Utang Jangka Panjang Agar Bisa Lebih Berguna Bagi Debitur

utang jangka panjang

Apa keuntungan dibalik utang jangka panjang? benarkah kalau berhutang dapat membuat kita merasa sulit atau justru sebaliknya?

Bagaimana cara efektif mengelola uang pinjaman yang didapatkan di kandeb? kira-kira apa tips dan trik mendapatkan kepercayaan pihak lembaga keuangan agar pengajuan dana langsung di acc?

Alasan anda selalu gagal mengajukan dimana pun serta konsekunsi yang diterima bila anda lari ada ri kewajiban.

Utang Jangka Panjang dengan Segala Keunggulannya

contoh hutang jangka panjang dan pendek

Utang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan tiap bulan sesuai kesepakatan antara debitur dengan kreditur. Pemilihan tenor diserahkan sepenuhnya kepada debitur seusai kemampuan keuangan rumah tangga.

Berhutang = menambah beban? atau berhutang = membantu memenuhi kebutuhan urgent?

Pemikiran tersebut kembali kepada pribadi masing-masing bisa diukur dari tingkat kepentingan.

Kenapa orang lebih suka meminjam uang tunai di lembaga keuangna non bank seperti kandeb dibandingkan pinjam ke kerabat atau keluarga sendiri?

Pertama, karena merasa tidak ingin keluarga besar tahu mengenai permasalah keuangan rumah tangganya.

Kedua, tidak ingin orangtua merasa khawatir dan merepotkan.

Ketiga, tabungan masa depan kurang mencukupi atau sudah dibudgetkan untuk hal lain.

Keempat, belum mempersiapkan dana cadangan karena lebih berfokus pada bisnis yang sedang dirintis.

Kelima, lebih praktis karena hanya melalui smartphone saja kita sudah bisa mengajukan pinjaman dan semua data dijemput surveyor.

Pembagian Jenis Utang

pertanyaan tentang hutang jangka panjang

Karena banyaknya perbedaan prinsip mengenai pinjaman, kredit, cicilan atau hutang membuat orang harus mempunyai pendirian utang jangka panjang tersebut haruslah benar-benar berguna untuk diri sendiri atau keluarga.

Agar tidak ada rasa takut atau merasa bersalah jika melakukan pinjaman, intinya calon debitur harus bisa memprioritaskan keuangan dengan baik.

Percaya atau tidak dana pinjaman di kandeb bebas anda gunakan dalam kondisi apapun, mau mengajukan nominal kecil atau besar tetap tim kami layani.

Pinjaman nominal terkecil sekitar Rp. 2 Juta rupiah untuk gadai BPKB Motor sedangkan kredit dengan agunan BPKB Mobil minimal Rp. 20 Jutaan.

Utang jangka panjang sudah sering diajukan oleh para pengusaha demi kemajuan, operasional sehari-hari, bahan baku, pengembangan bisnis mereka atau bahkan membayar hutang kepada supplier.

Pengusaha yang mempunyai visi dan misi jelas akan memikirkan bagaimana usahanya ini tetap diminati oleh para masyarakat dan produknya tetap digunakan.

Itu baru salah contoh manfaat nyata pinjaman jangka panjang dan bisa diajukan siapapun dan kapanpun kandeb siap melayani.

Kompetitor dari jenis usaha apapun akan terus banyak hadir ditengah-tengah masyarakat dengan membawa keunikan masing-masing, canggihnya teknologi di era ini sangat memudahkan mereka untuk membangun Brand Awareness.

Utang jangka panjang dan jangka pendek pasti mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lain dilihat dari segi tenor atau masa angsuran.

Jangka pendek = kurang dari 1 tahun

Sumber jangka panjang berasal dari para investor dan lembaga keuangan, dana tersebut dijadikan investasi perusahaan.

Investasi berkaitan dengan keuntungan jangka panjang / relatif lama bukan hanya 1 atau 2 periode saja dan sifatnya pun permanen.

Hipotek

Apa itu hipotek? Menggunakan aktiva tetap sebagai jaminan, aktiva tetap adalah aset berwujud yang direntalkan kepada pihak lain (bisa jasa atau barang) Penggunaanna pun dalam jangka waktu lama.

Aktiva tetapi itu meliputi : tanah, rumah, bangunan atau mesin bahkan ada juga perusahaan menjaminkan aset tak bergerak.

Bila melakukan pinjaman hipotek dan konsumen tidak dalam membayar lunas angsuran maka barang akan ditarik untuk dijual atau dilelang kepada orang lain dan uangnya nanti digunakan untuk menutup angsuran yang tidak terbayarkan.

Kegunaan hipotik rumah (contohnya) bisa tetap ditempati walaupun kita belum mempunyai unag dalam jumlah besar untuk membeli tempat tinggal sendiri secara tunai.

Pengajuan pinjaman hipotek di Bank harus melalui beberapa tahapan panjang, misalnya rumah bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan, riwayat kredit harus bersih jika ingin diproses dalam hitungan minggu.

Bank benar-benar sangat memperhitungkan segala kemungkinan nasabah gagal bayar dan tidak komitmen.

Kemampuan bayar sangat diperhatikan oleh pihak bank dilihat dari arus kas, laba tahunan yang diperoleh perusahaan dan indikator lainnya untuk menjadi bahan pertimbangan penyetujuan pengajuan.

Obligasi

Utang jangka panjang yang didapatkan debitur dengan menerbitkan surat berharga obilgasi, pembeli obligasi selaku kreditur bebas memberikan utang kepada orang yang membutuhkan sesuai kategori.

Surat berharga bernama obligasi itu berisi nominal, bunga pertahun, tanggal pelunasan dan hal lain sesuai dengan jenis obligasi yang disepakati oleh penerbit (perusahaan) dengan pemberi pinjaman.

Kelebihan Utang Jangka Panjang

macam macam jenis kredit

Pengurangan Rate

Suku bunga yang harus dibayarkan tiap tahun oleh perusahaan tidak dapat terhindarkan. Berdasarkan pencatatan akuntansi bertambahnya beban bunga akan mengurangi profit perusahaan yang kemudian akan memperkecil pajak.

Biaya Modal Rendah

Biayanya cenderung lebih rendah dibandingkan biaya modal dari pendanaan lain, seperti penerbitan saham baru. Biaya modal adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan modal tambahan.

Biaya Rate Terbatas

Biaya Rate terbatas adalah besar kecilnya suku bunga yang sudah ditentukan sebelumnya, berapapun keuntungan bersih yang berhasil dibukukan oleh perusahaan, jumlah bunga yang dibayarkan tidak berubah.

Tidak Mengubah Pengendalian

Kreditur tidak bisa secara langsung ikut campur dalam kebijakan manajemen perusahaan, hal ini akan berbeda kalau perusahaan menerbitkan saham baru dalam pendanaannya.

Lebih Fleksibel

Struktur finansial dan modal perusahaan tidak kaku dan dapat diubah kapan pun sesuai keinginan dan kebutuhan.

Saat perusahaan atau seorang pengusaha mampui melunasi semua kewajibannya kepada kreditur tanpa harus melihat jatuh tempo angsuran.  Mungkin anda bisa akan sering mendengar atau melihat pembayaran dipercepat.

Kepastian Perencanaan Keuangan

Pengajuan dana untuk kebutuhan rumah tangga atau bisnis tentu sudah dipikirkan sebelumnya oleh para calon debitur mengenai bagaimana harus melunasi kewajiban tersebut.

Pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisa tertata rapi ketika kita mengajukan pinjaman karena uang untuk membayar cicilan tidak boleh diotak atik oleh siapapun.

Setidaknya struktur modal bisa dengan mudah dan cepat menyesuaikan dengan kondisi.

Pinjaman agunan BPKB Mobil, Motor atau SHM sudah mempunyai tenor dan total pencairannya masing-masing.

Anda bebas memilih tenor dan jumlah angsuran, sesuaikan dengan kemampuan membayar.

Resiko Fatal Bila Melalaikan Kewajiban

resiko utang jangka panjang

Lamanya waktu angsuran dari utang jangka panjang kadang disepelekan oleh para debitur, karena anggapan nanti pun pasti akan dibayar. Padahal semakin anda menunda maka bunga sekaligus denda menjadi lebih besar.

Itulah yang menyebabkan orang mempunyai stigma negatif terhadap pinjaman uang, padahal kesalahan berasal dari diri sendiri.

Perspektif uang pinjaman dapat sangat membantu para pengusaha muda yang tidak ingin menggunakan uang dari orangtua dalam arti ingin mandiri secara finansial selalu memanfaatkan fasilitas pengajuan secara online.

Kandeb menyiapkan berbagai jenis pengajuan dan semua menggunakan survey kecuali gadai elektronik (tanpa survey).

Untuk gadai elektronik dan ATM tenornya tidak terlalu lama, sehingga masuk ke dalam kategori utang jangka pendek bukan utang jangka panjang.

Bila anda ingin topup bisa juga untuk motor minimal sisa angsuran 5x lagi dan sebisa mungkin total denda tidak lebih dari 800rb.

kandeb
WhatsApp Chat Saja