Tips Memilih Lokasi Rumah Tinggal agar Terhindar dari Banjir

tips memilih lokasi tempat tinggal

Tips Memilih Lokasi Rumah Tinggal. Musibah banjir akhir-akhir merugikan banyak pihak akses jalan pun terputus membuat sebagian orang harus mencari jalan lain yang cukup jauh.

Korban banjir itu sendiri mengalami kerugian secara material sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Banyak mobil mewah rusak dan harus segera di servis kembali kalau dihitung-hitung perbaikan sampai puluhan juta.

Mau dijual pun harga pasti akan turun kalau diperbaiki jumlah uang yang dikeluarkan lumayan besar.

Tidak memperhatikannya kondisi lingkungan sekitar dan kurang informasi membuat pemilik rumah harus merasakan kesengsaraan dalam jangka waktu cukup lama.

Hanya melihat satu aspek yaitu harga murah bukan menjadi patokan utama saja tapi lingkungan juga semestinya tak luput dari pengecekkan.

Situasi amankah? Sering terjadi banjir? Pernah terjadi kasus pencurian atau kasus kriminal lainnya? Lakukan langkah preventif .

Apabila sudah terlanjur membeli tempat tinggal daerah rawan banjir dibutuhkan biaya renovasi rumah (untuk meninggikan bangunan).

Kriteria Rumah Sehat dan Tips Memilih Lokasi Rumah Tinggal (Bebas Banjir)

cara memilih tempat tinggal

Berikut adalah beberapa kriteria rumah sehat yang harus terpenuhi, cari tahu kira-kira rumah anda termasuk ke dalam kriteria rumah sehat atau belum.

Ventilasi Udara

Kriteria pertama adalah ventilasi udara yang cukup agar pertukaran sirkulasi udara baik dan segar, pertukaran udara teratur membuat kelembapan rumah lebih terjaga.

Agar pertukaran udara maksimal buatlah sistem ventilasi silang atau cross, kondisi rumah ternyata tidak memungkinkan buatl ventilasi lewat lubang-lubang angin. Kurangi penggunaan kipas angin sebab dapat mengakibatkan flek pada paru-paru.

Pencahayaan

Kriteria kedua yaitu pencahayaan, kurang masuknya cahaya matahari ke dalam rumah berisiko rawan bibit penyakit.

Letak rumah tidak memungkinkan untuk cahaya matahari masuk? Akali melalui genteng kaca, jangan telralu berlebihan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan sebab membuat penghuni rumah kegerahan dan sakit mata.

Lantai

Pemilihan material lantai tak kalah penting harus disesuaikan dengan masing-masing ruangan agar penghuni rumah tidak terpeleset.

Berikut adalah beberapa langkah pemilihan material lantai sesuai ruangan :

  • Ruang Tamu. Tonjolkan sisi dekoratifnya ubin yang cocok dipasang untuk ruangan tersebut adalah ubin bermotif di tepi.
  • Ruang Tidur. Pilih ubin ruang makan yang tidak terkesan sempit, pasang ubin warna pucat dan lembut.
  • Dapur. Tempat yang paling kotor dirumah, sisa masakan dan makanan berceceran di area lantai dan membuat lantai super licin sehingga anak-anak harus menjauhi area tersebut. Memilih ubin ukuran sedang 30×30 agar terkesan dapur luas.

Atap atau Langit-Langit

Genteng tanah liat sangat cocok untuk rumah di daerah tropis sebab dipercaya mampu menyerap panas matahari.

Jangan menggunakan asbes atau seng rumah dengan bahan tersebut dapat membuat suasana ruangan gerah an panas.

Pembuangan Limbah

Posisi septic tank atau pembuangan limbah lainnya harus jauh dari pompa air  agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Baca Juga : Pembiayaan Agunan Apartemen Mudah dan Tanpa Ribet

Kriteria rumah sehat harus memiliki tempat pembuangan sampah tertutup agar tidak mencemari lingkungan cara terbaiknya adalah membuat 2 tempat sampah berbeda organik dan anorganik.

Polusi dan Kontaminasi

Tips memilih lokasi rumah tinggal yang baik adalah jauh dari pabrik agar udara sekitar tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya yang membahayakan tubuh anggota keluarga.

Air Bersih

Kebutuhan akan air bersih untuk penghuni rumah adalah wajib hukumnya karena penggunaan air bersih juga untuk memasak, minum dan mencuci.

Jika air keruh, hitam, coklat dan berbau makan harus segera diatasi. Caranya? Membeli penyaringan air yang tersedia di toko online.

Bagaimana Tips Memilih Lokasi Rumah Tinggal Idaman?

lokasi rumah yang nyaman

Dibutuhkan komunikasi antar pasangan dan anak-anak agar sama-sama nyaman, lokasi rumah yang rawan banjir selain membuat harga rumah turun ketika dijual dan merugikan banyak pihak, anak-anak mudah terkena penyakit kulit.

Wajib pertimbangkan hal-hal berikut sebelum memilih lokasi rumah :

Tukar Pikiran

Obrolkan dengan anggota keluarga lain seperti anak dan istri kira-kira mereka membutuhkan lokasi tempat tinggal yang bagaimana?

Misal suami pasti memilih area  yang dekat dengan kantor agar tidak terlalu lama dijalan, istri ingin lokasi dekat area pasar atau pusat perbelanjaan.

Dengan potongan-potongan informasi tersebut anda dapat mencari memilih tempat tinggal yang tepat.

Keamanan

Bertanya kepada tetangga-tetangga sekitar mengenai keamanan di lingkungan, kira-kira sering terjadi masalah kriminal atau tidak.

Tidak Rawan Bencana

Pilih rumah jauh dari bencana, bencana tanah longsor, gempa dan banjir dapat merugikan secara materil dan immateril. Rasa trauma yang sulit dihilangkan karena takut sewaktu-waktu kembali terjadi.

Rumah tinggal yang sering terjadi bencana tidak akan laku terjual ataupun digadai sehingga standar harga jual harus diturunkan secara drastis.

Strategis

Dekat area perkantoran, mall, pusat berlanja, dekat kampus / sekolah anak serta dekat transportasi umum merpakan impian semua orang.

Keterjangkauan merupakan daya tarik yang memikat para calon pembeli rumah tinggal dan pastinya budget yang harus disiapkan tidak sedikit mengingat lokasi sangat strategis untuk kemana-mana.

Semakin strategis suatu lokasi maka harga jual dan beli mempengaruhi pula, properti pun setiap tahun selalu mengalami peningkatan.

Fasilitas Air, Sinyal, Listrik Bagus

Selanjutnya fasilitas air, sinyal dan listrik. Listrik sering padam atau tidak? Air Jernih atau keruh? Sinyal provider anda lancar?

Drainase

Tips memilih lokasi rumah tinggal selanjutnya adalah sistem drainase, komponen penting untuk membangun infrastruktur sehingga lebih nyaman, sehat dan bersih.

Harga

Harga merupakan aspek pertama yang biasa calon pembeli lihat baru suasana atau lingkungan padahal harga murah belum tentu menjamin lingkungan aman dari banjir.

Udara Segar

Banyak developer yang menawarkan perumahan berkonsep alam, suasana taman asri dikelilingi pepohonan hijau membuat penghuni komplek merasa nyaman.

Sudah Terlanjur Membeli Rumah Langganan Banjir? Coba Lakukan ini!

tips memilih rumah menurut feng shui

Pertama, naikkan ruang tamu. Penghuni rumah harus mengetahui berapa ketinggian air yang masuk ke dalam rumah dan mereka harus hapal ruangan mana saja yang pal,ing rentan terkena air banjir paling banyak.

Kedua, meninggikan permukaan teras. Sebelum ke area ruang tamu, pastikan teras sudah ditinggikan terlebih dahulu kurang lebih 50cm.

Ketiga, gunakan perabotan minimalis. Cenderung ringan dan simple apalagi kalau multifungsi jadi tidak membutuhkan tenaga yang terlalu besar tentunya. Karena jika perbotan terlalu banyak dan besar sangat merepotkan ketika harus dipindahkan.

Biasanya orang yang menerapkan gaya minimalism sudah terbiasa menggunakan perabotan “apa adanya”.

Solusi Mengakali Rumah Ukuran Kecil

tips memilih lokasi kavling perumahan

Lingkungan sudah oke dari segala aspek tetapi bingung cara untuk mendekorasi rumah ukuran kecil agar terlihat lebih luas.

Gunakan aspek psikologis gantunglah cermin bundar atau cermin tinggi agar ruangan terlihat luas, pilih cat berwarna putih bersih.

Jangan membeli furniture berukuran besar, lebih baik memilih furniture ukuran sedang atau kecil namun multifungsi tak memakan banyak tempat sehingga menimbulkan kesan penuh dan sesak.

Setelah membaca tips memilih lokasi rumah tinggal sudah dapat rumah impian anda dan keluarga?

kandeb
WhatsApp Chat Saja