Tips untuk Anak Rantau agar Sukses di Kota Orang!

Tips untuk anak rantau

Tips untuk Anak Rantau. Menjalani hidup di kota orang tanpa ada sanak saudara yang dikenal untuk sebagian orang memberatkan. Apalagi anda baru pertama kali dan belum terlalu mengenal daerahnya.

Sebelum memutuskan untuk merantau ke suatu daerah tentukan tujuan anda apa? Karena pendidikan, mutasi pekerjaan atau ingin mencoba peruntungan terlebih dahulu siapa tahu di daerah tersebut dapat mengubah nasib.

Tingginya angka pengangguran, kriminal dan kemiskinan salah satunya dikarenakan banyaknya perantau yang belum punya tujuan pasti. Semakin padatnya suatu daerah membuat lahan perumahan kumuh bertambah.

Persaingan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan tidak selalu sebanding dengan kemampuan, lapangan pekerjaan atau gaji yang diterima calon pekerja.

Pentingnya mengasah kemampuan sedini mungkin agar perusahaan mempertimbangkan CV anda.

Tips untuk Anak Rantau

cara merantau agar sukses

Pertimbangkan matang-matang ketika hendak pindah ke kota lain dan menetap disana apalagi yang tidak mempunyai kenalan sama sekali. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan beberapa tips bermanfaat berikut :

Perbanyak Informasi

Sebelumnya pastikan informasi yang dimiliki lengkap mulai dari akses transportasi, wilayah kos strategis dan perhatikan tingkat keamanan di kota tersebut hitung-hitung untuk membuat budget pribadi agar tidak over.

Lakukan survey lokasi ajaklah teman atau keluarga agar mereka juga tahu tempat anda akan tinggal selama berada di daerah itu.

Cari Tempat Tinggal Dekat Kampus atau Kantor

Tempat tinggal yang dekat dengan kampus dan kantor akan lebih menghemat ongkos dan menghindari kemacetan agar anda juga tidak pusing setiap hari.

Sudah pekerjaan dari atasan selalu deadline ditambah lagi harus berdesak-desakan ketika pulang inilah penyebab tingkat stress seakin meningkat setiap tahunnya.

Membuat Tabel Pengeluaran

Berapa jumlah pengeluaran belanja setiap bulan tak luput juga untuk mencatat pengeluaran kecil lainnya.

Kadang pengeluaran receh bisa membuat dompet anda tipis apalagi setiap merchant toko online atau offline selalu memberikan penawaran diskon dan cashback besar jadi membuat anda tidak sadar berapa jumlah uang yang dikeluarkan selain itu pembayaran cashless sangat di sukai sekarang ini.

Baca Juga : Keuntungan Bekerja di Rumah Ketika Krisis Melanda!

Jangan Terlalu Banyak Nongkrong

Tips untuk anak rantau selanjutnya ialah jangan terlalu banyak nongkrong. Setiap daerah pasti mempunyai daya tarik masing-masing salah satunya adalah tempat nongkrong untuk melepas kepenatan ditengah kesibukan kantor.

Karena posisi anda merantau anda harus memikirkan juga biaya-biaya darurat dan tak terduga agar pencatatan keuangan tidak berantakan.

Sesekali bolehlah menghabiskan waktu ditempat mahal tapi sebelumnya siapkan budget maksimal agar tidak kebablasan.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Tidak salahnya mencari pekerjaan sampingan di hari sabtu atau minggu apalagi banyak juga yang menawarkan jasa atau produk secara online tanpa harus stok barang.

Siapa uang tersebut bisa untuk membayar uang kosan atau ditransfer ke orangtua, asal konsisten mungkin pekerjaan sampingan ini suatu saat dapat menjadi pekerjaan utama.

Tujuan Mengapa Orang Merantau

tips betah merantau

Setelah mengetahui beberapa tips untuk anak rantau sekarang lanjut membahas mengenai tujuan mengapa orang merantau.

Selain karena pendidikan dan mencoba peruntungan, mungkin beberapa penjelasan dibawah ini dapat memberikan informasi tambahan mengenai alasan banyak orang tertarik merantau :

Agar Menjadi Pribadi Mandiri

Jauh dari orangtua akan melatih anda bersikap mandiri mulai dari masak, mencuci, belanja dan melakukan kegiatan lainnya.

Lebih Bertanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Mungkin dulu rasa tanggung jawab anda masih kurang, namun karena kondisi yang mengharuskan anda merantau demi membantu ekonomi keluarga membuat anda bertanggungjawab tidak hanya pada diri sendiri melainkan orang lain (orangtua).

Memperbanyak Relasi

Banyak manfaat yang didapatkan kalau kita mempunyai banyak relasi jadi informasi apapun mudah untuk diterima. Jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan, anda bisa menghubungi mereka dengan mudah.

Tahu Bagaimana agar Bisa Survive

Tahu cara bertahan hidup di kota orang dengan berbagai perbedaan kita harus bisa menyesuaikan diri.

Anda akan Mempunyai Rasa Penasaran Tinggi

Rasa penasaran seperti apa yang dimaksud? Bisa mungkin kebiasaan orang di wilayah tersebut dan kebudayaan sehingga membuat anda ingin menggali informasi lebih dalam.

Dapat Melihat Suatu Hal dar Beberapa Sisi

Beragamnya kebudayaan dan bahasa membuat kita untuk melihat berbagai hal dari berbagai sudut pandang alhasil anda menjadi seseorang yang berpikiran terbuka dan bijak. Orang pun juga akan merasa senang untuk berinterakasi dan mengungkapkan pandangannya.

Berani Mengambil Resiko

Terbentuknya karakter berani mengambil resiko dibandingkan teman-teman anda yang masih terus mempertimbangkan sehingga anda selangkah lebih maju.

Mempunyai Kemampuan Manajemen yang Baik

Manajemen waktu, diri dan keuangan menjadi baik dan teratur dibandingkan sebelumnya. Ketika butuh dana cepat pun penggunaannya lebih efesien sebab sudah tahu untuk apa uang tersebut digunakan.

Keuntungan dan Kerugian dari Banyaknya Pendatang Baru

tantangan anak rantau

Pembahasan diatas dari sudut pandang para perantau bagaimana kalau kita bahas dari sisi warga atau masyarakat sekitar?

Kira-kira apa saja keuntungan dan kerugian dari banyaknya pendatang baru di wilayahnya?

Keuntungan

  • Membuat usaha UKM masyarakat sekitar ramai pengunjung
  • Orang sekitar jadi mengenal budaya anda lebih baik

Kerugian

  • Semakin banyaknya pengangguran
  • Angka kriminalitas tinggi
  • Angka kemiskinan bertambah

Pernah Mengalami Home Sick?

usaha untuk anak rantau

Baru hitungan hari tapi serasa sudah setahun anda mulai rindu rumah ini dinamakan dengan home sick. Jika hubungan anda dengan keluarga terbilang hangat tidak heran anda mengalami kondisi tersebut berkepanjangan.

Siapapun pasti pernah mengalami kangen rumah, bercanda dengan mereka, makan malam bersama serta melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Lalu apa saja penyebab home sick?

  • Tinggal di kota orang sudah terlalu lama
  • Tempat tinggal sekarang ternyata kurang menyenangkan
  • Putus cinta
  • Orang sekitar kurang bersahabat
  • Dompet tipis

Akibat Home Sick

  • Stres bahkan depresi apabila tidak segera diatasi
  • Menangis terus menerus
  • Susah tidur karena merasa kangen
  • Selera makan hilang
  • Demam parah

Cara Mengatasi Home Sick

Berikut ini cara untuk mengatasi home sick ketika melanda :

Melibatkan diri dalam kegiatan positif

Perasaan sedih dapat secara tiba-tiba datang ketika anda tidak melakukan apa-apa, maka dari itu lakukan kegiatan positif untuk menyibukkan diri.

Buat jadwal rutin

Setelah pulang dari kantor aktivitas apa lagi yang akan anda lakukan? Buatlah jadwal rutin dan lakukan konsisten, hitung-hitung melatih diri mengatur diri dan waktu.

Bicaralah dengan seseorang

Curhat kepada seseorang yang dipercaya dianggap ampuh untuk mengurangi perasaan “kangen rumah” dan juga anda tidak akan merasa sendirian karena ada teman cerita.

Coba cari tahu kesulitan apa yang membuat anda home sick

Kesulitan dari segi bahasa atau mengikuti kebudayaan masyarakat sekitar? Coba cari tahu agar bisa mendapatkan solusinya sehingga perasaan janggal cepat teratasi.

Hubungi keluarga via telepon atau media social

Setiap malam hubungi orang-orang terkasih untuk mengobati rasa rindu, belilah tiket kereta atau pesawat ketika mengambil cuti kantor.

Itulah beberapa tips untuk anak rantau serta cara mengatasi home sick, butuh dana cepat untuk tambahan dana belit tiket pesawat? Hubungi saja kami !

kandeb
WhatsApp Chat Saja