Analisis Peluang Usaha agar Tidak Merugi

Analisis Peluang Usaha

Analisis Peluang Usaha. Bekerja cerdas jauh lebih baik daripada hanya sekedar bekerja keras, sebagian besar orang hanya gigih membangun usaha tetapi suka lupa memasang strategi sebelum menjalankannya.

Sehingga seringkali kita temukan bisnis yang tumbang dengan cepat padahal masih hitungan bulan, biasanya ramai hanya di minggu pertama dan minggu kedua.

Persaingan bisnis di jaman sekarang sangat ketat apalagi kalau Anda sebagai owner enggan melakukan inovasi dan tidak memiliki ciri khas maka dapat diperkirakan bisnis tersebut hanya akan berdiri dalam hitungan bulan hingga mengalami kerugian besar.

Maka dari itu betapa pentingnya analisis peluang usaha untuk menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan.

Sebelum kita lanjut membahas langkah-langkah analisis ada hal tak kalah penting yaitu mengetahui pengertian analisis usaha. Mari kita simak penjelasannya bersama-sama!

Pengertian Analisis Usaha

Analisis usaha merupakan sebuah kegiatan perencanaan, meriset, memperkirakan dan mengevaluasi bisnis. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui, memperkecil dan menghindari resiko terburuk saat menjalani bisnis.

Baca Juga: Bisnis Anti Rugi, Modal Kecil Untung Besar

Ya memang setiap pekerjaan pasti selalu ada resikonya tapi kalau bisa dihindari kenapa tidak?. Tahukah Anda analisis yang baik itu seperti apa? Jawabannya adalah analisis yang menunjukkan data dari segala aspek dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Langkah-Langkah Analisis Peluang Usaha

Menetapkan bidang usaha apa yang akan dijalankan kerap kali menjadi permasalahan utama para owner. Berbagai kendala mulai dari menentukan nilai-nilai produk/jasa, merasa tidak yakin bersaing sampai meragukan produk/jasanya sendiri.

Untuk itu demi memperlancar perjalanan bisnis, meminimalisir/menghindari hal-hal yang dapat merugikan maka perlu melakukan analisis.

Berikut adalah langkah-langkah dalam analisis usaha antara lain :

  1. Menggunakan Analisis SWOT untuk Menentukan Peluang Usaha

Analisis SWOT merupakan analisis keseluruhan mulai dari kekuatan, kelemahan, kesempatan atau hambatan. Dalam menentukan peluang usaha langkah awal ini tepat dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan hambatan bisnis agar dijadikan bahan acuan.

  1. Melakukan Sebuah Inovasi untuk Mengantisipasi Ancaman Bisnis

Langkah selanjutnya yaitu membuat sebuah inovasi fresh dan berbeda dari kompetitor guna mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang bisa menghancurkan bisnis sehingga usaha dapat bertahan lama.

  1. Menentukan Target Pasar

Siapa target pasar dari bisnismu? Anak-anak, orang dewasa atau orangtua? Menentukan target pasar merupakan hal utama yang sifatnya wajib.

Bisa saja sebenarnya menentukan target pasar secara luas tapi akan jauh lebih baik kalau targetnya lebih spesifik. Tindakan itu mempermudah pembuatan strategi promosi dan pemasaran agar tepat sasaran.

  1. Hitung Anggaran Dana dan Menyusun Strategi Pemasaran (Promosi)

Perencanaan anggaran modal usaha mulai dari anggaran produksi, promosi, pemasaran hingga produk sampai ke tangan konsumen.

Matangkan strategi pemasaran jangan lupa sesuaikan dengan target pasar supaya biaya promosi tidak terbuang sia-sia, setiap sebulan sekali lakukan evaluasi untuk mengetahui kinerja dan kemajuan bisnis dalam rentang waktu tertentu.

  1. Meminta Kritik dan Saran dari Pelanggan

Kritik dan saran dari pelanggan dapat menjadi masukan dan nilai plus bagi sebuah bisnis, pelanggan tentu akan merasa diperhatikan. Kritik dan saran pelanggan dapat membantu menjawab tantangan sekaligus menentukan arah perkembangan bisnis.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan menemukan jalan keluar adalah tujuan dari analisis usaha. Proses analisa dijadikan acuan bagi para owner untuk mengambil sebuah keputusan terkait usahanya.

Hal yang mendasari pengambilan keputusan ini adalah hasil analisis dan data tentang resiko-resiko dikemudian hari.

Hasil dari analisis dapat menunjukkan kelebihan yang bisa menjadi kekuatan dan kekurangan yang bisa diminimalisir sebagai langkah pencegahan dan menemukan sebuah solusi pas.

Analisis usaha = peta strategi sebelum berperang di dunia bisnis. Nah sekian informasi mengenai analisis peluang usaha mudah dimengerti bukan? Semoga artikel ini membantu Anda para calon owner. Jika butuh pinjaman dana tunai klik DISINI.

WhatsApp Chat Only