaman anda memakan waktu hingga lebih 12 jam.

Perbaiki pola tidur

Normal waktu tidur orang dewasa adalah 7-8 jam jika kurang dari itu badan cepat lelah,, kurang konsentrasi, mudah emosi bahkan terkena pernyakit mematikan. Kurangi begadang ya!

Berniat membawa kendaraan sendiri ketika mudik? Cek bagian-bagian mobil ini agar tidak terjadi masalah :

  • Oli mesin, transmisi, gardan
  • Kelistrikan dan aki mobil
  • Filter udara
  • Tekanan angin harus tepat
  • Air radiator
  • Wiper
  • Shock absorber
  • Minyak rem dan kopling
  • Filter oli dan ac
  • Sistem penerangan dan lampu
  • Semir ban

Lakukan hal-hal berikut agar mudik terasa aman dan nyaman selama di perjalanan :

  • Membaca Buku Favorit
  • Mendengarkan Musik
  • Tidur
  • Bermain Game Online

Suka Duka Mudik Lebaran

persiapan hari raya idul fitri

Rasa suka dan duka memang tidak dapat terelakkan selama di perjalanan tapi asal kita benar-benar menikmatinya semua akan terasa menyenangkan.

Melepas rindu bertemu dengan keluarga besar merupakah kebahagian tersendiri, yuk kita lihat apa saja suka duka selama mudik lebaran :

Suka

  • Berkumpul dengan keluarga besar
  • Bersenda gurau

Duka

  • Bermacet-macetan
  • Seluruh tempat peristirahatan penuh
  • Kesabaran super di uji
  • Hampir semua makanan dan minuman mahal

Setelah membahas persiapan menjelang hari raya mulai dari keuangan sampai suka duka mudik, adakah dari kalian yang memutuskan untuk batal mudik? Dana mudik akan dialihkan ke pos mana pengeluaran bulanan atau membayar cicilan?

kandeb
WhatsApp Chat Saja