Tujuan Manajemen Bisnis, Fungsi Serta Komponen-Komponennya!

tujuan manajemen bisnis

Tujuan manajemen bisnis adalah agar perusahaan mencapai target dimulai dari proses evaluasi, inovasi, sumber daya manusia, uang, bahan, metode dan pasar.

Dalam dunia bisnis, organisasi ataupun perusahaan tak jauh dari berbagai macam permasalahan di dalamnya. Apabila terus didiamkan tanpa adanya jalan keluar maka dapat menghancurkan perusahaan, bisnis dan organisasi yang sedang dijalankan.

Manajemen bukanlah kata-kata baru yang pernah kita baca atau dengar karena sehari-harinya pasti kita pernah mendegarnya bukan? Baik itu ketika duduk di bangku SMP, SMA atau Perguruan Tinggi.

Manajemen adalah proses untuk mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh suatu organisasi atau sekelompok orang demi mencapai tujuan/goal tertentu.

Apa Itu Manajemen?

teori manajemen bisnis

Orang yang mengatur manajemen dalam dunia bisnis atau perusahaan biasa kita sebut dengan manajer.

Disini kami akan menjelaskan pengertian tentang manajemen menurut para ahli antara lain :

Mary Parker Follet 

Menurut Mary manajemen merupakan seni, setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan orang lain. Maksudnya adalah bahwa tugas seorang manajer mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai sebuah tujuan dalam berorganisasi.

George R. Terry

Suatu proses dari tindakan-tindakan 1. Perencanaan; 2. Pengorganisasian; 3. Penggerakan; 4. Pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan SDM. Manajemen merupakan ilmu pengetahuan sehingga dapat dibuktikan kebenarannya.

Henry Fayol

Manajemen merupakan ilmu yang mengandung beberapa gagasan. Lima fungsi utamanya yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

Eiji Ogawa

Menurut Eiji Ogawa manajemen merupakan perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian dari berbagai kegiatan di perusahaan atau organisasi dengan menetapkan sasaran yang disempurnakan sesuai kondisi saat itu jadi sifatnya fleksibel.

Manullang

Manajemen ialah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengawasan terhadap SDM untuk mencapai goals.

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

fungsi manajemen

Berikut adalah beberapa fungsi manajemen dalam sebuah bisnis, organisasi ataupun perusahaan :

Planning (Perencanaan)

Tindakan tanpa perencanaan bisa berujung kegagalan, bangkrut atau gulung tikar untuk itu tahap pertama ini sangat penting, sebelum menetapkan tujuan pastikan perencanaan tersebut sudah matang untuk direalisasikan tepat sasaran.

Peran manajer disini adalah pencari alternatif agar tujuan akhir yang mencakup rencana jangka pendek, menengah dan panjang sesuai.

Organizing (Pengorganisasian)

Kedua adalah pengorganisasian, fungsi manajemen ini untuk membagi kegiatan besar kemudian dijadikan sejumlah kegiatan kecil.

Agar proses pengorganisasian lancar tentukan apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengerjakan dan siapa yang harus mengerjakan.

Pengorganisasian ini bertujuan untuk memudahkan manajer dalam melakukan pengawasan agar lebih efektif, kemudahan dan keefisienan dalam menentukan sumber daya. Bila pada tahapan ini berjalan baik, tujuan bisnis akan lebih terstruktur.

Staffing (Penempatan)

Poin berikutnya adalah staffing sumber daya berfungsi seperti perlengkapan, peralatan dan inventaris lebih diutamakan.

Directing (Pengarahan)

Mengupayakan agar orang, karyawan atau kelompok yang ikut serta dalam bisnis mampu mencapai suatu target.

Jika terjadi masalah manajer harus segera memberikan pengarahan supaya bisnis, perusahaan atau organisasi berjalan lancar. Permasalahan sekecil apapun tidak bisa terhindari dan bisa datang kapan saja.

Baca Juga : Bisnis Kuliner Kekinian Dijamin Laku dan Menguntungkan

Controlling (Pengawasan)

Setelah perencanaan dan tindakan (eksekusi) dilakukan sampailah kita kepada tahapan pengawasan untuk mengevaluasi kinerja.

Manajer wajib mengawasi serta memastikan bahwa seluruh kegiatan sesuai rencana awal. Pengawasan pada poin terakhir ini berguna ketika terjadi penyimpangan dan kesalahan dalam menjalankan tugas agar segera dikoreksi.

Hal yang harus menjadi perhatian saat melakukan pengawasan yaitu : 1). Routing (jalur); 2). Schedulling (penetapan waktu); 3). Dispatching (perintah pelaksana); 4). Follow Up (tindak lanjut).

Tujuan Manajemen Bisnis

konsep bisnis dan manajemen

Setelah menjelaskan fusngi manajemen dalam bisnis secara umum, sekarang kita akan membahas tujuan manajemen bisnis.

Setiap perencanaan pasti ada sebuah goal atau tujuan yang mau dicapai antara lain sebagai berikut :

Evaluasi

Mengevaluasi strategi dan kinerja secara efektif bertujuan untuk mengkaji ulang penyimpangan, kesalahan atau kekeliruan yang terjad supaya tidak terulang kembali ke depannya.

Berinovasi

Kalau tidak mampu berinovasi semua bisnis, organisasi atau perusahaan akan mengalami kemunduran.

Lihat pesaing anda sudah sampai mana mereka mencapai kesuksesan perhatikan juga inovasi apa yang mereka lakukan agar bisnis tetap berkembang dan bertahan selama bertahun-tahun.

Manusia

Manusia merupakan sumber daya terpenting dalam manajemen bisnis, tanpa SDM (sumber daya manusia) perusahaan tidak akan mampu menentukan rencana dan tujuan secara efektif.

Uang

Uang dijadikan sebagai alat serta tolak ukur keberhasilan mencapai sesuatu, tanpa adanya uang operasional kurang berjalan maksimal apalagi perputaran modal pun tidak terjadi.

Bahan

Bahan disini terdiri dari bahan setengah jadi atau bahan jadi, tanpa adanya bahan maka suatu bisnis akan susah beroperasi karena tidak menghasilkan produk untuk dijual.

Metode

Metode, teknik atau cara merupakan alat untuk mencapai tujuan bisnis karena setiap perusahaan mempunyai metode yang berbeda-beda.

Pasar

Tujuan manajemen bisnis terakhir adalah Pasar, pasar disini kita anggap sebagai target atau sasaran perusahaan untuk memperjualkan produk atau jasa. Apakah sudah cukup menjawab kebutuhan masyarakat?

Mau sebagus apapun produk dan teknik pemasarannya kalau pasar yang dituju kurang pas hanya membuang-buang uang serta tenaga.

Jenis – Jenis Manajemen

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen SDM
  3. Manajemen Operasional
  4. Manajemen Pemasaran

Komponen Menyusun Manajemen Bisnis

Komponen Menyusun Manajemen Bisnis

Mari kita bahas komponen menyusun manajemen bisnis, berikut penjelasannya :

Deskripsi Bisnis Jelas

Menjelaskan secara singkat bergerak dalam bidang apa bisnis yang anda jalankan, paparkan juga potensi dan kemungkinan untuk bertahan ditengah persaingan ketat di masa depan.

Harapan dari pemaparan deskripsi bisnis ini yaitu supaya semua orang yang terlibat mengetahui mengenai potensi bisnis.

Bisnis yang hanya ikut-ikutan estimasi akan bertahan paling lama sekitar 1 tahun sisanya kalau tidak collapse ya bangkrut.

Analisis Kompetitor

Perlu analisis mendalam demi mengetahui “celah” mereka, celah tersebut yaitu kekuatan dan kelemahan bisnisnya. Dari situlah kita bisa membuat sebuah inovasi yang menjadi daya tarik utama menarik konsumen.

Memiliki Strategi Pemasaran

Besar potensi keberhasilan suatu bisnis kalau mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Biaya, promosi produk, tempat, target promosi, hingga media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran pengeluaran dan pemasukan dengan rinci agar mudah pemantauan.

Laporan Keuangan

Pelajari laporan keuangan, membuat laporan keuangan tidak selalu rumit dan kompleks. Buatlah secara sederhana yang penting sudah mencakup semuanya.

Terapkan sifat transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan perusahaan selalu berkembang ke arah lebih baik.

Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Produk berkualitas dan pelayanan maksimal merupakan 2 komponen yang membuat calon konsumen puas.

Jangan pernah menurunkan standar produk dan pelayanan kalau sudah mendapatkan banyak pelanggan loyal.

Tak menutup kemungkinan kalau ada bisnis yang cepat gulung tikar sebab terjadi penurunan kualitas.

Pengembangan bisnis memerlukan modal usaha tak sedikit agar operasional lancar tanpa kendala, butuh modal bisnis maksimal?  Hubungi tim kami segera!

kandeb
WhatsApp Chat Saja