Resiko Membeli Motor Tanpa BPKB, Murah Namun Rawan Jebakan!

resiko membeli motor tanpa bpkb

Resiko Membeli Motor Tanpa BPKB. Sepeda motor bukan merupakan barang mewah lagi karena siapapun sudah bisa memilikinya, banyak penawaran yang diberikan kepada calon pembeli bisa tanpa DP atau menggunakan DP tinggal disesuaikan dengan keuangan anda.

Alat transportasi ini menjadi favorit semua kalangan sebab bentuknya yang ramping dan bisa menyalip ketika macet.

Sekarang desain motor semakin besar hampir menyamai moge kebanyakan orang menyukai motor jenis tersebut untuk melakukan perjalanan jauh.

Tapi tak jarang dari mereka mempunyai motor besar agar dianggap “raja jalanan”, semua kembali pada kepada kebutuhan calon pembeli.

Efisiensi waktu juga mereka perhatikan apalagi yang jarak rumahnya menuju kantor, kampus atau sekolahan cukup jauh.

Karena tingginya pengguna sepeda motor membuat orang berbondong-bondong mengajukan kredit atau memanfaatkan kondisi saat ada relasi yang sedang butuh dana cepat dan ingin menjual motornya kepada anda.

Permasalahannya disini adalah apakah surat-suratnya lengkap? Ini patut menjadi pertanyaan utama ketika berniat membeli motor bekas.

Siapa yang tidak tertarik dengan harga motor murah?

Kelengkapan surat seperti BPKB, Faktur dan STNK wajib anda miliki sebagai pemilik kendaraan.

Jika statusnya anda beli second di orang lain, coba tanyakan BPKB on hand atau tidak? Pajak mati atau hidup? Sebaiknya pikir 2 kali untuk membelinya kalau BPKB statusnya hilang atau keselip.

Mengapa? Sebab penipuan motor bodong sudah bukan rahasia umum lagi, banyak orang telah terjebak.  Adanya perbedaan nomor mesin di dokumen dan kendaraan tapi tapi karena sudah terlanjur tertarik harga murah mau bagaimana lagi.

Baca Juga : Butuh Dana Cepat Jaminan BPKB

Pencuri dan pengadah kendaraan jika tertangkap akan mendapatkan hukuman cukup berat sesuai peraturan yang berlaku, bahkan anda sebagai pembeli bisa terkena jeratan hukum juga!

Maka dari itu jangan terlalu bangga membeli motor murah tanpa BPKB sebab kepolisian menganggap dengan anda bersikap demikian sama saja mendukung kasus curanmor.

Para pelaku memanfaatkan kondisi pembeli (saat lengah) dan merayu dengan berbagai cara agar mereka terbuai penawaran kendaraan murah tanpa memikirkan resiko membeli motor tanpa BPKB.

Pengadah motor bodong masih belum tertangkap banyak yang mengatakan bahwa mereka beroperasi dengan cara berpindah-pindah agar tidak terkena tindak hukum.

BPKB dan STNK merupakan dokumen legal yang mempunyai harga ekonomis bila digadaikan dan sebagai tanda sah yang menandakan bahwa anda merupakan pemiliknya.

Kata siapa kalau motor sedang kredit tidak bisa mengajukan pinjaman dana?

Kebutuhan dana anda tetap bisa terpenuhi walaupun kendaraan status kredit, anda tahu fasilitas take over BPKB? Sudah tahu sebelumnya?

Fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan oleh calon nasabah yang terdesak butuh uang tanpa harus menjual motor.

Kendaraan roda dua bukan merupakan barang fast moving jadi belum tentu langsung terjual cepat layaknya menjual makanan.

Resiko Membeli Motor Tanpa BPKB

kasus motor stnk only

Iklan di social media paling sering biasanya di grup facebook pecinta motor atau grup jual beli menawarkan berbagai macam produk salah satunya kendaraan roda dua mulai dari kendaraan modifan, batangan tanpa dokumen apapun (hanya motor saja) atau motor + STNK.

Terjadilah proses negosiasi panjang antara penjual – pembeli atau perantara – pembeli. Motor batangan lebih/motor yatim piatu/stnk only lebih cocok untuk anda yang mempunyai usaha warung. Demi memudahkan pengantaran barang ke rumah konsumen contoh mengantar galon.

Proses pembelian mudah dan gampang menjadi kunci utama menggaet calon pembeli. Membeli motor bodong tanpa dokumen atau ternyata hasil curian dari pemilik utama yang motornya hilangnya masih akan tetap di cari oleh pihak leasing atau mata elang jadi berhati-hatilah dalam transaksi.

Dikhawatirkan anda sebagai pemilik baru ketika berada diperjalanan tiba-tiba dihampiri oleh mata elang langsung diambil motornya tanpa adanya penjelasan lebih lanjut.

Resiko Membeli Motor Tanpa BPKB antara lain sebagai berikut :

  1. Harga Jual Rendah
  2. Kepemilikan Tidak Kuat
  3. Resiko Terkena Masalah Hukum
  4. Rawan Pemerasan

Mengapa BPKB itu Penting?

Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor termasuk aset penting dan sifatnya legal bagi pemilik kendaraan. Sangat rawan dan cukup berisiko kalau anda membeli sepeda motor tanpa BPKB.

Tindak pemerasan kerap kali terjadi di masyarakat anda sebagai pembeli tidak mengetahui apakah motor tersebut hasil curian atau bukan, jika iya sewaktu-waktu pemilik utama bersikeras mengambil kembali kendaraan, membawa ke kantor polisi dan mungkin mengancam untuk memberikan sejumlah uang.

Teknik Jitu Beli Motor Bekas

cara mengurus motor bpkb only

Apa saja teknik-tekniknya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini :

  • Mengecek Harga Pasaran

Langkah pertama, mengecek harga pasaran melalui web agar lebih praktis. Bandingkanlah harga motor bekas dari setiap web.

  • Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor

Sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada STNK dan BPKB (wajib ada). Perhatikan secara teliti di nomor rangka dan mesin asli ada sebuah ketokan.

  • Cek Fisik Kendaraan

Kondisi body, kaca spion knalpot dan baut tak luput dari pengecekkan, mulus atau tidak? Semua masih orisinil kah? Usahakan masih dalam kondisi baik agar tidak kecewa nanti.

  • Cek Kondisi Oli Motor

Ukur dan buka oli motor, apabila ketika pengecekkan oli cukup berlebihan maka akan mempengaruhi suara mesin (lebih halus).

  • Cek Speedometer

surat perjanjian jual beli motor tanpa bpkb

Pada speedometer terlihat bekas pembongkaran? Speedometer menunjukkan diatas 20.000 KM? Bersiaplah menyiapkan anggaran yang tidak sedikit untuk mengganti beberapa komponen mesin.

  • Cek Kebocoran

Jalankan motor tersebut lebih lama dengan jarak minimal 500 meter, lihatlah apakah terdapat kebocoran pada oli motor melalui sela-sela motor atau pada ari radiator.

  • Cek Perpindahan Gigi

Perpindahan gigi terasa sulit? Perpindahan yang sulit menandakan bahwa kampas kompling motor segera habis.

  • Hidupkan Mesin Motor

Hidupkan mesin selama kurang lebih 10 menit segera cek dan dengarkan bunyi mesin kasar atau halus.

  • Cek Kondisi Roda

kelurusan antara roda depan dan roda belakang hal ini untuk menentukan bahwa chasis atau rangka tidak bengkok akibat kecelakaan ringan – parah.

  • Pengecekkan Kelistrikan Motor

Lampu motor

  • Test Drive

apakah motor stnk only bisa diperpanjang

Pengujian di jalan raya untuk menentukan motor tersebut layak atau tidak untuk dibeli dan digunakan, motor bodong biasanya jauh dari kata standar.

  • Lihat Kelengkapan Dokumen

Komponen penting yang tidak boleh ketinggalan adalah dokukmen BPKB dan STNK, sebab resiko membeli motor tanpa BPKB cukup fatal.

Mintalah KTP pemilik pertama apabila pajak mati dengan  mudah anda mengurusnya jangan ditunda-tunda takutnya nanti pemilik sebelumnya pindah rumah dan susah untuk ditemui.

Ingin mengajukan pinjaman gadai BPKB motor atas nama oranglain bisa diproses segera jika status pajak mati anda akan diinfokan untuk memperpanjang pajak (potong pencairan) tapi kalau pajak hidup dan atas nama oranglain tidak ada potongan apapun.

Potongan disini fungsinya untuk balik nama dan perpanjang pajak secara otomatis dan sangat bermanfaat jika anda orang yang mempunyai kesibukan. Bila sebelumnya ingin mengecek nomor kendaraan bisa disini.

Disini tidak menerima biaya kunjungan, jika ditemukan tim lapangan meminta uang segera hubungi kami!

kandeb
WhatsApp Chat Saja