Tips Berkendara Saat Hujan untuk Menghindari Kerusakan Mobil

Tips Berkendara Saat Hujan

Tips Berkendara Saat Hujan. Musim penghujan tiba harap berhati-hati dalam membawa kendaraan mobil atau motor hindarilah wilayah-wilayah rawan banjir.

Banyaknya motor yang menepi di jalan bahkan terowongan dapat meningkatkan kemacetan sehingga waktu anda hanya habis dijalan.

Selain jaga jarak aman ada beberapa lain yang yang tak kalah penting untuk anda perhatikan, seperti cek mesin atau ban.

Mesin atau knalpot akan mengeluarkan asap saat hujan lebat, apa penyebabnya?

Ternyata penyebabnya adalah karena air yang masuk ke dalam sistem exhaust masalah ini biasanya akan cepat hilang. Tindak lanjut akan dilakukan ketika asap tersebut belum hilang juga.

Agar lebih jelasnya simak beberapa penjelasan lain mengenai penyebab asap knalpot mengeluarkan asap putih selain disebabkan air yang masuk. Bila terus didiamkan dapat membuat mobil mengalami kebakaran dan wajib turun mesin.

  • Kebocoran Oli

Permasalah di seal oli menyebabkan oli bocor akibat terlalu memaksakan kendaraan berjalan ditengah hujan lebat atau banjir. Oli tersebut telah tercampur dengan bahan bakar.

  • Pengembunan di Dalam Sistem Pembakaran

Di dalam sistem pembakaran, komposisi yang tepat antara udara dan bahan bakar akan menghasilkan pembakaran. Ketika musim hujan tiba suhu di dalam sistem pembakaran bisa berubah menjadi sangat dingin.

Tips Berkendara Saat Hujan

cara aman berkendara

Cek selalu kendaraan anda dan pastikan kalau kondisinya selalu baik dan prima untuk digunakan selain itu demi untuk mengurangi potensi gangguan akibat kelembapan basah hingga saat menerobos genangan air.

Bagian ban kondisinya optimal (tidak dalam kondisi gundul tekanan sesuai) akan memiliki daya cengkraman yang baik.

Jaga jarak aman dan jaga emosi karena kemacetan bisa memperburuk emosi pengendara apalagi kalau sudah klakson-klakson sehingga bisa menghilangkan fokus.

Untuk lebih memahami lagi mengenai tips berkendara saat hujan dan demi meminimalisir resiko kecelakaan silahkan simak poin-poin tambahan berikut :

  • Lampu Kendaraan Semuanya Normal

Gunakan bohlam standar baik itu untuk lampu senja, lampu kabut (jika ada) dan lampu tanda belok/sein. Ketika hujan deras selalu nyalakan lampu sebagai tanda keberadaan kendaraan anda ditengah pengendara lain.

Baca Juga : Dana Darurat, Sudahkah Anda Mempersiapkannya? (WAJIB BACA)

Kapan waktu yang tepat untuk menyalakan lampu hazard? Jawabannya adalah saat ingin berhenti dalam keadaan darurat.

  • Pastikan Sistem Kontrol Kendaraan Baik

Pedal gas, rem, sistem kemudi, maupun kopling semuanya berfungsi dengan baik. Ketika musim hujan perlu dilakukan perawatan ekstra kendaraan anda untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan diri sendiri maupun oranglain yang dapat menyebabkan kecelakaan. Mau tahu cara mengajukan santunan online ke Jasa Raharja? Selengkapnya Disini!

  • Kurangi Kecepatan

Mengurangi kecepatan di kala hujan dapat mengurangi kendaraan tergelincir karena air hujan bercampur dengan oli. Pasang sabuk pengaman dengan kencang dan posisikan duduk senyaman mungkin.

  • Perhatikan Putaran Mesin

tips aman berkendara mobil

Posisi jalan menanjak? Jangan menekan pedal terlalu dalam untuk memelihara traksi roda tetap optimal. Mobil anda menggunakan bensin? Jaga putaran sekitar 2500 rpm dan 1800 rpm khusus diesel tujuannya untuk apa? Agar ban tidak slip.

  • Jangan Menerobos Genangan Air Secara Paksa

Sesuatu yang terlal dipaksakan akan berujung kepada hal tidak baik bahkan sangat berisiko, coba anda bayangkan kalau anda terjebak ditengah-tengah banjir saat itu kondisi anda sedang berkendara sendiri bagaimana solusinya?

Jadi sebisa mungkin ikuti aturan yang telah diinfokan oleh warga sekitar atau dishub, bila diharuskan memutar walaupun jaraknya jauh akan lebih baik ya walaupun sama-sama menghabiskan waktu tapi setidaknya aman.

Air genangan banjir yang masuk kedalam knalpot akan terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara dan seketika mesin mobil akan mati (efek water hammer). Asuransi mobil? Tidak semua bisa menjamin kerusakan tersebut.

  • Rencanakan Rute Perjalanan

Poin terakhir dari tips berkendara saat hujan yaitu mengenai rute perjalanan. Sudah tahu kira-kira rute apa saja yang rawan banjir? Ambillah jalan pintas untuk menuju ketempat yang anda inginkan.

Manfaatkan smartphone untuk update berita terkini mengenai cuaca dan wilayah rawan banjir dengan begitu persiapan akan lebih matang.

Kenapa Musim Hujan Mengapa Banyak Sekali Kecelakaan?

bahaya musim hujan

Jalanan rusak bisa memicu kecelakaan, jangankan saat musim hujan ketika musim panas tiba saja bisa menyebabkan kecelakaan.

Tetapi tindakan pemerintah atau warga sekitar sangat minim, apakah harus ada korban-korban lainnya baru mereka berpikir untuk memperbaiki jalan?

Patut dipertanyakan juga bahan atau material yang digunakan untuk mengaspla jalan karena ini menyangkut nyawa tidak hanya satu atau dua orang.

Cuaca pun sulit ditebak kadang hujan kadan panas, perbaikan jalan secara maksimal bisa meminimalisir angka kecelakaan ketika musim penghujan tiba.

Pasti anda pernah kan menemukan korban kecelakaan atau driver gojek yang terlalu memaksa menembus banjir tanpa disadari pengendara dan motornya harus terperosok di kubangan.

Jalan bebas hambatan atau tol merupakan akses untuk memperlancar para pengemudi mobil untuk segera sampai ke tempat tujuan.

Disini kami akan menjelaskan hubungan jalan bebas hambatan saat musim hujan terhadap kecelakaan tunggal atau beruntun, sepinya jalanan membuat pengendara terkadang gegabah untuk mengebut padahal kondisi saat itu jalanan sangat licin.

Terapkan tips berkendara saat hujan yang sudah dibahas diatas bukan hanya dibaca saja karena nyawa anda begitu berharga.

Solusi Merawat Mobil Saat Hujan agar Lebih Awet

nyetir mobil saat hujan malam hari

Berikut adalah solusinya kendaraan tetap awet walaupun sedang musim hujan :

  • Rutin Mencuci

Bagi sebagian orang mencuci mobil tapi ujung-ujungnya terkena air hujan adalah pekerjaan sia-sia, padahal air hujan itu bisa membuat mobil berkarat loh.

Air hujan mengandung garam mampu merusak cat mobil. Kerak sampai kotoran sisa hujan yang menempel di bodi mobil juga akan menumpuk. Semakin ditunda untuk di cuci makan akan memperparah dan sulit dihilangkan. Jadi mobil harus sering di cuci minimal seminggu 2 kali.

  • Poles

Proses poles cat menghilangkan noda dan kotoran membandel dari lapisan permukaan cat mobil, kemudian meningkatkan kilat serta memberikan perlindungan terhadap cat dari efek buruk lingkungan sekitar.

Poles cat mobil akan mengalami kesulitan bila bodi mobil sudah tekontaminasi debu dan noda membandel.

  • Efek Daun Talas

Area krusial di mobil dalam hal pengelihatan adalah kaca mobil, bila air terlalu lama tersapu oleh wiper maka maka pandangan akan mengalami gangguan.

Perawatan wiper dengan menggantinya setiap 6 bulan sampai 12 bulan sekali atau menggunakan produk rain reppelent.

Efek yang diberikan rain reppelent yaitu kaca mobil bebas dari jamur, air hujan yang jatuh ke permukaan kaca lebih mudah dibersihkan dan terakhir dapat meluncur dengan sendirinya sehingga disebut dengan efek daun talas.

  • Wiper and Washer

Karet wiper bertahan paling lama sekitar 6 bulan, seringlah mengecek karetnya apakah masih berfungsi secara maksimal atau tidak.

Karet yang sudah menipis dan getas langsung diganti saja agar tidak mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengendara. Biasakan menyemprot air dulu dengan washer sebelum menyapu kaca dengan wiper.

  • Pengecekkan Kaki-Kaki

Sisa kotoran pada bagian kaki kaki mobil sebisa mungkin harus anda bersihkan segera agar tidak menimbulkan kerusakan.

kandeb
WhatsApp Chat Saja