Usaha Tanpa Modal yang Cocok Buat Pemula

usaha tanpa modal

Sebagai pemula, memiliki usaha tanpa modal bukan lah mimpi. Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan.

Dalam artikel ini akan dibahas 10 jenis usaha yang cocok untuk pemula tanpa modal sama sekali. Selain bisa sambil belajar, sekalian menuai untung. Kalau pun akhirnya berhenti di tengah jalan, tidak akan menimbulkan kerugian juga.

Pada dasarnya kesepuluh jenis usaha tanpa modal di bawah ini memanfaatkan internet. Lewat dunia maya, usaha bisa lebih berkembang dan cepat diketahui banyak orang. Tapi apakah benar 100% tanpa modal? Nanti akan kita bahas sedikit ya.

Tak hanya itu, usaha-usaha ini pun sifatnya fleksibel, artinya tidak perlu datang ke kantor dan bisa dikerjakan kapan saja. Berikut beberapa usaha yang bisa mulai dicoba:

Jenis Usaha Tanpa Modal

join usaha tanpa modal

  1. Jadi Dropshipper

Jenis usaha ini sudah mulai tren, khususnya dikalangan wanita. Biasanya yang dijadikan usaha adalah fashion item.

Bisa baju, kerudung, tas, dan sebagainya. Sistem usaha dropshipper adalah mempromosikan bisnis orang lain seolah-olah usaha sendiri.

Pada saat ada orang yang tertarik membeli, maka tinggal meminta supplier untuk mengirim barang kepada pembeli tersebut.

Untungnya jadi dropshipper adalah barang dikirim tidak menggunakan nama supplier. Dengan begitu, pembeli hanya mengetahui barang dikirim langsung oleh penjual.

Usaha ini tidak membutuhkan modal karena tidak perlu menyetok barang dagangan. Tak perlu khawatir rugi stok barang tidak laku.

Faktanya dropshipper ini sebenarnya membutuhkan modal, loh kok bisa? tapi kan saya tidak perlu stok barang secara fisik. Memang benar, tapi modal disini tidak selalu membahas uang saja.

Keterampilan pun bisa dibilang modal usaha, paket internet juga merupakan penujang kita untuk memulai usaha karena anda harus upload ke social media atau marketplace. Jadi kalau dibilang tanpa modal ya tidak 100% tepat.

  1. Open PO (Pre-Order)

Masih di bidang dagang, usaha tanpa modal selanjutnya adalah berjualan dengan sistem pre-order (PO).

Pembeli diminta untuk bayar di muka, biasanya 50% – 75% dari barang yang dipesannya. Mereka memilih barang, warna, dan model melalui gambar yang disediakan. Baru lah setelah itu barangnya diproduksi.

Usaha ini benar-benar Rp 0,- karena barang baru dibuat setelah adanya uang muka (uang DP). Adapun setelah barang jadi biaya pengiriman dibebankan kepada si pembeli.

Dengan demikian, tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun untuk menjual barang yang pre-order. Hanya butuh promosi yang gencar dan menarik supaya orang-orang mau memesan barang yang belum ada.

  1. Buka Jasa Titip (Jastip)

inspirasi usaha tanpa modal

Punya hobi belanja? Jadikan sekarang hobi ini untuk menghasilkan uang. Ada jenis usaha tanpa modal namanya jasa titip atau lebih akrab dengan sebutan jastip.

Mayoritas usaha ini dilakukan oleh perempuan karena barang-barang yang dibelinya seputar fashion, kosmetik, atau barang-barang ibu dan anak.

Baca Juga : Kredit BPR Jaminan Sertifikat untuk Modal Usaha? Ajukan Disini!

Prinsip usaha jastip adalah membelikan barang yang dipesan oleh seseorang. Usaha ini cukup kencang kalau sedang ada diskon di suatu tempat.

Para peminat akan dikumpulkan daftar titipannya kemudian dibelikan sekaligus saat itu juga. Mereka diminta untuk mengirimkan uang senilai barang titipannya, ditambah dengan ongkos kirim dan jasa titipan. Menguntungkan, bukan?

  1. Jual Barang Pre-Loved

Menjual barang bekas pakai juga sekarang sedang tren. Tapi ingat, tetap harus mengedepankan kualitas. Perlu diseleksi dulu mana barang-barang yang masih layak pakai dan dijual.

Tidak perlu modal karena yang perlu dilakukan hanya  lah menyediakan lapak. Barang tetap disimpan oleh si pemilik sampai ada yang tertarik untuk membeli.

Di sini kemampuan persuasif sangat diutamakan. Harus mampu “membujuk” calon pembeli untuk mau beli barang bekas. Buat mereka merasa tidak rugi dan menyesal membeli barang bekas ini.

  1. Penulis Konten (Content Writer)

bisnis tanpa modal di hp

Ada hobi lainnya yang bisa menghasilkan uang, yaitu menulis. Saat ini ada banyak situs freelance menulis, baik di Indonesia atau ranahnya internasional.

Bisa daftar menjadi salah satu freelancer di dalamnya. Setelah diterima, biasanya akan dibagi project menulis sesuai dengan pesanan klien saat itu. Jenis-jenis tulisannya pun bermacam-macam, ada artikel blog, company profile, review, dan sebagainya.

Kalau belum punya porto folio, bisa juga membuka jasa penulisan sendiri. Tawarkan jasa layanan lewat media sosial atau bikin situs sendiri.

Akan lebih baik juga kalau menampilkan contoh tulisan. Hal ini mempermudah calon klien mengetahui kualitas layanan yang akan diterima.

  1. Jasa Penerjemah

Kalau punya keahlian bahasa mungkin bisa coba usaha tanpa modal ini. Buka jasa penerjemah memang terkenalnya di kalangan mahasiswa.

Tapi kalau bisa memberikan service yang lebih memuaskan kenapa tidak ditawarkan? Untuk memulainya kurang lebih sama seperti penulis konten. Bisa bergabung di situs penyedia terjemahan atau buka usaha sendiri.

Jasa ini kemungkinan besar dilirik oleh orang-orang yang sedang melakukan penelitian. Biasanya mereka butuh untuk menerjemahkan berbagai jurnal.

Tapi ada juga yang butuh penerjemah untuk tulisan blog-nya. Tugasnya sederhana, hanya menuliskan inti sari dari situs referensi sebagai bahan kontennya.

  1. Admin Media Sosial

Media sosial jangan hanya dijadikan tempat aktualisasi diri. Aplikasikan kemampuan ini untuk memberikan penghasilan tambahan.

Ada banyak lowongan pekerjaan sebagai admin media sosial yang bersifat freelance atau part-time. Tidak butuh modal apapun kecuali pengetahuan tentang tren yang up to date.

Tawarkan jasa secara langsung ke perusahaan-perusahaan. Karena dunia digital sedang booming, kemungkinan besar perusahaan kecil berminat dengan jasa ini.

Sesuaikan dengan request klien, biasanya ada tema-tema khusus yang harus di-posting secara berkala.

Adapun tugas lainnya sebagai admin adalah menambah jumlah follower. Dengan begitu, produk atau layanan dari klien bisa lebih banyak diketahui masyarakat.

  1. Jasa Desain

Punya selera estetika sekaligus bakat gambar pun bisa bikin penghasilan tambahan. Usaha tanpa modal ini cocok buat yang punya skill photo shop, corel draw, atau aplikasi sejenisnya.

Tunjukkan contoh karya yang dibuat supaya calon klien tahu kemampuan dan hasil kerjaan nantinya. Hasil karya bisa ditawarkan langsung ke calon klien atau di­-posting saja di akun media sosial.

Semakin banyak jenis desain yang di-posting, maka semakin banyak pasar yang bisa disentuh. Buatlah contoh poster, flyer, logo, kartu nama, cover buku, dan sebagainya.

Kalau bisa gambar sketsa dengan tangan pun boleh di-posting. Beberapa orang ada juga yang menyukai desain alami.

  1. Video Editor

peluang usaha tidak perlu biaya seperspun

Hampir sama dengan jenis usaha tanpa modal di atas, menjadi video editor hanya butuh skill khusus saja.

Usaha ini bisa bekerja sama dengan wedding organizer atau event organizer. Dalam setiap acara akan ada dokumentasi berupa video.

Namun hasilnya belum bisa dinikmati secara nyaman. Di sini lah Sang Video Editor berperan untuk merapikannya.

Kalau punya kemampuan membuat animasi bisa lebih menguntungkan. Beberapa vlogger juga ternyata tidak sepenuhnya mengerjakan video mereka sendiri. Berbagai animasi yang ada di video mereka bisa juga dilakukan oleh seorang video editor.

  1. Guru Les Privat

Manfaatkan keterampilan di berbagai bidang dengan menjadi guru les privat. Bisa ajarkan bahasa Inggris, matematika, atau bahasa asing lainnya.

Paling sering peran dari guru les adalah menemani si murid mengerjakan PR. Kalau pun ada pembelajaran, materinya pun disesuaikan dari sekolahan mereka. Sehingga tidak perlu repot-repot beli buku pelajaran sendiri dan menyusun kurikulumnya.

Apalagi sekarang ada banyak kelas online. Ini lebih memudahkan karena tidak perlu datang ke rumah si murid.

Proses mengajar bisa dilakukan di depan laptop. Selama koneksi internet baik, maka belajar dan mengajar berlangsung baik pula.

Itu lah kesepuluh usaha tanpa modal yang mudah bagi pemula. Sebenarnya usaha-usaha di atas bisa dilakukan sendiri, berdua, atau bersama tim.

Fokus lah dari apa yang disukai dan mampu dilakukan. Tak sedikit orang sukses dengan bisnisnya justru berangkat dari hobi mereka. Jika nanti anda membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha anda, bisa lakukan pinjaman di kandeb.com.

kandeb
WhatsApp Chat Saja