Resiko Orang Tidak Mau Beradaptasi dengan Teknologi

Resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi

Resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi salah satunya yaitu ketertinggalan dalam bidang informasi, padahal banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan teknologi.

Setiap generasi mengalami perubahan yang berbeda-beda kalau kamu enggan mengikutinya maka akan mengalami kesulitan di masa mendatang.

Ditengah-tengah kesibukan aktivitas kantor dan pekerjaan rumah tangga pasti ingin segalanya penuh dengan kepraktisan misalnya berbelanja kebutuhan bulanan atau membeli perlengkapan lainnya.

Sekarang Indonesia sudah memasuki era modernisasi dan globalisasi pertukaran informasi lebih cepat dan terupdate dari seluruh penjuru dunia dengan adanya jaringan internet apapun bisa diakses.

Baca Juga : Butuh Dana Cepat Jaminan BPKB

Kalau misalnya kamu sedang melakukan study di luar negeri dan ingin tahu mengenai perkembangan negara sendiri atau hanya sekadar mengabari orang tersayang melalui surat, bayangkan surat tersebut akan sampai berapa lama?

Mengetahui berita luar negeri hanya lewat koran setiap hari harus membelinya demi tidak tertinggal infomasi terbaru.

Cukup mengusahakan bukan? Mau kirim uang ke orangtua harus pergi ke bank dan mengantre panjang, namun semua berubah menjadi lebih praktis.

Kemudahan Serta Tantangan di Era 4.0

cara beradaptasi dengan perubahan teknologi

Kamu sadari atau tidak kemunculan teknologi di kehidupan kita sangat membantu pekerjaan, waktu jauh lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Sempat terlintas dipikiran kalau ingin membeli produk berkualitas bagus tapi harus pergi ke suatu negara tertentu demi untuk mendapatkannya?

Belum tentu semua orang mampu melakukannya karena terkendala biaya yang tak sedikit hanya untuk melakukan transaksi pembelian barang saja!

Mungkin dulu memang dulu kita sulit untuk transaksi namun kini hanya dengan melalui 1 genggaman gadget sudah bisa melakukan transaksi keuangan dan belanja ke seluruh penjuru dunia.

Begitupun saat kamu sedang perlu uang tambahan dan bingung karena tak ada satupun yang bisa membantu baik itu kerabat, tetangga ataupun saudara sendiri.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya tergantung kita mau mengikutinya atau tidak dikarenakan sekarang semua serba praktis mengajukan dana pun tanpa perlu harus mengantre lama dari pagi-pagi buta hanya untuk mengajukan.

Resiko Orang Tidak Mau Beradaptasi dengan Teknologi

Resiko Orang Tidak Mau Beradaptasi dengan Teknologi terkini

  • Ketinggalan Informasi
  • Sulit Menggunakan Aplikasi di Gadget
  • Waktu yang dimiliki Tidak Efisien
  • Ketika Butuh Dana Pinjaman Sulit
  • Pekerjaan di Kantor Menumpuk
  • Transfer Uang Secara Manual

Solusi cerdas untuk menghadapi tantangan di era 4.0 dalam bidang teknologi informasi antara lain :

  • Smart foundation
  • Smart process
  • Smart connectivity

Berikut adalah tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh wirausahawan pemula saat ini :

Kehilangan banyak waktu. Banyak yang berpikir menjadi seorang wirausaha dapat memiliki waktu luang, memang tidak salah tapi tidak juga sepenuhnya benar. Merintis usaha sampai menuju kesuksesan membutuhkan waktu yang lama. Lain ceritanya kalau kamu tinggal melanjutkan usaha keluarga.

Selalu dihantui rasa takut. Rasa takut akan kehilangan banyak (waktu, tenaga, uang) karena merasa minim pengalaman.

Siap terima resiko. Resiko kebangkrutan, ditipu rekan bisnis, supplier yang tidak menjaga amanah, kehilangan barang dan masih banyak lagi resiko lainnya harus 100% kamu terima dengan lapang dada.

Kehilangan penghasilan tetap. Wirausahawan tidak mempunyai pendapatan tetap layaknya pekerjaan kantoran, jadi sebelum benar-benar memutuskan resign dari kantor pikirkan kembali mengenai resiko kehilangan penghasilan tetap serta pikirkan juga untuk mendapatkan tambahan modal bisnis tanpa harus menguras buku tabungan.

Jenuh dan Malas. Perasaan ini muncul ketika anda harus melakukan kegiatan rutin sampai mendapatkan keuntungan. Menciptakan ide kreatif agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Kurang dukungan orang sekitar. Seringkali orang meremehkan impian seseorang menjadi wirausahawan dan lebih menganggap pekerjaan di perusahaan atau PNS lebih berprestige.

Solusi dari permasalahan ini mudah temui teman atau orang terkasih lainnya yang sekiranya mendukung anda penuh.

Keuntungan Hadirnya Teknologi ditengah-tengah Masyarakat

cara menyikapi perkembangan teknologi

Munculnya teknologi dapat mengubah cara kita dalam mengambil sebuah keputusan positif atau negatif.

Menolak beradaptasi bisa diartikan juga dengan menolak perubahan, padahal perubahan tidak selamanya negatif semua tergantung bagaimana kita menghadapinya.

Ternyata menurut kotter and schlesinger terdapat beberapa alasan individu menolak perubahan :

  • Takut kehilangan sesuatu yang berharga
  • Kegagalan memahami perubahan dan dampaknya
  • Merasa perubahan tidak masuk akal
  • Adanya toleransi rendah terhadap perubahan

Orang dapat dikatakan tangguh dalam beradaptasi yaitu ketika individu mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan itu sendiri.

Perbedaan Modernisasi dan Globalisasi

penggunaan teknologi

Setelah melihat poin-poin mengenai resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi ada baiknya kita juga mengetahui perbedaan modernisasi dan globalisasi karena kadang orang masih sulit membedakan.

Modernisasi

Proses transformasi dari keadaan tradisional menuju ke masyarakat lebih maju entah dalam berpikir atau zaman.

Tujuan dari modernisasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh lapisan masyarakat ke arah lebih baik dan dinamis.

Berikut adalah ciri-ciri modernisasi yang dapat dilihat dari 2 aspek dibawah ini :

Sosio Demografi. Perubahan dalam bidang sosio ekonomi serta psikologi manusia. Terjadinya peningkatan urbanisasi, pendapatan / gaji dan penggunaan teknologi.

Organisasi Sosial. Ciri-ciri kedua dalam organisasi sosial adanya perubahan dari segi unsur-unsur serta norma di masyarakat yang terwujud disebabkan hubungan antar warga.

Perubahan tersebut meliputi  norma sosial, pelapisan sosial, interaksi sosial, wewenang, lembaga masyarakat dan kekuasaan.

Lalu untuk dampak positif negatifnya? Tak lupa juga kami akan ulas dampak modernisasi berikut penjelasannya :

Kalau dampak positifnya yaitu semakin seluruh lapisan masyarakat semakin terintegrasi dan terbuka untuk menjadi pribadi lebih baik.

Kemudian kemajuan di bidang IPTEK dan transportasi, kesadaran berpolitik dan penggunaan ponsel pintar untuk melakukan pengajuan dana tunai agar lebih praktis dan efisien.

Sedangkan dampak negatifnya yang kita terima dari modernisasi ini terlihat ada kesenjangan ekonomi dan sosial, pencemaran lingkungan alam dan peningkatan angka kriminalitas.

Globalisasi

Proses masuknya informasi, pemikiran, gaya hidup, teknologi yang mendunia. Faktor yang mempengaruhinya antara lain : 1. Internet; 2. Infrastruktur telekomunikasi dan tranportasi; 3. Pertukaran pelajar. Perubahan globalisasi sifatnya menyeluruh (semua bidang kehidupan dan pekerjaan).

Oleh sebab itu resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi yang paling utama adalah ketertinggalan informasi, sebenarnya tidak hanya informasi saja namun banyak hal.

Dampak positif globalisasi :

  • Perkembangan informasi semakin cepat dan pesat
  • Kemudahan mendapatkan kebutuhan dan keperluan pribadi
  • Pengembangan dari segi ilmu pengetahuan lebih mudah
  • Teknologi informasi semakin pesat
  • Kemudahan berkomunikasi dengan orang luar negeri
  • Transaksi online lebih mudah sekarang tanpa harus menunggu lama
  • Peningkatan hubungan antar negara dari segi ekonomi

Dampak negatif globalisasi :

  • Angka kriminalitas terjadi peningkatan
  • Masuknya paham ideologi yang tidak sesuai
  • Maraknya hoax atau informasi palsu
  • Masyarakat lebih konsumtif
  • Berpikiran tertutup yang merupakan resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi
  • Sebagian masyarakat individualis dan egois
  • Peminat di bidang teknologi lebih tinggi dibandingkan pertanian
  • Timbulnya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin
  • Rasa nasionalisme sedikit mengalami kelunturan

Setelah mengetahui tentang resiko orang tidak mau beradaptasi dengan teknologi serta dampak positif negatif modernisasi dan globalisasi kira-kira apa yang dapat anda simpulkan?

kandeb
WhatsApp Chat Saja